Bantuan Logistik dan Trauma Healing untuk Warga Terdampak Erupsi Merapi
WA CENTER : 0811 1343 577
sahabat@yatimmandiri.org

Bantuan Logistik dan Trauma Healing untuk Warga Terdampak Erupsi Merapi

January 25, 2021    Berita Penyaluran    Tidak ada Kometar
Bantuan Logistik dan Trauma Healing untuk Warga Terdampak Erupsi Merapi

Gunung Merapi terus menunjukkan aktivitas vulkanik dan menunjukkan keperkasaannya. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, Gunung Merapi pada Sabtu 23 Januari 2021 mengeluarkan 17 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 300-500 meter. 

Tentu ini bukan hal mudah untuk dilewati oleh beberapa penduduk lokal yang hidup di bawah kaki Gunung Merapi. Mereka yang menggantungkan hidup dari kesuburan tanah dan keindahan alamnya, harus mewaspadai jika sewaktu-waktu Gunung Merapi ini erupsi untuk kesekian kalinya.  

Berbekal masalah tersebut, Yatim Mandiri Solo menyalurkan bantuan kemanusiaan dan kegiatan trauma healing untuk masyarakat terdampak aktivitas vulkanik Gunung Merapi di posko pengungsian Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, pada Sabtu lalu 23 Januari 2020.

Dalam acara trauma healing tersebut dipandu langsung oleh pendongeng nasional, Kak Boni yang ikut serta dalam perjalanan dan misi kemanusiaan ini. Sebanyak 241 pengungsi terdiri dari lansia, difabel anak dan wanita hadir dan mengikuti dalam acara yang digagas oleh Yatim Mandiri Solo tersebut.

Menurut keterangan Muhammad Faishal Rosyiddun, selaku Staff Penyaluran dan Pendayagunaan Yatim Mandiri Solo yang terjun lokasi di lapangan mengatakan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan kepada pengungsi ialah berupa alat sholat, keperluan sehari-hari, mainan anak, sosis dan kare hasil dari optimalisasi daging sapi program Super Gizi Qurban.

“Kami berharap bantuan yang tersalurkan, dapat bermanfaat bagi para pengungsi penyintas bencana alam efek aktivitas vulkanik Gunung Merapi ini. Serta trauma healing yang kami hadirkan, dapat menambah semangat dan harapan mereka kembali nantinya.” tutup Faishal, sapaan akrabnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi ramah tamah dan makan bersama dengan para pengungsi serta pemerintah desa setempat. Nampak kebahagiaan dan senyum tabah mereka, menyantap makanan yang disajikan meski dengan olahan yang sederhana.

Bantu ringankan beban warga terdampak erupsi Gunung Merapi dengan kirim bantuan kemanusiaan: Donasi sekarang


Info Penyaluran Lainnya

Follow Instagram

Program Donasi

Ramadhan Peduli Mualaf
Super Gizi Qurban