Gelar Rekan Mengajar dan Layanan Sehat Mandiri di Gresik

Gresik, YM News – Dalam upaya memberikan pendidikan dan layanan kesehatan gratis kepada adik yatim dan dhuafa, Yatim Mandiri Gresik sukses melaksanakan dua program unggulan di kesehatan dan kerelawanan, pada Kamis lalu (29/8/2024). 

Program tersebut adalah “Rekan Mengajar” yang diinisiasi oleh Relawan Kemandirian (Rekan) bersama Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), serta “Layanan Sehat Mandiri” yang diadakan di UPT SDN 65 Gresik, Desa Kambingan, Kabupaten Gresik.

Program Rekan Mengajar kali ini difokuskan untuk menekan aksi bullying di kalangan siswa sekolah dasar. Sebanyak 98 siswa antusias mengikuti sesi penguatan materi tentang pencegahan bullying yang dikemas secara menarik oleh Rekan dan Himatika UMG. 

Selain materi, kegiatan ini juga dilengkapi dengan fun kuis yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya saling menghargai dan menghindari perilaku bullying.

Pemenang fun kuis oleh Mahasiswa Himatika UMG dan Rekan Gresik bersama siswa UPT SDN 65 Gresik.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, para siswa bisa lebih memahami dampak negatif bullying dan bagaimana cara menghindarinya. Kami ingin menanamkan bahwa setiap anak memiliki hak untuk merasa aman dan dihargai di sekolah,” ujar Arif Rahman, salah satu relawan dari Himatika UMG.

Setelah sesi edukasi mengenai bullying, kegiatan dilanjutkan dengan program Layanan Sehat Mandiri yang melibatkan 50 siswa. Program ini memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan gigi, telinga, pemeriksaan umum, serta pemberian vitamin, obat-obatan, dan paket gizi. Selain itu, para siswa juga mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Program Layanan Sehat Mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan di kalangan anak-anak, terutama dalam hal menjaga kebersihan gigi dan kesehatan umum. Melalui edukasi yang diberikan, diharapkan para siswa dapat menerapkan kebiasaan hidup sehat sejak dini.

“Terimakasih kepada sahabat yang telah terus mendukung program-program Yatim Mandiri. Dengan dukungan Anda, anak-anak ini dapat menerima manfaat baik yang Anda sisihkan setiap bulan untuk mereka,” ujar Kanang Prasetyo, Staf Yatim Mandiri Gresik.

Dukungan dari para donatur sangat penting dalam menjalankan program-program seperti ini, yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga layanan langsung yang bermanfaat bagi kesehatan penerima manfaat dan upaya pencegahan bullying di kalangan pelajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.