Bacaan Niat Sedekah Subuh, Makna, dan Tata Caranya

Niat Sedekah Subuh

Apa niat sedekah subuh? Subuh adalah salah satu waktu yang baik untuk melakukan berbagai kebaikan. Ketahui niat melakukan sedekah subuh dan maknanya pada artikel berikut ini.

Sedekah adalah hal yang baik dan bisa mendatangkan manfaat dan pahala. Sedekah ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi, untuk mendapatkan keutamaan khusus, Anda bisa melakukannya di waktu subuh. Niat sedekah subuh akan dijelaskan dalam artikel ini.

Subuh adalah salah satu waktu yang baik untuk melakukan berbagai kebaikan. Di waktu tersebut adalah permulaan hari. Jadi, jika bersedekah di waktu tersebut akan mendatangkan kebaikan. Bagaimana niat menunaikan sedekah subuh? Mari kita simak bersama

Baner ebook sedekah subuh

Bacaan Niat Sedekah Subuh dan Doanya

Bacaan Niat Sedekah Subuh dan Doanya
Sumber Gambar : Unsplash.com

Untuk lebih memaksimalkan sedekah subuh, bisa dengan membaca niat dan doanya agar dimantapkan oleh Allah SWT. Membaca niat juga akan meneguhkan hati untuk bersedekah. Selain itu, doa sedekah subuh juga diperlukan agar amalan tersebut mudah diterima.

Berikut adalah referensi niat sedekah dan doanya menggunakan bahasa latin agar bisa dengan mudah membaca dan menghafalnya.

Pahami juga artinya agar Anda bisa mendalami niat sedekah subuh beserta dengan doanya berikut ini:

1. Niat Sedekah Subuh

Berikut adalah niat dari sedekah subuh yang dapat Anda gunakan:

Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

“Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

2. Doa Sedekah Subuh 

Setelah mengetahui niat sedekah subuh, ada pula doanya yang bisa dipraktekkan agar amalan sedekah lebih maksimal.

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

“Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doanya cukup singkat sehingga mudah dihafalkan. Selain doa ini, Anda bisa berdoa meminta hajat apapun yang diinginkan karena Allah pasti mendengarnya.

Sejalan dengan itu, almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah mengatakannya bahwa sedekah subuh bisa untuk mengabulkan permintaan.

Setelah bersedekah, mintalah hajat yang diinginkan baik itu kesehatan, rezeki, atau mempermudah urusannya. Insya Allah akan dikabulkan jika ikhlas dan tulus.

Baner ebook sedekah subuh

Tata Cara Sedekah Subuh

manfaat sedekah jariyah
Photo by Morgan Housel on Unsplash

Setelah mengetahui niat sedekah subuh, penting juga untuk mengetahui tata cara sedekah subuh agar lebih mudah dikerjakan. Ini bisa menjadi pilihan untuk bersedekah. Baik dari mengumpulkan uang sendiri, ke masjid, di dekat rumah, dan sebagainya.

Di kemajuan teknologi saat ini, cara sedekah subuh lebih mudah karena tidak perlu mencari orang yang membutuhkan. Cukup manfaatkan layanan yang ada. Berikut adalah cara-caranya:

1. Buat Celengan Amal Sendiri di Rumah

Cara pertama ini sangat mudah dilakukan. Cara kerjanya, menabung sedekah tiap subuh sampai terkumpul banyak. Jika sudah terkumpul banyak, baru diberikan ke masjid atau serahkan kepada anak yatim serta dhuafa.

Anda bisa membuat celengan amal ini dari barang-barang bekas seperti kaleng atau kotak yang tidak dipakai. Selanjutnya, isi celengan tersebut setiap subuh. Tidak perlu banyak asalkan rutin dan istiqomah.

Bacalah niat sedekah subuh dan doa seperti yang telah dijelaskan di atas.

2. Sedekah Makanan di Sekitar Rumah, Masjid, atau Pondok Pesantren

Bentuk sedekah tidak hanya dari uang saja, tetapi juga dalam bentuk makanan. Buatlah makanan untuk berdonasi ke sekitar rumah yaitu kepada tetangga. Bisa juga dengan memberikannya ke masjid atau pondok pesantren terdekat.

Sedekah makanan ini sering terjadi saat memasuki Bulan Ramadhan. Memberi makan orang yang berpuasa memiliki keutamaan sendiri. Oleh sebab itu, banyak masjid-masjid yang menggelar acara buka puasa gratis dengan banyak donatur yang berjasa.

Anda bisa menjadi salah satunya untuk membagikan makanan. Agar tepat sasaran, bisa juga dengan bersedekah ke panti asuhan atau badan penyaluran sedekah.

3. Sedekah Barang dan Makanan di Pinggir Jalan

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan barang yang masih berguna tapi tidak terpakai. Contohnya lemari kecil, peralatan rumah tangga, dsb. Anda bisa menaruhnya di teras atau dekat pagar depan rumah.

Selanjutnya, berikan tulisan bahwa orang lain bisa mengambilnya dengan gratis. Hal ini akan membuat para pejalan kaki yang membutuhkannya mengambil barang tersebut. Di masa pandemi saat ini, cara satu ini bisa menjadi solusi yang praktis.

Contoh kasus yang terjadi di bulan Ramadhan kemarin. Banyak yang memberikan sedekah makanan dengan menggantungnya di pagar rumah. Selain itu, ada pula yang menaruh meja kecil yang sudah disediakan takjil sehingga orang yang lewat dapat mengambilnya gratis.

4. Pakai Aplikasi Sedekah

Cara untuk bersedekah lainnya yaitu memakai aplikasi sedekah. Anda bisa mentransfernya ke aplikasi tersebut untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Dengan catatan, Anda perlu untuk memilih aplikasi yang sudah terpercaya dan amanah.

Periksa juga kelegalitasannya melalui browser atau apakah sudah mendapatkan izin resmi atau tidak. Dengan menggunakan aplikasi, tentu akan memudahkan untuk bersedekah kapanpun dan dimanapun.

5. Memberikan Baju Tidak Terpakai Selepas Shalat Subuh

Pada malam hari, persiapkan baju yang layak yang tidak dipakai lagi untuk diberikan saat fajar tiba. Lalu, selepas shalat, ambil baju yang telah dikumpulkan kepada anak yatim, anak fakir miskin, sampai kepada kaum dhuafa.

Pemberian pakaian ini juga akan berguna untuk memenuhi kebutuhan sandangnya. Masih banyak orang yang membutuhkan pakaian layak.

Terutama bagi anak-anak untuk ke sekolah. Oleh sebab itu, ini akan membantu sekali meskipun dari barang bekas yang tidak dipakai. Namun, pastikan barang tersebut masih berkualitas dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

6. Memberikan Bantuan Tenaga

Sedekah dapat dilakukan dengan memberikan tenaga yang diperlukan oleh orang lain. Anda bisa menjadi sukarelawan di bidang tertentu sesuai dengan bakat yang dimiliki. Contohnya sukarelawan medis untuk korban bencana alam, sukarelawan pencarian korban, dsb.

Itu juga merupakan bentuk sedekah yang bisa dilakukan.

7. Serahkan ke Lembaga Sedekah yang Terpercaya

Cara terakhir untuk bersedekah yaitu melalui lembaga sedekah yang terpercaya. Dengan menyalurkan ke lembaga, harta yang didonasikan akan sampai kepada orang yang tepat. Salah satunya adalah lembaga Yatim Mandiri.

Yatim Mandiri adalah lembaga amil zakat nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian bagi anak Yatim dan dhuafa. Sedekah subuh yang dikirim ke lembaga ini dapat tersalurkan dengan baik.

Donasi dari lembaga sedekah tidak didapat dari berbagai sumber mulai dari dana zakat, infak, sedekah, maupun wakaf.

Baner ebook sedekah subuh

Makna Bersedekah

Bersedekah di waktu subuh memiliki banyak manfaat Mulai dari mendapatkan pahala, didekatkan pintu surga, dikabulkan permohonan, sampai akan dijauhkan dari api neraka.

Tak hanya itu, sedekah memang adalah amalan yang disukai oleh Allah. Oleh sebab itu, sedekah dapat memberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meredakan murka Allah.

Dalam Al-Qur’an sendiri tertulis bahwa Allah memerintahkan hamba-Nya untuk bersedekah. Contohnya bisa dilihat dari Surat At-Talaq ayat 7.

Di dalam surat tersebut Allah memerintahkan bagi yang mempunyai keleluasaan harta dapat memberi nafkah sesuai dengan kadarnya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan sesuai apa yang diberikan.

Jadi, sedekah tidak hanya dapat membantu orang lain tetapi pemberinya juga akan memperoleh keuntungan yaitu mendapatkan pahala jika dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Yuk tunaikan sedekah subuh di Yatim Mandiri, cara menunaikannya mudah bisa secara online dari rumah sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Baca niat sedekah subuh dan untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi websitenya www.yatimmandiri.org.

Baner ebook sedekah subuh

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.