Pengertian Sedekah Subuh 40 Hari dan Keutamaannya

Pengertian Sedekah Subuh
sumber gambar : unsplash

Sedekah subuh 40 hari merupakan salah satu amalan yang mudah untuk dilakukan dan memiliki keutamaan yang mulia. Ketahui keutamaannya apa saja.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Ada banyak sedekah yang bisa dilakukan oleh semua orang dan tidak harus orang yang memiliki keuangan menengah ke atas saja. Salah satu sedekah yang dapat dilakukan oleh semua orang adalah sedekah Subuh 40 hari.

Di artikel kali ini akan membahas apa itu sedekah Subuh 40 hari dan apa saja keutamaannya. Dengan begitu, jadi tahu mengenai keutamaan dari amalan ini. Berikut ini adalah informasinya:

Baner ebook sedekah subuh

Pengertian Sedekah Subuh

Pengertian Sedekah Subuh
sumber gambar : unsplash

Sedekah adalah salah satu amalan yang paling mudah dilakukan dan dianjurkan. Dengan sedekah, rezeki yang dimiliki dipercaya dapat digandakan oleh Allah SWT. Ada banyak cara sedekah yang bisa dilakukan. Bahkan dalam agama Islam, senyum juga merupakan sedekah.

Sedekah juga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Salah satu sedekah yang paling baik dilakukan adalah pada saat waktu subuh.

Sedekah Subuh 40 hari merupakan memberikan sesuatu yang baik untuk orang lain secara sukarela dan juga ikhlas tanpa dibatasi jumlah selama empat puluh hari. Mengapa pada saat Subuh?

Karena subuh juga merupakan waktu yang istimewa, yaitu pergantian dari malam menuju pagi atau dari gelap menjadi terang. Selain itu, waktu Subuh adalah waktu dimana malaikat turun untuk mendoakan orang-orang yang sedang menjalankan sedekah di waktu tersebut.

Oleh karena itu, waktu Subuh merupakan waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas dan amalan agar menambah keberkahan.

Apalagi ganjaran yang didapat pada waktu beramal di waktu Subuh nantinya akan digandakan dan setimpal dengan apa yang telah diberikan.

Keutamaan Sedekah Subuh 40 Hari

Keutamaan Sedekah Subuh 40 Hari
sumber gambar : istock

Dalam menjalankan ibadah sedekah Subuh dalam 40 hari, niatkanlah untuk mendapatkan keutamaan dan ridho dari Allah SWT. Beberapa keutamaan dan manfaat dari sedekah Subuh ini sangatlah mulia. Apa saja keutamaannya? Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

1. Didoakan Malaikat

Dalam pengertian sedekah subuh di atas, disebutkan bahwa malaikat turun ke bumi di waktu Subuh untuk mendoakan orang-orang yang sedang menjalankan sedekah maupun ibadah lainnya di waktu tersebut.

Maka dari itu, sebagai seorang umat muslim jangan sampai menyia-nyiakan waktu tersebut. Gunakanlah waktu tersebut untuk melakukan amalan yang baik salah satunya adalah dengan bersedekah.

Selain itu, ada juga sebuah hadis tentang sedekah di waktu Subuh yang memiliki arti sebagai berikut:

“Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang-orang yang berinfak. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, Ya Allah berikanlah kerusakan bagi orang-orang yang menahan hartanya.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa sekecil apapun sedekah yang kita berikan di waktu Subuh akan mendapatkan ganjaran yang setimpal serta didoakan juga oleh malaikat.

Baner ebook sedekah subuh

2. Mendapat Balasan yang Berlipat

Allah berjanji dan disebutkan di dalam Al-Quran pada Surat Al Baqarah ayat 261 bahwa ketika umat muslim bersedekah dan mengeluarkan hartanya untuk orang lain dengan ikhlas dan sukarela, maka harta yang diberikan tersebut tidak akan berkurang.

Karena Allah SWT telah membalas kebaikan dari sedekah yang dibuat berlipat ganda. Dengan begitu, melaksanakan sedekah Subuh 40 hari bisa menjadi awal yang baik untuk memulai hari. Apalagi dengan pahala dan janji Allah yang menyenangkan tersebut.

3. Doa Menjadi Mudah Terkabul

Rasulullah SAW pernah berpesan kepada umatnya, apabila ingin doa yang dipanjatkan segera terkabul maka perbanyak sedekah khususnya di waktu Subuh. Karena dengan bersedekah, kita dapat membantu orang lain yang kesusahan.

Sebagai ganjarannya, Allah SWT juga akan membebaskan kita dari masalah atau beban yang sedang kita miliki.

4. Terhapusnya Dosa-Dosa

Keutamaan lain dari sedekah Subuh 40 hari adalah terhapusnya dosa-dosa yang kita lakukan. Selain itu, sedekah di waktu Subuh juga sebagai bentuk permintaan ampun dan taubat kita kepada Allah SWT.

Dengan bersedekah, semoga kita dapat dijauhkan dari siksa api neraka dan mendapatkan keberkahan. Sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi, “Bersedekah itu bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api.”

Ini merupakan keutamaan sedekah di waktu Subuh yang tentu diinginkan bagi seluruh umat muslim. Apalagi bersedekah merupakan amalan yang mudah untuk dilakukan dan tanpa dibatasi oleh apapun.

5. Terbukanya Pintu Rezeki

Dengan bersedekah di waktu Subuh, pintu rezeki akan terbuka, seperti yang disampaikan di dalam Al-Quran Surat Saba’ ayat 39, “Dan barang apapun yang kamu nafkahkan maka Allah menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Tentu saja ini merupakan keutamaan yang baik untuk dilakukan pada saat memulai hari agar rezeki yang kita cari setia harinya menjadi berkah dan dipermudah segala urusannya.

6. Memberikan Keberkahan pada Harta yang Dimiliki

Selain keutamaan-keutamaan lain yang disebutkan di atas, ada satu keutamaan lagi dari sedekah Subuh 40 hari yang bisa didapatkan, yaitu keberkahan pada harta yang kita miliki.

Harta yang kita keluarkan untuk bersedekah tidak akan berkurang melainkan akan mendapatkan keberkahan bahkan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan harta yang dimiliki untuk sesuatu hal yang tidak berguna. Gunakanlah harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan dengan mengharapkan ridho serta keberkahan dari Allah SWT.

Baner ebook sedekah subuh

Cara Bersedekah Subuh

Cara Bersedah Subuh
sumber gambar : istock

Ada beberapa cara sedekah Subuh 40 hari yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut tentu saja sangat mudah dan dapat dalam bentuk apapun tanpa ada batasan nominal lainnya. Lalu, apa sajakah cara-caranya?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk sedekah Subuh 40 hari:

1. Kotak Amal Selepas Salat Subuh

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah di waktu Subuh adalah dengan mengisi kotak amal yang ada di dalam masjid selesai shalat Subuh berjamaah.

Dengan begitu, pahala yang diterima juga akan berlipat karena shalat Subuh berjamaah saja sudah mendapatkan pahala yang tidak terkira.

Dengan mengisi kotak amal, kita juga dapat membantu takmir masjid untuk memperbaiki dan menambah fasilitas ibadah di masjid menjadi lebih baik lagi. Ini juga digunakan oleh banyak umat muslim khususnya di lingkungan sekitar.

2. Memberikan Sarapan

Cara bersedekah subuh lainnya adalah dengan memberikan sarapan. Menyiapkan makanan untuk sarapan dan memberikannya kepada orang yang membutuhkan untuk mulai mengawali hari merupakan sedekah yang bermanfaat.

Kita juga bisa memberikan sarapan kepada orang terdekat, seperti tetangga atau anak yatim dan dhuafa di luar sana yang lebih membutuhkan dibandingkan kita sebelum terbitnya matahari.

Hal ini tentu saja bisa dilakukan oleh semua orang, khususnya wanita yang sedang haid dan tidak bisa melaksanakan salat berjamaah di masjid.

3. Mengirim Rezeki untuk Keluarga

Selain itu, cara bersedekah di waktu Subuh yang lain adalah dengan mengirimkan uang atau rezeki kepada keluarga, kerabat, teman atau juga lembaga sosial lainnya.

Dengan berbagi atau mengirimkan rezeki di waktu Subuh, hal tersebut dapat memberikan kebahagiaan untuk mengawali hari kepada mereka yang membutuhkan.

Sungguh banyak sekali keutamaan dari sedekah Subuh 40 hari, bukan? Apalagi cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah di waktu Subuh juga sangat mudah dan tidak memberatkan tanpa adanya batasan apapun.

Dengan mengetahui keutamaan, rasanya pasti akan sayang jika ditinggalkan.

Baner ebook sedekah subuh

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.