7 Doa Pembuka Rezeki agar Lancar, Yuk Amalkan!

Doa Pembuka Rezeki agar Lancar

Coba amalkan doa pembuka rezeki berikut! Selain usaha, doa juga penting untuk terkabulnya segala upaya yang diharapkan termasuk rezeki. 


Setiap hari manusia bekerja keras untuk menjemput rezeki demi memenuhi kebutuhan hidup. Namun, terkadang rezeki cukup seret, sehingga hidup terasa begitu sulit. Nah, untuk mendapatkan kemudahan finansial, sahabat bisa mengamalkan doa pembuka rezeki.

Amalan sunah ini bisa dibaca sepanjang waktu mulai dari pagi hingga menjelang malam hari. Namun, sebaiknya diamalkan di waktu mustajab, seperti sepertiga malam karena doa mudah dikabulkan Allah SWT. Hal ini bertujuan untuk membuka pintu rezeki dari segala penjuru.

7 Doa Pembuka Rezeki yang Mustajab

Doa Pembuka Rezeki

 Rezeki sesungguhnya bukan hanya materi saja, namun juga termasuk anak-anak yang sholeh, kesehatan yang bagus, keluarga baik, dan lain sebagainya. Rezeki merupakan segala sesuatu yang memiliki manfaat dan bisa dimanfaatkan demi kelangsungan hidup.

 Mengamalkan doa meminta rezeki menjadi bukti bahwa hanya Tuhanlah yang bisa mengatur rezeki setiap manusia. Inilah sejumlah doa yang paling mustajab untuk membuka pintu rezeki dari segala penjuru!

1. Doa Memohon Rezeki Lancar dan Kekayaan

Bacaan doa ini bisa diamalkan untuk membuat rezeki semakin dimudahkan sekaligus untuk kekayaan. Berikut ini bacaannya secara lengkap beserta latinnya sehingga mudah dihafalkan:

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

“Ya Allah, Dzat Yang Maha kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Maha mulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”

2. Doa untuk Mendapatkan Rezeki Bertambah

 Meskipun rezeki sudah lancar, jangan pernah berhenti untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Amalkan doa pembuka rezeki berikut ini supaya mendapatkan rezeki yang semakin berlipat setiap harinya:

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa.

Artinya:

“Ya Allah, tambahkan lah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

3. Doa Nabi Isa Memohon Rezeki

 Permohonan rezeki juga tertulis dalam salah satu surah di Al Qur’an, yaitu surah Al Maidah ayat 114. Ayat tersebut membahas doa meminta rezeki melimpah ruah dan sering dipanjatkan Nabi Isa AS.

قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ ٱللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Arab-Latin: Qāla ‘īsabnu maryamallāhumma rabbanā anzil ‘alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā ‘īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn

 Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah rezeki kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama”.

4. Doa Memohon Dimudahkan Rezeki di Pagi Hari

Dalam hadis Abu Dawud telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa di pagi hari. Amalan doa tersebut memohon dimudahkan rezeki di pagi hari sampai menjelang petang, yaitu:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, denganMu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

5. Doa Meminta Rezeki yang Halal

 Rezeki yang halal merupakan rezeki yang didapat melalui jalan kebaikan yang diridhoi Allah SWT. Hal ini tentu akan membuat kebaikan seorang muslim menjadi bertambah dan hidup semakin berkah. Berikut ini doa yang bisa dibaca untuk mendapatkan rezeki halal:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

 6. Doa Memohon Rezeki dari Segala Penjuru

Doa lain yang tak kalah ampuh yaitu memohon rezeki dari segala arah atau penjuru. Doa pembuka rezeki seperti ini tentu cukup banyak dan tidak ada yang baku.

Semuanya bisa diamalkan untuk memohon kepada Allah supaya kehidupan yang dijalani senantiasa dilimpahkan rezeki yang bermanfaat. Ini dia doa meminta rezeki dari segala arah penjuru yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atika wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya:

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

 7. Doa Diberikan Rezeki yang Mencukupi

 Sebenarnya masih ada banyak sekali amalan untuk meluaskan pintu rezeki. Berikut adalah doa lainnya yang dapat diamalkan setelah sholat fardhu untuk mendapatkan rezeki yang selalu mencukupi:

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak-finii bihalaalika ‘an haraamika, wa ‘aghninii bifadhlika ‘amman shiwaaka.

Artinya:

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR Tirmidzi)

12 Pintu Rezeki yang Diatur Allah SWT

12 Pintu Rezeki yang Sudah Diatur oleh Allah SWT

 Selama ini banyak yang mengungkapkan bahwa rezeki yang diperoleh setiap manusia memang sudah ada yang mengatur. Namun, hal ini bukan berarti sahabat tidak perlu berusaha dan berdoa. Untuk mendapatkan rezeki yang cukup sahabat harus usaha dan mengimbanginya dengan doa.

Tahukah sahabat, ternyata ada 12 pintu rezeki yang sudah diatur oleh Allah SWT untuk semua hamba-Nya. Adapun 12 pintu rezeki tersebut, yaitu:

1. Rezeki yang Sudah Dijamin

 Allah SWT sudah menjamin kebutuhan semua hamba-Nya agar senantiasa tercukupi. Maka dari itu, jangan terlalu mengkhawatirkan soal rezeki karena yang terpenting adalah selalu berikhtiar sebaik mungkin.

Bukan hanya manusia, jaminan akan rezeki ini juga diberikan untuk semua makhluk bernyawa lainnya. Hal ini sudah tertulis dalam surat Hud pada ayat ke 6 yang berbunyi:

 “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS. Hud: 6).

2. Dari Rasa Syukur

Hidup di dunia ini akan senantiasa dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, termasuk pilihan kufur atau bersyukur atas segala nikmat.

Apabila seorang muslim memperbanyak rasa syukur, Allah akan melipatgandakan rezekinya. Salah satu ayat yang menjadi rujukan adalah Ibrahim ayat ke 7 yang memiliki bunyi:

 “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

 Melalui ayat tersebut Allah SWT berjanji bahwa siapa pun yang bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan, maka rezekinya akan ditambah. Namun, bagi mereka yang kufur atas segala nikmat, maka akan diberikan siksaan yang pedih.

3. Bekerja Keras dan Berusaha

 Pintu rezeki akan terbuka melalui kerja keras dan usaha yang dilakukan oleh manusia. Surah An-Najm ayat 39 menerangkan bahwa, usaha sudah menjadi salah satu sumber rezeki.

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (QS. An Najm: 39).

Meskipun Allah sudah menjamin rezeki semua umatnya, sahabat tetap harus tetap berusaha. Selain itu, jangan lupa untuk mengamalkan bacaan doa pembuka rezeki agar semakin lancar.

4. Membaca Istighfar

Dalam surah Nuh ayat 10-11, Allah SWT meminta hambanya untuk senantiasa memohon ampun dengan beristigfar. Selain menghapus doa, membaca istighfar juga ternyata  bisa memudahkan datangnya rezeki.

“Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.” (QS. Nuh: 10-11).

5. Melakukan Sedekah

Rutin menyedekahkan harta yang dimiliki ternyata tidak akan membuat kita menjadi miskin. Barangsiapa yang rajin dan ikhlas bersedekah, Allah SWT akan memberinya ganti yang berlipat dan berkah.

Bahkan sudah disebutkan dalam Surat Al Baqarah di ayat 245 dengan bunyi sebagai berikut:

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al Baqarah: 245).”

Sedekah bisa sahabat lakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan, bersedekah kini bisa dilakukan secara online. Namun perlu diingat, sahabat harus berhati-hati saat ingin bersedekah melalui platform online. Pilihlah platform atau lembaga yang terpercaya dan amanah, seperti Yatim Mandiri. Sahabat bisa melakukan sedekah dengan mudah dan aman di Yatim Mandiri melalui platform donasi online yang tersedia.

6. Rezeki Karena Menikah

 Segala makhluk di muka bumi ini diciptakan berpasang-pasangan agar senantiasa mengingat kebesaran Allah. Menikah menjadi ibadah paling lama dan anjuran dari Rasulullah SAW.

Apabila perempuan dan laki-laki memutuskan untuk menikah, saat itu juga Allah SWT akan memberikan rezeki yang berlimpah. Jaminan rezeki untuk mereka yang sudah menikah tercantum dalam An Nur ayat 32:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. An Nur: 32).

7. Dikaruniai Anak

Setiap keturunan yang dilahirkan ke dunia memiliki takaran rezeki masing-masing. Bagi pasangan yang sudah dikaruniai anak tak perlu khawatir akan rezekinya di masa mendatang karena Allah AWT akan mencukupinya. Hal ini telah dijelaskan dalam Al Isra Ayat 31:

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (QS. Al Isra’: 31).

8. Menjalin Tali Silaturahmi

Tali silaturahmi yang baik dengan keluarga, saudara, ataupun teman juga bisa melapangkan pintu rezeki. Selain itu, silaturahmi memiliki keutamaan lain yang bisa memanjangkan umur untuk yang gemar melakukannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang pernah diriwayatkan dalam hadits Bukhari berikut ini:

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

9. Beriman dan Bertaqwa

Allah juga memberikan rezeki untuk muslim yang senantiasa beriman dan bertaqwa. Sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah SWT di sebuah surat Al Qur’an berikut:

“Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya”

10. Rezeki Secara Tak Terduga

 Pintu rezeki selanjutnya adalah rezeki yang didapatkan secara tak terduga. Berarti berasal dari segala arah yang mungkin tidak disangka-sangka. Sesuai yang tercantum di surah Al Thalaq pada ayat 2 terakhir:

“… Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.”

11. Membaca Al-Qur’an Secara Istiqomah

Al Qur’an sudah menjadi pedoman hidup seorang muslim, sehingga sebaiknya dibaca dan diamalkan setiap hari. Selain mendapatkan pahala, jika dibaca secara rutin juga mendatangkan kelimpahan rezeki.

12. Rezeki karena Mengobarkan Diri, Waktu, dan Harta

 Apabila seorang muslim mengobarkan diri, waktu, dan harta yang dimiliki maka akan mendapatkan pahala sekaligus rezeki. Namun, pengorbanan yang dimaksud adalah segala hal yang berkaitan dengan urusan keagamaan.

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.” (HR. Ibnu Majah).

Itulah dia, doa-doa pembuka rezeki yang bisa diamalkan sehari-hari. Untuk membuka pintu rezeki lebar-lebar, sahabat perlu mengimbanginya dengan melakukan amalan pembuka rezeki, seperti donasi, bersedekah, dan berinfak. Sekarang, sahabat bisa melakukan beberapa amal baik tersebut melalui lembaga Yatim Mandiri yang sudah terpercaya dan jelas amanah.

Di samping itu, Yatim Mandiri juga menyediakan informasi mengenai sedekah, doa-doa, dan hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam melalui blog-nya. Yuk, dapatkan informasi lain yang bermanfaat dengan mengunjungi blog Yatim Mandiri.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.