Manfaat Sedekah Subuh, Cara Mengamalkan, dan Bentuknya

manfaat sedekah subuh

Sedekah subuh bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak hadits yang menyebutkan keutamaan manfaat sedekah subuh. Penasaran apa saja manfaatnya ? Cari tahu lebih lengkap di sini.

Bagi seorang muslim bersedekah akan mendatangkan pahala. Sedekah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bisa memberi ke anak yatim, masjid, dhuafa, bahkan kepada keluarga terdekat. Salah satu waktu yang utama yaitu manfaat sedekah subuh yang banyak.

Sebenarnya, di waktu kapanpun Anda bisa bersedekah. Namun, sedekah subuh bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak hadits yang menyebutkan keutamaannya. Lalu, apa saja manfaat sedekah subuh? Mari simak penjelasan lengkap mengenai manfaat dan bentuknya.  

Baner ebook sedekah subuh

Apa Saja Manfaat Sedekah Subuh?

Berikut adalah manfaat sedekah subuh yang perlu diketahui. Dengan mengetahui manfaatnya, semoga bisa dijadikan sebagai motivasi bagi umat muslim untuk bersedekah. Hal ini karena sedekah merupakan ladang pahala yang besar.

Sedekah juga dapat membantu sesama sehingga ini akan membuat rasa persaudaraan meningkat. Hal itu juga akan meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Mungkin saja, orang yang bersedekah menganggap apa yang disedekahkannya tidak berharga atau kecil.

Namun, untuk orang yang membutuhkan tentu hal itu adalah sesuatu yang luar biasa baginya. Ini akan mengajarkan untuk selalu bersyukur atas karunia Allah dan rezeki yang diperoleh. Selain manfaat di atas, ada keutamaan khusus jika bersedekah di waktu subuh.

Berikut ini manfaat sedekah subuh yang beragam:

1. Dua Malaikat Mendoakan

Salah satu manfaat sedekah subuh yaitu aka nada dua malaikat yang datang dan mendoakan amalan yang sedang dikerjakan. Hal tersebut ada di hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Inti dari isinya yaitu mengatakan bahwa tidak ada satu Subuh yang dialami oleh hamba Allah kecuali turun dua malaikat. Satu malaikat berdoa kepada Allah untuk memberi ganti kepada orang yang berinfak.

Sedangkan malaikat lain berdoa agar memberikan kerusakan bagi orang yang menahan harta. Itulah inti dari hadits tersebut.

Dari sini diketahui bahwa bersedekah di waktu subuh akan membuat malaikat mendoakan dan barangsiapa yang pelit maka didoakan juga agar ditahan rezekinya.

2. Dikabulkan Permintaan

Manfaat sedekah subuh selanjutnya yaitu dapat dikabulkan dari doa. Hal ini sebagaimana yang pernah diutarakan oleh almarhum Syekh Ali Jaber.

Menurut beliau, berinfak di waktu subuh adalah waktu yang memiliki keutamaan tersendiri karena semua permintaan atau hajat yang diinginkan bisa lekas terkabul.

Syekh Ali Jaber mengungkapkan bahwa di waktu subuh Allah akan menurunkan malaikat untuk mendoakan orang yang bersedekah. Jika bersedekah dengan disertai doa maka itu doa tersebut bisa cepat terkabul.

Doa yang diminta bisa berbagai macam seperti dimudahkan rezeki, untuk menyembuhkan penyakit dan lain sebagainya.

3. Penghapus Dosa

Siapa yang tidak ingin dihapus dosanya? Setiap umat muslim pasti ingin dosanya terhapus karena tidak dapat dipungkiri manusia tidak terlepas dari dosa. Oleh sebab itu, sedekah ternyata bisa membantu untuk dosa.

Jadi, perbanyaklah sedekah untuk agar bisa mengurangi dosa Anda. Sebagaimana yang ada di hadits HR Tirmidzi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”.

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa pembersihan dosa dengan sedekah menjadi efektif.

4. Harta Menjadi Berkah

Kebanyakan orang kesulitan untuk bersedekah karena takut bahwa hartanya akan habis. Padahal, dengan bersedekah harta menjadi lebih berkah. Allah akan mengganti harta menjadi berlipat-lipat.

Namun, perlu digaris bawahi, pemberian sedekah harus didasarkan dengan keikhlasan. Setiap amalan yang dilakukan dengan ikhlas pasti mendatangkan kebaikan dan amalan sedekah bisa diterima.

Sebaliknya, jika bersedekah hanya mengharapkan imbalan atau riya’ maka amalan sedekah dapat tidak diterima. Oleh sebab itu, lakukan sedekah dengan tulus dan ikhlas.

5. Dekat dengan Pintu Surga

Manfaat sedekah subuh yang tak kalah utama yaitu bisa didekatkan dengan pintu surga. Hal ini karena amalan baik tentu akan mendatangkan manfaat yang baik. Dengan bersedekah, manfaat besarnya akan didekatkan surga dan dijauhkan neraka.

Ada beberapa hadits yang menyebut tentang hal ini.

Contohnya yaitu HR. Bukhari dan Muslim yang menyebut bahwa orang yang memberikan dua harta di jalan Allah maka akan dipanggil salah satu pintu surga agar bisa menuju kenikmatan

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah akan dipanggil oleh pintu surga, wahai hamba Allah kemarilah menuju kenikmatan” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain hadits ini, ada pula hadits lainnya yang menyebut bahwa dengan bersedekah bisa dijauhkan dari neraka. Hadits tersebut juga dikemukakan dari HR. Bukhari dan Muslim.

“Jauhilah api neraka meski dengan sedekah satu biji kurma. Jika tidak ada, bisa dengan kalimat thayyibah”

Kalimat thayyibah berasal dari kata “Thayyib” yang artinya adalah baik. Jadi, kata thayyibah merupakan ucapan baik dari seseorang.

Jika tidak mampu untuk bersedekah dengan harta, gunakanlah cara ini. Dengan mengucapkan kata baik yang bisa mendatangkan pahala dan manfaat yang diberikan oleh Allah SWT.

6. Menghindari Malapetaka

Manfaat sedekah subuh yang terakhir yaitu terhindar dari bala. Bala atau bencana ini dapat tertolak sehingga akan menguntungkan bagi pemberi sedekah.

Hal ini sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Nabi SAW yang mengatakan bahwa obat untuk orang sakit adalah sedekah. Sedekah dapat membuat Allah menjadi tidak murka serta bisa menolak kematian yang buruk.

“Obatilah orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya, sedekah itu dapat meredam murka Allah dan menolak kematian yang buruk,” (HR. Tirmidzi).

Baner ebook sedekah subuh

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Untuk mengamalkan sedekah subuh, ada beberapa cara mudah. Anda tidak perlu untuk mencari anak yatim atau dhuafa di waktu subuh. Tentu saja ini tidak praktis dan membuat Anda kebingungan karena harus mencari kemana-mana.

Jika mencari langsung, ini juga akan membutuhkan waktu yang mungkin lebih lama. Dengan demikian, waktu subuh bisa saja telah berganti. Berikut ini adalah cara melakukan sedekah subuh secara praktis dan mudah.

1. Membuat Kotak Sendiri

Menurut Syekh Ali Jaber cara sedekah subuh bisa dilakukan dengan praktis yaitu memanfaatkan kotak amal, kaleng, atau botol bekas.

Setelah shalat subuh, Anda bisa mengumpulkannya ke kotak tersebut sambil berfokus pada satu keinginan yang Anda inginkan. Hal ini karena salah satu manfaat dari sedekah subuh yaitu bisa terkabulnya hajat.

Menurut beliau tidak apa-apa meskipun sedikit asalkan bisa rutin dan ikhlas. Amalan ini juga bisa dilakukan untuk wanita haid. Mereka bisa memasukkan uangnya setiap pagi sebelum memulai aktivitasnya.

2. Serahkan ke Badan Amal Terpercaya

Setelah kotak amal sudah terkumpul banyak, Anda bisa menyerahkannya ke badan amal terpercaya. Atau bisa langsung bersedekah ke badan amal tanpa menabungnya terlebih dahulu.

Hal ini akan lebih praktis karena badan amal yang nantinya akan menyalurkan ke orang yang membutuhkan secara tepat. Penyaluran sedekah subuh di Yatim Mandiri diutamakan untuk anak yatim dan dhuafa, Insya Allah lebih luas manfaatnya

3. Langsung ke Kotak Amal Masjid

Cara mengamalkan sedekah subuh selanjutnya yaitu dengan menyerahkan hartanya langsung ke kotak amal yang ada di masjid. Cara ini umumnya sering dilakukan bagi muslim yang biasa pergi ke masjid untuk menjalankan shalat subuh.

Setiap masjid umumnya memiliki kotak amal karena biasanya untuk pembangunan masjid. Jadi, Anda bisa menyisihkan uang untuk bersedekah setiap subuh di kotak amal masjid yang telah tersedia.

Tidak mengapa jika sedikit yang terpenting, ikhlas dan bisa menjalankan ibadah ini secara istiqamah.

Niat sedekah subuh dengan ikhlas dan khusyu dalam meminta. Insya Allah apa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah.

Baner ebook sedekah subuh

 

Macam-macam Sedekah

Nyatanya, sedekah tidak hanya soal uang. Ada berbagai macam bentuk sedekah yang bisa Anda terapkan. Hal ini untuk menambah ibadah Anda menjadi lebih maksimal. Berikut macam sedekah selain dari uang:

1. Makanan

Sedekah paling sering selain uang yaitu dalam bentuk makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok yang diperlukan untuk kehidupan manusia. Jika member sedekah makanan, tentu akan bermanfaat terutama bagi orang yang tidak mampu.

Biasanya, sedekah ini sering dilakukan ketika hari Ramadhan tiba. Banyak yang akan memberikan sedekah ke masjid-masjid untuk buka puasa gratis. Ini juga akan mendatangkan pahala.

Selain ke masjid, sedekah makanan juga bisa dilakukan di lingkungan sekitar. Contohnya memberikan makanan kepada tetangga yang kurang mampu secara ekonomi.

Makanan yang diberikan tidak mesti makanan jadi. Tapi, bisa juga memberikan keperluan memasak, sayuran, atau sembako.

2. Barang

Sedekah ini termasuk dalam sedekah materi dimana Anda bisa memberikan barang-barang penting. Barang tersebut dapat berupa baju, alat elektronik, bahkan sepatu yang masih layak pakai.

Sedekah barang ini banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak mampu. Anda bisa memberikan barang penting tersebut agar digunakan oleh orang yang membutuhkan.

Bisa dengan memberikan seragam sekolah, buku pelajaran, dan alat tulis lainnya untuk anak yatim yang kurang mampu.

3. Ilmu yang Bermanfaat

Jika tidak mampu sedekah materi, ada alternatif lainnya yang bisa dipakai yaitu dengan sedekah ilmu yang bermanfaat. Bersedekah ilmu termasuk dengan sedekah jariyah yang pahalanya tidak terputus bahkan sampai meninggal.

Dengan membagi ilmu juga akan bermanfaat bagi diri sendiri. Anda bisa semakin mengingat dan memahami ilmu tersebut. Jadi, secara tidak langsung ini akan membuat ilmu yang dikuasai menjadi semakin dalam.

Bersedekah ilmu juga sangat menguntungkan dan tidak akan rugi sepanjang hidup.

4. Tenaga

Sedekah tenaga adalah salah satu ibadah yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan melakukannya, orang akan merasa sangat terbantu. Selain itu, sedekah ini tidak perlu harus membutuhkan fisik yang kuat dan harus mengangkat beban berat.

Cukup melakukannya sesuai dengan kemampuan. Contohnya membantu nenek menyeberang jalan dan membawa barang belanjaannya. Bantu teman untuk membersihkan tempat kosnya, dsb. Bisa juga untuk ikut berpartisipasi menjadi panitia suatu kegiatan acara islam.

Menjadi panitia, tentu membutuhkan tenaga karena harus mengurus berbagai macam kendala. Oleh sebab itu, ini juga masuk ke dalam sedekah.

5. Senyum

Bentuk sedekah yang paling mudah dilakukan adalah senyum. Senyum merupakan sedekah non materi yang penting untuk diingat. Cara ini menjadi paling mudah dan ringan untuk dipraktekkan.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa saat kita tersenyum, maka itu artinya memberikan sedekah. Hal tersebut telah tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Dzar. Mengapa senyum termasuk sedekah?

Hal ini karena ketika tersenyum, orang yang menerimanya juga ikut senang. Senyum ini membawa energi positif bagi orang disekitar. Jadi, Anda bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain hanya melalui senyuman.

Meskipun gampang dan mudah dilakukan, manfaat senyum cukup besar. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak bersedekah. Itulah berbagai manfaat sedekah subuh yang seharusnya dilakukan karena keutamaannya yang begitu besar.

Disarankan untuk melakukannya walau sedikit. Manfaat sedekah subuh memiliki keistimewaan karena banyak orang terlelap sehingga jika amelakukannya, malaikat akan langsung mendoakan kepada Allah SWT sehingga permintaan dan keinginan bisa dapat dikabulkan. 

Baner ebook sedekah subuh

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.