14 Keutamaan Sedekah, Ini Dalilnya dalam Al-Qur’an & Hadits!

Setidaknya ada 14 keutamaan sedekah yang perlu dipahami oleh umat muslim. Luruskan niat sedekah dan rasakan keutamaannya. Baca disini!


Sedekah menjadi salah satu amalan yang mempunyai banyak keutamaan. Jika setiap orang bisa memahami makna keutamaan sedekah dengan baik, tentu ia tidak akan ragu-ragu dalam melakukan amalan ini. 

Sedekah adalah perbuatan atau tindakan memberi sesuatu kepada orang lain secara cuma-cuma. Tentunya tanpa melihat waktu dan besaran jumlahnya.

Bukan hanya mampu mendatangkan pahala saja, akan tetapi sedekah juga bisa memberikan keberkahan hidup hingga keridhaan Allah SWT. 

Baca juga:   Sedekah Jariyah, Pengertian, Contoh dan Keistimewaannya 

Dalil tentang Sedekah

Arti Sedekah dan Pengertiannya

Kata sedekah tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat muslim, kata yang diambil dari bahasa arab Shodaqoh” , berasal dari kata “Sidiq”  yang berarti “Kebenaran”.

Secara umum, pengertian sedekah adalah menginfakan sebagian harta di jalan Allah dengan niat ikhlas dan tidak mengharap imbalan apapun melainkan hanya untuk beribadah kepada Allah melalui harta yang dimiliki.

Dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 245 yang artinya :

Barangsiapa yang memberi pinjaman terhadap Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran terhadapnya dengan lipat ganda yang banyak. Serta Allah akan menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kalian dikembalikan”

Disamping itu, Allah juga menjelaskan berkaitan dengan keutamaan sedekah didalam kalam-Nya yang berbunyi:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ نَفَقَةٍ أَوْ نَذَرْتُمْ مِنْ نَذْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ (270) إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (271)

Artinya: Apa saja yang kalian nafkahkan atau apa saja yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pelindung pun baginya. Jika kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian; dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Baqarah: 270-271). 

Jenis Sedekah

Jenis sedekah
Dokumentasi Yatim Mandiri

Sedekah bisa dilakukan untuk siapa saja dan diwaktu yang tidak ditentukan jam maupun tanggalnya. Namun dibalik itu semua terdapat jenis-jenis sedekah bisa kita pahami dan praktekan.

  • Sedekah untuk menyantuni anak yatim.
  • Sedekah untuk menyumbang pembanguan masjid.
  • Memberikan bantuan pendidikan kepada anak yang kurang mampu.
  • Membantu kerabat dan saudara yang sedang kesusahan.
  • Memberi makan hewan.
  • Dan lain-lain.

Sedekah sebenarnya tidak terbatas hanya pada memberikan materi saja melainkan sebuah hadits yang menjelaskan bahwa senyum juga termasuk sedekah.

Untuk itu jika sahabat belum bisa sedekah menggunakan harta benda, bisa dimulai dengan membantu orang-orang yang membutuhkan dengan tenaga maupun pikiran kita.

Apa Keutamaan Sedekah?

Apa Keutamaan Sedekah?
Dokumentasi Yatim Mandiri

 Sedekah merupakan harta maupun non harta yang diberikan oleh seseorang maupun badan usaha tertentu (tentunya di luar zakat) guna kepentingan kemaslahatan umat. Sedekah tentu memiliki sejumlah keutamaan bagi siapa saja yang melakukannya. 

Bahkan juga ada dalil naqli tentang keutamaan sedekah. Jika dipahami dan dimaknai dengan baik, tentu setiap muslim tidak akan ragu lagi untuk melakukan sedekah. Sungguh orang-orang yang beruntung ketika ia bisa rajin bersedekah semasa hidup di dunia. 

Sedekah menjadi amalan yang amat dicintai oleh Allah SWT. Wajar saja jika sedekah mempunyai keutamaan dan mampu memberikan dampak baik bagi pelakunya. Allah SWT pun akan menjamin terkabulnya semua permintaan orang-orang yang rajin bersedekah. Beberapa keutamaan sedekah, yaitu:

1. Mampu untuk Melipatgandakan Rezeki 

Salah satu keutamaan amalan sedekah adalah akan memberikan banyak keistimewaan kepada setiap pelakunya. Misalnya, mampu untuk melipatgandakan rezeki. Jadi, saat bersedekah bukan berarti hartamu akan cepat habis.

Justru dengan rajin melakukan amalan sedekah, seseorang bisa terus mendapatkan harta lagi dan lagi dengan porsi yang lebih banyak.

Dengan demikian, tidak perlu ragu lagi melakukan sedekah sebab sedekah akan membawa keutamaan luar biasa. 

2. Mampu untuk Melipatgandakan Pahala 

Bukan hanya rezeki saja yang akan dilipatgandakan oleh Allah SWT saat seseorang melakukan sedekah. Akan tetapi, pahala yang diberikan pun akan berlipat ganda.

Ini adalah keutamaan yang sangat istimewa dari sedekah. Maka dari itu, seorang muslim sangat dianjurkan untuk rajin melakukan sedekah.

Jangan sampai berburuk sangka bahwa harta akan habis karena bersedekah. Justru harta akan tetap bertambah saat rajin bersedekah.

Begitu juga dengan pahala yang dituai akan semakin banyak, lagi dan lagi. Seyogyanya, selama hidup di dunia, maka setiap manusia disarankan untuk selalu berbuat baik.

Apalagi sedekah juga bisa berupa harta dan non harta. Jadi, ada begitu banyak bentuk sedekah yang bisa diberikan oleh seseorang kepada mereka yang membutuhkan.

Sedekah pun bisa berupa bantuan yang ikhlas dan tulus semata-mata karena mengharap ridha Allah SWT. 

3. Menghapus Dosa-Dosa  

Keutamaan sedekah lainnya adalah untuk menghapus dosa-dosa. Sebagai manusia biasa yang hidup di bumi dan di akhir zaman, tentu tidak akan terluput dari dosa-dosa.

Namun, Maha Baik Allah SWT yang masih terus memberi kesempatan dan jalan untuk menghapus dosa-dosa mereka.

Salah satunya dengan cara bersedekah. Sedekah menjadi amalan atau perbuatan yang sangat istimewa.

Sedekah akan mempermudah umat Islam guna menghapus dosa-dosa. Bahkan sedekah diibaratkan seperti air yang menyiram dan memadamkan api. 

Karena itulah sangat disarankan untuk melakukan sedekah. Tidak perlu harus berwujud harta. Siapapun bisa bersedekah dengan non harta.

Namun, tetaplah diniatkan untuk Allah SWT. Jangan sampai bersedekah hanya karena ingin terlihat baik di mata sesama manusia.

4. Mampu Menyembuhkan Penyakit  

Sedekah juga memiliki keutamaan lain yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Sedekah ternyata juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan umat muslim diminta untuk membentengi harta dengan zakat dan mengobati orang sakit dengan bersedekah.

Saat seseorang yang tengah sakit melakukan hal-hal positif seperti sedekah, maka hal tersebut akan meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan baik.

Hal ini akan menjadikan tubuh bisa lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai macam ancaman penyakit. 

5. Memberi Naungan untuk Akhirat  

Sedekah sungguh merupakan amalan yang amat mulia. Sebab, sedekah memiliki keutamaan utama bagi pemberinya yaitu mampu memberikan naungan kelak di akhirat nanti.

Karena itulah sebaiknya rutin melakukan sedekah. Apalagi sedekah di waktu-waktu penting.

Misalnya, sedekah subuh yang dilakukan selepas shalat subuh maupun sebelum benar-benar matahari terbit di ufuk barat.

Saat memasuki bulan ramadhan, sebaiknya juga semakin rutinlah melakukan sedekah. Niscaya segala kebaikan akan menghampiri pelaku sedekah. 

6. Menciptakan Kebahagiaan 

Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana bisa sedekah mampu memberikan dan menciptakan kebahagiaan.

Padahal ini pun sudah pernah diteliti oleh para ahli khususnya seorang profesor cerdas yang mengajar di Universitas Oregon.

Profesor ini dan timnya menemukan fakta bahwa sedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak bisa melepaskan dopamin serta endorfin sehingga diri sendiri akan merasa jauh lebih gembira.

Peneliti yang berasal dari Jerman juga berpendapat demikian.

Menurutnya, sedekah mampu menciptakan rasa puas sekaligus bangga terhadap diri sendiri. Rasa puas ini mengapresiasi diri karena sudah mampu melakukan hal-hal baik yang tentunya sangat bermanfaat bagi orang lain. 

Artikel lainnya:   Macam-Macam Sedekah yang Paling Mudah Dilakukan

7. Mampu Mempererat Tali Silaturahmi  

Keutamaan sedekah memang begitu beragam. Amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim ini ternyata juga mampu memperkuat ikatan sosial dengan sesamanya.

Sebagai seorang makhluk sosial, tentu setiap manusia akan membutuhkan bantuan orang lain entah itu sekarang atau nanti.

Tidak ada yang tahu seberapa besar seseorang akan membutuhkan bantuan dari orang lain kelak. Karena itulah sangat penting untuk menambah teman baru, keluarga maupun kerabat baru.

Tidak menutup kemungkinan kalau mereka kelak akan membantu jika dibutuhkan atau bahkan tanpa harus meminta.

Tentu saja tidak ada yang salah dari berbuat baik. Jangan menyesal menjadi baik sebab sebagai seorang manusia biasa, tentu tidak akan terlepas dari campur tangan manusia lain.

Allah SWT pun tidak akan pernah menutup mata bagi mereka yang senantiasa ikhlas dan tulus dalam melakukan sedekah.

8. Mampu Memperpanjang Warisan 

Allah SWT senantiasa akan memelihara kelangsungan warisan bagi siapa saja yang melakukan sedekah ikhlas dan tulus karena Allah SWT.

Jadi, siapa saja yang melakukan sedekah, maka rezeki baginya seolah tiada putus. Akan selalu ada rezeki yang mengalir semakin deras dan deras.

Jadi, jangan ragu dan enggan melakukan sedekah. Jangan takut miskin karena melakukan sedekah. Harta tentu tidak akan habis jika melakukan sedekah. Allah SWT akan memperpanjang warisanmu dengan sedekah itu.

9. Menghindarkan Diri dari Adanya Marabahaya dan Petaka  

Sedekah memang tameng terbaik untuk diri. Sebab, sedekah bukan hanya mampu menyembuhkan penyakit saja melainkan juga bisa menghindarkan diri dari adanya marabahaya dan petaka.

Keutamaan sedekah adalah untuk penolak bala, penyubur pahala, penahan musibah hingga kejahatan apapun.

Amalan baik ini senantiasa mampu melipatgandakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Maka dari itu, segeralah melakukan sedekah.

Jangan lupa niatkan karena Allah SWT semata. Dengan demikian musibah dan bencana tidak akan bisa mendahului sedekah. 

Bahkan sedekah juga bisa menutup tujuh puluh pintu kejahatan. Intinya, semua perbuatan baik seperti sedekah akan memberi manfaat yang baik bagi setiap pelakunya. Karena itulah silakan bersedekah secara rutin.

10. Senantiasa Mampu Mendatangkan Keberkahan  

Keutamaan lainnya dari sedekah tentunya adalah senantiasa mampu untuk mendatangkan keberkahan.

Saat seseorang bersedekah, maka ia akan mendapatkan ganjaran yang baik.

Sedekah yang ia lakukan mampu untuk membersihkan harta sehingga mampu mendatangkan keberkahan.

Jadi, sedekah yang diberikan kepada orang lain bisa membersihkan harta tersebut dari dosa-dosa. Sedekah tersebut bisa mensucikan mereka dari adanya akhlak buruk.

Sungguh betapa baiknya keutamaan dari amalan sedekah untuk umat muslim.

11. Bisa Membuat Diri Senantiasa Selalu Mengucap Syukur  

Amalan sedekah ternyata secara alami mampu mengingatkan setiap orang tentang rasa syukur. Bukan hanya ia yang memberi sedekah, namun juga ia yang menerima sedekah tersebut.

Si pemberi sedekah akan merasa bersyukur karena bisa diberi rezeki lebih dari Allah SWT.

Pemberi sedekah akan sadar bahwa manfaat sedekah dalam Islam sangat indah. Ia akan senantiasa bersyukur karena sudah diberi lebih banyak rezeki.

Sementara itu, ia yang diberi sedekah juga akan merasa bersyukur karena masih ada yang peduli dengannya. 

12. Mempermudah Jalan Menuju Surga 

Siapa yang tidak gemar sedekah tentu akan merugi. Sebab, salah satu keutamaan sedekah adalah untuk mempermudah jalan menuju surga-Nya.

Bahkan dikatakan bahwa di dalam surga ada kamar-kamar yang sudah dipersiapkan dengan indah dan memukau yang khusus ditujukan untuk para pemberi sedekah.

Sekali lagi, sedekah memang menjadi amalan sederhana namun mampu memberikan keutamaan yang sangat luar biasa.

Karena itulah tidak perlu risau ketika melakukan sedekah. Selain rezeki dan pahala akan bertambah, sedekah juga bisa mempermudah jalan menuju surga Allah SWT. 

13. Memperoleh Keridhaan dari Allah SWT 

Sedekah mampu mengantarkan seseorang untuk menemui Allah SWT. Sang Maha Kuasa akan memberikan ridha-Nya kepada siapa saja yang dengan tulus dan ikhlas melakukan sedekah.

Sedekah yang baik tentu tidak akan dilakukan karena ingin mendapat sanjungan dari sesama manusia. 

Sebab, jika hanya ingin mendapatkan pujian maupun sanjungan dari sesama manusia, maka ini dinamakan riya dan menjadi perbuatan yang amat sangat tercela.

Bahkan pelaku riya akan digolongkan menjadi orang-orang yang munafik. Jangan sampai melakukan hal ini karena semuanya hanya akan sia-sia saja. 

14. Mudah Dikabulkan Permintaannya oleh Allah SWT 

Sedekah yang dilakukan dengan diiringi oleh doa dan niat karena Allah SWT bisa membantu mempermudah terkabulnya permintaan dari si pelaku sedekah.

Misalnya, dalam hal memperlancar rezeki, mengangkat penyakit yang selama ini diderita hingga mempermudah segala macam urusan. 

Terutama jika seseorang melakukan sedekah yang dilakukan di waktu subuh. Sungguh itu adalah sedekah yang paling baik.

Sederhananya, saat selesai shalat subuh di masjid, maka seseorang bisa langsung memasukkan uang yang sudah dipersiapkan dari rumah ke dalam kotak amal. 

Jika hal tersebut rutin dilakukan tentu akan membuat pemberi sedekah mudah dikabulkan segala permintaannya kepada Allah SWT.

Dianjurkan untuk memfokuskan permintaan setiap kali melakukan sedekah. Dengan demikian, hajat yang diminta bisa segera terwujud. 

Keutamaan sedekah memang begitu banyak macamnya. Itu semua bisa diraih asalkan berniat sedekah hanya karena Allah SWT.

Sedekah yang dilakukan harus ikhlas dan tulus. Jangan sampai bersedekah hanya karena ingin memperoleh pujian dari sesama manusia. Jika dilakukan, maka hanya akan sia-sia.

Sedekah bisa bermacam-macam bentuknya, bahkan dalam islam senyum saja sudah termasuk sedekah yang pastinya berpahala.

Namun sedekah yang paling sempurna tentunya yang punya dampak untuk orang lain, bisa membuat bahagia orang lain dan membuat semakin dekat dengan Allah SWT.

Sahabat bisa sedekah melalui platform donasi online yang sudah disediakan oleh Yatim Mandiri, agar mudah dan dapat membantu sesama yang membutuhkan.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up