5 Cara Sedekah Subuh di Rumah untuk Mendapat Keberkahan

Cara sedekah Subuh di rumah berikut ini merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan amalan yang baik dan keberkahan dari Allah SWT.

Sedekah adalah salah satu amal ibadah yang mudah untuk dilakukan. Salah satu waktu terbaik untuk melakukan sedekah adalah di saat Subuh. Ada banyak cara sedekah Subuh di rumah yang bisa dilakukan oleh umat muslim.

Dengan melakukan sedekah subuh, ada juga banyak manfaat dan keutamaan yang nantinya diperoleh. Apalagi sedekah di waktu Subuh juga bisa dilakukan di rumah. Lalu, bagaimana cara sedekah Subuh di rumah? Berikut ini adalah informasinya.

Cara Sedekah Subuh di Rumah

Cara Sedekah Subuh di Rumah
sumber gambar : istock

Sedekah adalah amalan yang mudah dan dianjurkan. Dengan bersedekah, ada banyak keberkahan dan manfaat yang dapat kita peroleh. Salah satu waktu bersedekah yang paling baik adalah waktu Subuh.

Karena di waktu Subuh merupakan waktu dimana malaikat turun ke bumi dan mendoakan orang-orang yang melakukan amalan baik. Selain itu, Subuh adalah waktu yang mulia karena bergantinya malam ke pagi hari dan juga bergantinya gelap ke terang.

Oleh karena itu, melakukan sedekah di waktu Subuh tentu saja merupakan hal yang baik untuk mengawali hari. Sedekah yang paling banyak dilakukan di waktu Subuh adalah mengisi kotak amal di masjid pada saat selesai melaksanakan salat Subuh berjamaah.

Namun, tidak semua orang bisa berangkat ke masjid pada saat Subuh, salah satu contohnya adalah wanita yang sedang haid.

Akan tetapi, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk bersedekah di waktu Subuh dari rumah. Berikut ini adalah beberapa cara sedekah Subuh di rumah yang bisa dijalankan:

1. Menitipkan Uang untuk Kotak Amal

Jika tidak bisa pergi ke masjid sendiri untuk menjalankan ibadah salat Subuh berjamaah, kita bisa menggantinya dengan menitipkan uang atau sebagian rezeki yang dimiliki untuk mengisi kotak amal yang ada di masjid.

Meskipun tidak datang secara langsung mengisi kotak amal, tetapi sedekah yang dititipkan juga akan diberikan keberkahan dari Allah SWT apabila yang kita lakukan tentunya dengan sukarela dan ikhlas.

Dengan begitu, tidak ada alasan lain yang bisa menunda kita untuk tidak melakukan sedekah di waktu Subuh.

Selain itu, ini merupakan cara sedekah Subuh di rumah yang mudah untuk dilakukan tanpa mengurangi makna dari sedekah itu sendiri. Maknanya yaitu memberikan sesuatu dengan ikhlas kepada orang yang membutuhkan.

2. Memberikan Sarapan untuk Orang yang Membutuhkan

Salah satu cara sedekah yang bisa dilakukan dari rumah oleh umat muslim yang berhalangan hadir di masjid pada waktu Subuh adalah menyiapkan kemudian memberikan makanan untuk sarapan bagi orang yang membutuhkan.

Dengan memberikan sarapan bagi orang yang membutuhkan, kita dapat mengurangi beban mereka dalam mencari makanan di pagi hari. Selain itu, juga memberikan kebutuhan energi bagi mereka untuk mencari rezeki di hari tersebut.

Ini merupakan salah satu sedekah yang baik dilakukan untuk mengawali sebuah hari dengan kebahagiaan dan manfaat dari sedekah subuh.

3. Mengirimkan Uang atau Rezeki

Cara sedekah Subuh di rumah yang mudah selanjutnya adalah dengan mengirimkan uang atau rezeki di waktu Subuh untuk keluarga, teman, atau kerabat yang membutuhkan. Mengapa harus di waktu Subuh?

Selain waktu Subuh merupakan waktu yang baik untuk mendapatkan pahala dan doa dari malaikat, memberikan rezeki bagi orang yang membutuhkan di waktu Subuh juga akan membawa kebahagiaan untuk mereka dalam mengawali hari.

Siapa tau bahwa dengan rezeki yang kita kirimkan di waktu Subuh tersebut mengurangi beban mereka yang akan dijalani di hari tersebut.

4. Berdzikir

Melakukan sedekah tidak hanya dengan materi atau uang, berdzikir dengan amal dan hati yang bersih juga terhitung sebagai sedekah.

Langkah-langkah yang kita lakukan untuk pergi menuju masjid untuk menunaikan ibadah sholat Subuh juga dihitung sebagai amalan yang baik dan ibadah.

Apalagi jika selanjutnya ditambahkan dengan berdzikir, lantunan dzikir tersebutlah yang dianggap sebagai sedekah dan merupakan amalan ibadah yang baik untuk memulai hari.

5. Berdonasi di Lembaga Sosial

Selain mengirimkan uang ke keluarga, kerabat, maupun teman, cara sedekah Subuh yang lainnya adalah dengan mengirimkan donasi ke lembaga sosial. Kirim donasi tersebut dapat dilakukan secara online sehingga bisa lewat rumah di waktu Subuh.

Salah satu lembaga sosial yang menerima donasi di waktu Subuh dan kapanpun adalah lembaga sosial Yatim Mandiri.

Lembaga Amil Zakat Nasional atau LAZNAS tersebut merupakan lembaga yang mengelola dana zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan lain sebagainya secara legal dan halal untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Ini merupakan salah satu cara sedekah Subuh di rumah yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa ada batasan apapun.

Cara Berdonasi di Yatim Mandiri di Waktu Subuh

Cara Berdonasi di Yatim Mandiri
sumber gambar : yatim mandiri

Yatim Mandiri merupakan salah satu lembaga sosial yang sudah legal dan terpercaya untuk mengelola dana dari zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan lain-lain untuk dibagikan kepada orang yang tidak mampu atau membutuhkan.

Cara untuk melakukan donasi di lembaga sosial ini juga sangat mudah tanpa batasan apapun. Selain itu, kita juga bisa berdonasi di waktu Subuh hanya melalui rumah saja. Berikut ini adalah cara-caranya:

  • Buka situs website di yatimmandiri.org.
  • Setelah muncul halaman websitenya, klik pada menu Donasi yang terletak di kanan atas halaman dengan warna biru.
  • Pilih Program donasi yang diinginkan, bisa juga untuk tidak memilih.
  • Kemudian pilih atau masukkan nominal yang ingin didonasikan.
  • Lalu klik pada menu Lanjutkan Pembayaran.
  • Kemudian lengkapi data diri, seperti nama, alamat email, nomor Whatsapp. Bisa juga untuk menulis doa dan dukungan yang diinginkan atau menyamarkan nama pendonasi.
  • Setelah itu, klik pada Pilih Metode Pembayaran.
  • Kemudian pilih pembayaran yang diinginkan. Bisa juga melalui transfer bank atau juga melalui e-wallet yang tersedia.

Selesai sudah cara sedekah Subuh di rumah melalui lembaga sosial Yatim Mandiri yang mudah tanpa dibatasi oleh apapun.

Apakah Harus Bersedekah di Waktu Subuh?

Pada dasarnya, melakukan sedekah bisa kapanpun dan dimanapun tanpa harus di waktu Subuh.

Akan tetapi, memang waktu Subuh merupakan salah satu waktu yang baik untuk berbuat amal kebaikan karena di waktu tersebut para malaikat berdoa bagi siapapun yang melakukan amal baik.

Selain itu, waktu Subuh merupakan waktu yang baik untuk memulai hari dengan kegiatan yang baik salah satunya adalah dengan bersedekah.

Apalagi dalam agama Islam dianjurkan untuk tidak menunda-nunda waktu untuk memulai bersedekah sepagi mungkin.

Waktu Subuh merupakan waktu yang paling pagi. Mengapa tidak boleh untuk menunda-nunda bersedekah? Karena waktu bencana tidak bisa melangkahi sedekah.

Jadi diharapkan jika memang ada bencana yang datang, kita sudah berbuat amal baik dengan bersedekah secara ikhlas dan sukarela untuk orang yang membutuhkan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bersedekah memang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, tetapi melakukan sedekah di waktu Subuh bisa jadi lebih baik daripada waktu-waktu yang lain.

Bagaimana cara sedekah Subuh di rumah beserta informasi lainnya? Ternyata, ada banyak cara sedekah Subuh yang bisa dilakukan walaupun berada di rumah saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban