Manfaat Celengan Sedekah Subuh dan Tata Caranya

Celengan Sedekah Subuh

Apa itu celengan sedekah subuh? Itu adalah tempat untuk menabung atau menyimpan uang tetapi memiliki fungsi yang ditujukan untuk sedekah.


Bersedekah adalah salah satu ibadah yang mendatangkan banyak manfaat. Tidak hanya bagi orang lain tetapi juga untuk diri sendiri. Sedekah subuh dapat diberikan kapanpun dan dimanapun bahkan dari rumah. Namanya adalah celengan sedekah subuh.

Apa itu celengan sedekah subuh? Celengan tersebut adalah tempat untuk menabung atau menyimpan uang dengan fungsi yang ditujukan untuk sedekah. Jadi, apabila tabungan di celengan sudah terkumpul, orang tersebut dapat memberikannya kepada pihak yang tepat.

Tata Cara Menunaikan Celengan Sedekah Subuh

sedekah jumat
Sumber Gambar : Unsplash.com

Celengan sedekah subuh bisa dengan celengan fisik yaitu dengan membuatnya dari kardus atau kaleng. Ada juga celengan dalam bentuk online. Anda bisa mengumpulkan uang untuk berdonasi menggunakan badan amil zakat yang kini sudah banyak menyediakan secara online.

Yuk tunaikan sedekah subuh di Yatim Mandiri, cara menunaikannya mudah bisa secara online dari rumah. Bagi yang ingin menunaikannya di rumah Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Buat Celengan

Sediakan satu buah celengan yang bisa Anda buat sendiri atau membelinya secara online. Setelah mendapatkannya, isi celengan tersebut dengan uang tanpa jumlah minimal atau maksimal. Setiap sedekah harus disertai dengan keikhlasan agar diterima amalannya oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu, bersedekah subuh jangan dibuat sebagai beban. Cukup masukkan uangnya sesuai dengan kemampuan berapapun itu. Asalkan rutin dan istiqomah, lama-lama celengan sedekah subuh juga akan terkumpul dan penuh.

  • Penuhi Celengan dan Berikan ke yang Berhak

Setelah mengisi celengan sampai penuh, saatnya untuk memberikannya kepada orang yang berhak. Ada berbagai pilihan dalam penyaluran sedekah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pondok pesantren: Tempat ini biasa menerima sedekah. Nantinya, akan disalurkan kepada orang yang berhak seperti anak yatim yang ada di pondok pesantren tersebut.
  • Masjid: Masjid adalah tempat yang sering untuk memberikan sedekah. Uang yang telah Anda kumpulkan dapat diberikan ke pengurus masjid untuk digunakan sebagaimana mestinya.
  • Panti asuhan: Anak yatim adalah salah satu orang yang berhak menerima sedekah. Anda bisa membantu mereka untuk meringankan bebannya. Jadi, langsung menemui panti asuhan adalah salah satu opsi penyaluran sedekah subuh yang bisa diterapkan.
  • Tetangga: Jika tidak ingin jauh-jauh memberikan sedekah subuh, Anda bisa membagi jumlah uang di celengan tersebut kemudian diberikan kepada tetangga yang masih kekurangan. Anda bisa membaginya rata agar adil.
  • Badan amil zakat: Opsi terakhir yang banyak dilakukan yaitu memberikan pada badan amil zakat terpercaya. Pilihlah yang amanah dan menyalurkan tepat sasaran. Rekomendasi badan amil zakat yang dapat dipilih yaitu Yatim Mandiri.

Manfaat Celengan Sedekah Subuh

Manfaat Celengan Sedekah Subuh
Sumber Gambar : Pixabay.com

Setelah mengetahui apa itu celengan sedekah subuh, perlu diketahui pula manfaatnya. Manfaat dengan membuat celengan ini sangat besar.

Sedekah subuh akan mampu dijalani dengan baik dan membuat Anda menjadi istiqomah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat membuat celengan untuk sedekah subuh:

  • Pengingat Bersedekah

Anda mungkin bisa melakukan cara lain dengan memberikannya langsung ke masjid atau panti asuhan setiap subuh. Namun, bisa saja Anda lupa atau malah mengurungkan niat.

Namun, jika membuat celengan, setiap harinya dapat melihat celengan tersebut di rumah. Hati akan tergerak untuk bersedekah setiap subuh. Oleh sebab itu, celengan ini bisa menjadi pengingat untuk selalu bersedekah saat subuh.

Agar lebih maksimal, letakkan celengan tersebut di tempat yang sering Anda lewati atau lihat. Contohnya ada di meja belajar, di atas lemari, dsb.

Jadi setiap masuk rumah atau sedang berada di kamar, Anda bisa menyaksikan celengan dengan jelas sehingga memupuk keinginan untuk menabung untuk sedekah subuh.

  • Melatih Kesabaran dan Menahan Godaan

Celengan sedekah subuh akan membantu untuk menahan diri menghabiskan uang secara berlebihan. Hal ini karena Anda akan senantiasa teringat untuk menabung untuk bersedekah. Jadi, akan memikirkan dua kali sebelum membeli barang yang tidak bermanfaat.

Ingatlah bahwa keutamaan dalam bersedekah itu sangat banyak. Contohnya seperti mendapatkan pahala, dimudahkan urusan, doa terkabul, didoakan malaikat, dsb. Keutamaan-keutamaan ini yang harus selalu diingat untuk meneguhkan prinsip bersedekah.

Uang yang ditabung ini juga akan membuat Anda tersadar bahwa bisa melatih untuk menahan diri dari godaan menghamburkan uang. Dengan demikian, bisa dipraktekkan pula untuk bekal menabung untuk masa depan.

Setiap ketulusan dari menabung ini akan Allah SWT kuatkan dan lapangkan hatinya untuk bersedekah dengan istiqomah.

Mungkin pada awalnya akan terasa sulit untuk menabung. Namun, jika terus-menerus dilakukan akan muncul sikap terbiasa dan malah tidak enak hati jika tidak bersedekah. Itulah Allah akan memudahkan orang bersedekah.

  • Melatih Untuk Menghargai Hal Kecil

Selain melatih kesabaran dan pengingat sedekah, celengan juga akan membuat Anda menghargai hal kecil yang ada dalam hidup.

Ternyata, dengan mengumpulkan uang Rp 1.000 tiap harinya, bisa menjadi jumlah yang besar. Mungkin dulu, tidak berpikir kalau uang receh berharga. Namun, dengan uang receh inilah Anda bisa beramal dan hal itu bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Ini akan menumbuhkan sifat bersyukur kepada Allah. Anda tidak akan meremehkan apa yang didapat karena itu berarti besar bagi kehidupan.

Banyak orang yang ingin mendapatkan sesuap nasi, memakai pakaian yang layak, dsb. Bersedekah akan membuat hati tenang dan menjadi pribadi yang bersyukur.

Tidak akan meremehkan orang lain dan menganggap sesuatu yang datang adalah hal terbaik yang Allah berikan.

Bagaimana Jika Kondisi Ekonomi Sedang Sulit?

Pertanyaan ini yang mungkin terjadi untuk bagi para pemberi sedekah subuh. Jika sedang kesulitan, Anda tidak perlu khawatir untuk tidak bersedekah. Ada banyak cara karena sedekah tidak hanya dari mssateri tetapi juga non materi.

Contohnya sebagai berikut:

  • Memberikan Ilmu yang Bermanfaat

Sedekah ilmu termasuk sedekah jariyah yang tidak akan terputus sampai kapanpun. Jika memiliki ilmu lebih, Anda bisa melakukan sedekah kepada siapa yang membutuhkan bantuan. Contohnya menjadi guru mengaji, guru membaca, guru mata pelajaran, dsb.

  • Memberikan Makanan atau Sumbangan Baju

Jika sedang kekurangan uang, Anda bisa melakukan sedekah dengan memberikan makanan atau sembako yang tersedia. Lakukanlah ketika matahari terbit agar mendapatkan keutamaan di waktu subuh.

Bisa juga dengan memberikan sumbangan baju yang tidak terpakai tetapi masih layak kepada orang yang membutuhkan. Baik melalui panti asuhan, badan amil zakat pondok pesantren, atau menyerahkannya langsung.

  • Berbuat Baik

Jika tidak terlalu memiliki banyak pengetahuan, bisa juga dengan melakukan perbuatan baik kepada sesama. Contohnya membantu teman yang sedang kesulitan, membantu nenek menyeberang jalan, dsb. Bisa juga melakukan ibadah lain seperti berzikir.

Bahkan sedekah bisa dilakukan hanya dengan memberikan senyum. Jadi, setiap hari kita mampu untuk melakukannya.

Agar menjadi istiqomah, berdoalah kepada Allah dan lakukan niat sedekah subuh dengan khusyuk. Semoga Allah SWT memudahkan rezeki Anda semua dan menjawab doa agar dipermudah dalam menjalankan ibadah.

Itulah manfaat celengan sedekah subuh dan tata cara menunaikannya. Untuk memudahkan celengan sedekah bisa menerapkannya secara online dengan menggunakan jasa yang amanah. Silahkan untuk kunjungi website resmi dari http://www.yatimmandiri.org/.

Sumber Referensi

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-sedekah-subuh-di-rumah-sendiri/
https://bikinidcard.com/celengan-sedekah-subuh/
https://blog.kitabisa.com/3-manfaat-memiliki-celengan-sedekah-subuh/#:~:text=Celengan%20sedekah%20subuh%20merupakan%20tempat,disalurkan%20untuk%20membantu%20orang%20lai