Waktu Sholat Tahajud Terbaik agar Mendapatkan Keutamaannya

waktu sholat tahajud

Baca sampai selesai dan ketahui waktu sholat tahajud terbaik agar mendapatkan banyak fadhilah dan keutamaan baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat.


Sholat tahajud adalah satu-satunya sholat sunnah yang tertulis di dalam Al-Qur’an. Waktu sholat tahajud yang biasanya dilakukan di tengah malam, membuat sebagian umat muslim enggan untuk mengerjakannya. Padahal, sholat tahajud memiliki keutamaan yang luar biasa seperti halnya Sholat Dhuha.

Bagi umat muslim yang ingin melaksanakan sholat tahajud, tentu harus mengetahui waktu terbaiknya agar mendapatkan pahala yang sempurna. Waktu yang dikatakan terbaik untuk mendirikan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. Kapankah waktu tersebut?

Sholat Tahajud

sholat tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat malam yang dilaksanakan setelah seseorang tertidur terlebih dahulu. Sholat ini bisa dilakukan sebanyak minimal 2 rakaat dan tidak ada batasan maksimal rakaatnya. Setelah melaksanakan sholat tahajud, umumnya ditutup dengan sholat witir yang memiliki rakaat ganjil.

Bagi orang-orang yang rutin melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang berlimpah. Sholat tahajud sendiri sangat istimewa sebagaimana tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 79, yang isinya sebagai berikut:

“Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,”

Tata cara sholat tahajud sebenarnya sama saja dengan sholat sunnah lainnya. Sholat ini diawali dengan membaca niat sholat tahajud. Sholat sunnah ini dilakukan sebanyak dua rakaat kemudian salam, jika ingin menambah rakaat maka lakukan sholat dua rakaat kemudian kembali salam, dan seterusnya.

Meskipun banyak umat muslim yang mengetahui bahwa pahala sholat tahajud ini sangat banyak, ternyata sholat tahajud masih dianggap terlalu berat untuk dilaksanakan. Padahal, sholat tahajud ini merupakan salah satu jalan untuk memperoleh banyak kemudahan baik di dunia maupun akhirat.

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Waktu sholat tahajud yakni di tengah malam setelah seseorang terbangun dari tidurnya, merupakan waktu terbaik untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud yang harus diketahui oleh umat muslim.

Beberapa keutamaan sholat tahajud yang membuat sholat malam ini menjadi sangat istimewa adalah sebagai berikut:

1. Jembatan Masuk Surga

Salah satu keutamaan dari melaksanakan sholat tahajud adalah sebagai jembatan untuk masuk ke surga. Surga adalah tujuan akhir yang dicita-citakan seluruh umat muslim setelah meninggal dunia nanti. Di dunia ini, manusia harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk memiliki bekal di akhirat.

Salah satu jalannya adalah dengan rutin menunaikan sholat tahajud. Meskipun berat, insha Allah imbalan yang didapatkan di akhirat kelak adalah jembatan menuju ke surga seperti yang pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW,

“Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.”

(HR. Ibnu Majah).

2. Waktu yang Tepat untuk Berdo’a

Barangsiapa yang memiliki hajat atau keinginan, berdoalah dengan khusyuk dan penuh pengharapan akan dikabulkannya do’a tersebut oleh Allah SWT selepas sholat tahajud. Sesungguhnya Allah SWT akan mengabulkan do’a hamba-hambaNya di yang mendirikan sholat di tengah malam.

Hal ini tertuang dalam hadits riwayat Muslim berikut:

Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

3. Mendapat Ketenangan Hati dan Pikiran

Bagi orang-orang yang mendapati dirinya sering galau, gundah atau risau, mungkin sholat tahajud bisa menjadi salah satu solusi untuk mendamaikan perasaan tersebut. Mendekatkan diri kepada Allah SWT terbukti mampu membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih tenang dan tentram.

Selain itu, mendirikan sholat tahajud dapat membuat badan terasa lebih segar dan bugar di pagi harinya. Hal ini juga tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muttafaqun’alaih sebagai berikut:

“Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya.”

4. Diangkat ke Tempat Terpuji

Umat muslim tentu ingin menduduki posisi yang terpuji di mata Allah SWT. Sholat tahajud bisa menjadi salah satu jalan bagi orang-orang yang ingin lebih dekat dengan Allah SWT dan diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji.

Tentunya orang-orang yang mendapatkan keutamaan ini adalah orang-orang yang mengerjakan sholat tahajud dengan penuh kekhusyukan dan konsistensi yang terus menerus.

Meskipun mungkin awalnya terasa berat untuk bangun di tengah malam, siapapun bisa konsisten menegakkan sholat sunnah tahajud ini dan menjadikannya sebuah kebiasaan yang baik. Terutama bagi mereka yang sudah benar-benar merasakan manfaat sholat tahajud.

Waktu Sholat Tahajud yang Terbaik

waktu sholat dhuha

Waktu pelaksanaan sholat tahajud terbilang cukup panjang. Mulai dari selepas sholat isya hingga menjelang subuh. Akan tetapi, orang yang hendak melakukan sholat tahajud diharuskan untuk tertidur lebih dahulu walau hanya sebentar waktunya.

Ada tiga waktu sholat tahajud, di mana Rasulullah SAW pernah melaksanakan sholat tahajud di ketiga waktu tersebut. Waktu-waktu pelaksanaan sholat tahajud tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sepertiga Malam Pertama

Sholat tahajud sudah bisa dilakukan di sepertiga malam pertama yakni mulai dari setelah shalat isya hingga pukul 22.00. Untuk itu, bagi yang ingin menunaikan sholat tahajud tidak terlalu malam bisa melaksanakannya di rentang waktu tersebut.

Namun sekali lagi, perlu diingat bahwa sholat tahajud hanya bisa dilaksanakan setelah seseorang bangun dari tidur malamnya. Boleh saja seseorang bangun jam 10 malam untuk melaksanakan sholat tahajud setelah sebelumnya tidur selepas sholat isya. 

2. Sepertiga Malam Kedua

Waktu sholat tahajud yang berikutnya ada di sepertiga malam yang kedua, yakni mulai pukul 23.00 sampai pukul 01.00 dini hari. Waktu ini dirasa berat untuk menjalankan sholat tahajud karena waktu di mana orang-orang tertidur dengan pulasnya.

Ada baiknya diniatkan dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan sholat tahajud ini. Jika perlu, pasang alarm atau minta bangunkan anggota keluarga yang lain supaya tidak terlewat menunaikan sholat tahajud. Karena sesungguhnya ada banyak sekali pahala yang menanti bagi yang melaksanakannya.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir adalah waktu sholat tahajud yang paling utama dan terbaik. Waktu ini dimulai pukul 01.00 sampai memasuki waktu sholat subuh. Di saat inilah, hamba Allah SWT yang bertaqwa akan mendekatkan diri pada Tuhannya dan memohon ampunan untuk semua dosa-dosanya.

Hadits riwayat Bukhari dan Muslim mengatakan bahwa di sepertiga malam terakhir Allah SWT akan mengabulkan do’a-do’a dan mengampuni dosa hambaNya yang mendirikan sholat tahajud. Detailnya adalah sebagai berikut:

“Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”

Ketiga waktu yang disebutkan di atas merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud. Tak hanya di sepertiga malam terakhir, di sepertiga malam pertama dan kedua pun hamba Allah SWT yang menjalankan sholat tahajud akan mendapatkan keistimewaan dan fadhilah.

Melaksanakan sholat tahajud bukan hanya perkara bisa bangun di tengah malam saja. Lebih jauh dari pada itu, melaksanakan sholat tahajud harus dilakukan dengan penuh pengharapan atas ridho Allah SWT, keikhlasan dan istiqomah.

Orang-orang demikianlah yang pada akhirnya dapat benar-benar merasakan manfaat dan keutamaan dari sholat tahajud. Di samping sholat tahajud, berbuat kebaikan dengan menyisihkan sebagian harta untuk anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan juga akan mendapatkan pahala berlimpah.

Untuk itu, hadir Yayasan Yatim Mandiri, sebuah lembaga LAZNAS yang siap menyalurkan bantuan pada anak-anak yatim maupun dhuafa. Bantuan yang bisa disalurkan melalui lembaga ini antara lain infaq, sedekah, zakat, waqaf dan dana lainnya yang sumbernya halal dan legal.

Dalam Islam, sholat tahajud sangatlah dianjurkan untuk ditunaikan dan diamalkan setiap hari. Menunaikan sholat di waktu sholat tahajud yang terbaik akan mendapatkan banyak sekali keutamaan baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.