Pengertian Sedekah Subuh, Manfaat dan Keutamaannya Lengkap

sedekah subuh
Sumber Gambar : Pixabay

Sedekah subuh adalah amalan baik yang bisa memberi manfaat maupun keutamaan luar biasa bagi pemberinya. Salah satunya hajat lebih mudah terkabul.


Belakangan ini banyak penceramah di berbagai tausiyah mengumandangkan sedekah subuh. Namun, apa sebenarnya makna dari istilah ini?

Secara garis besar ini merupakan sedekah sebagaimana biasa. Hanya saja waktu melakukannya adalah subuh.

Sedekah ini memiliki begitu banyak faedah, baik selama hidup di dunia maupun di akhirat nantinya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari sedekah ini, seorang muslim tentu harus tahu bagaimana tata caranya terlebih dahulu.

Pahami niatnya dengan baik sehingga bisa segera menuai pahala yang berlimpah.

Apa itu Sedekah Fajar?

Pada dasarnya sedekah merupakan kegiatan berbagi yang semata-mata dilakukan karena Allah SWT. Sama halnya seperti jenis sedekah ini.

Meskipun demikian, banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya makna dari sedekah yang dilakukan pada waktu subuh ini.

Sedekah yang dilakukan pada waktu subuh ini menjadi jenis sedekah yang paling baik. Ini merupakan kegiatan berbagi maupun mengeluarkan harta guna diberikan kepada mereka yang membutuhkan setelah waktu shalat subuh atau sebelum matahari benar-benar terbit.

Kemudian, untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, maka sebaiknya sedekah dilakukan sebelum melakukan aktivitas.

Lantas, mengapa sedekah ini bisa dianggap begitu baik? Pada waktu subuh, banyak malaikat turun dengan tugas mendoakan mereka yang bersedekah di waktu subuh.

Bayangkan betapa mulianya para pecinta sedekah di waktu subuh ini.

Untuk mengerjakan sedekah seperti ini, tidak selalu harus diberikan kepada orang yang tidak mampu.

Akan tetapi, sedekah ini bisa diserahkan kepada siapa saja yang membutuhkan.

ا لِ اللَّهِ لَا لْقُوا لَى التَّهْلُكَةِ ا اللَّهَ ال

Artinya: “Dan belanjakanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kehancuran, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS: Al-Baqarah: 195)

Tata Cara Sedekah Subuh

Tata Cara Sedekah Subuh
Sumber Gambar : Unspalash.com

Banyak kebaikan selama hidup di dunia pasti akan berbuah manis di akhirat. Karena, kehidupan di akhirat lebih abadi dibandingkan dengan kehidupan di dunia.

Salah satunya dengan melakukan sedekah di waktu subuh. Tata cara untuk melakukan sedekah ini, diantaranya:

  • Memasukkan Uang ke Kotak Amal

Seseorang bisa melakukan sedekah paling baik ini ketika pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat subuh. Sejak dari rumah pastikan sudah menyiapkan sejumlah uang yang nantinya bisa disedekahkan dengan cara dimasukkan ke dalam kotak amal yang ada di masjid.

  • Mengirim Uang Sedekah via Rekening Bank

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, melakukan sedekah di waktu subuh juga bisa dilakukan via rekening bank. Jadi, tidak melulu harus dilakukan secara langsung.

Seseorang bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang dituju. Misalnya, kepada orang tua maupun lembaga khusus yatim piatu.

  • Memberi Makanan pada Waktu Subuh

Tidak hanya uang, sedekah paling baik di waktu subuh juga bisa melalui makanan. Makanan tentu juga menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan ini.

Seseorang bisa memberikan makanan di waktu subuh sebagai kegiatan yang mulia. Makanan tersebut bisa diberikan ke tetangga maupun mereka yang di jalan.

  • Mengantarkan Bantuan Tertentu

Sedekah juga bisa dilakukan dengan mengantarkan bantuan tertentu kepada mereka yang membutuhkan.

Contohnya, bantuan untuk mereka yang mengalami tragedi bencana alam berupa logistik, pakaian, buku-buku pelajaran dan sebagainya.

Manfaat Sedekah Subuh

Sedekah subuh manfaat menghapus dosa

Perbuatan baik tentu juga akan memberikan manfaat baik bagi setiap pelakunya.

Seperti halnya sedekah. Sedekah yang dilakukan pada waktu sebelum matahari terbit ini memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh mereka yang memberikan, seperti:

  • Keinginan Mudah Terpenuhi

Manfaat nyata dari sedekah ini adalah hajat mudah terkabul. Setelah shalat subuh dan memasukkan sedekah ke kotak amal, seseorang bisa mendapatkan manfaat ini. Tidak perlu mencari anak yatim maupun orang miskin di saat shalat subuh.

Seseorang bisa langsung memasukkan sebagian harta yang dimiliki ke kotak amal yang tersedia. Isi kotak amal dengan sedekah sembari memanjatkan hajat.

Kemudian, bagi wanita yang sedang berhalangan shalat, sebaiknya dilakukan sebelum beraktivitas.

  • Agar keinginan cepat terpenuhi, tanam satu keinginan, satu sedekah

Ketika seseorang benar-benar ingin keinginannya dikabulkan, lebih baik berzakat sekali untuk satu keinginan.

Hal ini pun sudah banyak dibuktikan oleh umat muslim lainnya. Sedekah bisa dilakukan untuk orang tua, dibukakan pintu rezeki, dipermudah diberi keturunan, mencari jodoh dan lainnya.

Bahkan banyak juga yang melakukan sedekah ini agar permasalahan hutangnya lebih mudah terselesaikan.

Banyak penghafal Al-Qur’an juga menerapkan hal ini agar lebih cepat dalam menghafalnya.

  • Dosa-Dosanya Dihapus

Berikutnya, sedekah subuh yang dilakukan oleh seseorang juga bisa membuat dosa-dosanya terhapus.

Pastikan saat melakukan sedekah sudah menggunakan niat yang ikhlas dan tulus karena Allah SWT. Jangan sampai bersedekah hanya karena ingin dipuji oleh orang lain.

Hal semacam ini tentu termasuk perbuatan riya. Riya pun menjadi perbuatan yang sangat dilaknat oleh Allah SWT. Riya nantinya akan termasuk dalam kelompok orang munafik yang akan menerima azab di hari-hari terakhir.

  • Tolak Bala

Sedekah yang dilakukan di waktu subuh ternyata juga bagus untuk menolak bala. Sedekah yang dilakukan di waktu subuh dan belum melakukan berbagai aktivitas ini sangat ampuh untuk menghindarkan diri dari berbagai macam bencana maupun malapetaka.

Bahkan juga dianjurkan untuk orang-orang yang sakit melakukan sedekah sebagai obat terbaik. Sedekah mampu meredam murka Allah SWT dan menolak kematian yang buruk. Jadi, bersedekahlah dengan ikhlas, tulus dan sesuai kapasitas.

Prioritas Sedekah Subuh

Prioritas Sedekah Subuh

Pada dasarnya semua perbuatan dan amalan baik yang dilakukan semata-mata karena Allah SWT tentu memiliki keutamaan.

Salah satunya adalah ketika seseorang melakukan sedekah di waktu subuh. Keutamaan sedekah ini sungguh benar-benar bagus.

Hal ini akan membuat siapapun senang dan gemar melakukan sedekah paling baik ini. Terlebih lagi ketika sedekah ini dilakukan di bulan ramadhan.

Berapa banyak pahala yang bisa kamu tuai di bulan penuh kemuliaan ini? Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah yang dilakukan di waktu subuh

  • Malaikat Datang untuk Berdoa

Keutamaan bersedekah di waktu subuh adalah adanya dua malaikat yang datang dan mendoakan amalan tersebut. Salah satu malaikat akan berdoa agar Allah SWT mengganti sedekah dengan yang terbaik.

Sementara itu, malaikat lain berdoa agar Allah SWT membalas orang-orang yang menahan harta sedekah.

Maka barang siapa yang mengerjakan amal ini, maka dia akan didoakan oleh para malaikat agar rezekinya selalu lancar dan selalu berkah.

Tentu siapapun yang melakukan sedekah di waktu subuh ini akan merasa senang dengan doa-doa baik dari malaikat.

Sebaliknya, orang-orang yang menolak untuk bersedekah seperti ini, akan didoakan agar rezekinya ditahan.

  • Semua Permintaannya Dikabulkan

Keutamaan lainnya dari sedekah subuh adalah dikabulkan semua permintaan orang yang melakukannya.

Bersedekah di waktu ini adalah yang terbaik karena inilah waktu ketika permintaan maupun hajat seseorang cepat terkabul.

Hal ini juga pernah disampaikan oleh mendiang Syekh Ali Jaber.

Di waktu subuh, ada malaikat baik yang turun dari langit dan mendoakan segala yang baik-baik untuk pemberi sedekah. Karena itulah doa-doa baik bisa segera diijabah oleh Allah SWT. Sangat dianjurkan untuk umat muslim melakukan sedekah ini.

Bersedekah di waktu subuh yang diiringi dengan doa baik juga bisa membantu terkabulnya semua permintaan baik seperti memperlancar rezeki, mengangkat penyakit sampai mempermudah segala urusan seorang hamba.

  • Menghapus Dosa-Dosa

Di samping itu, juga masih ada manfaat lain dari sedekah yang dilakukan di waktu subuh. Manfaat sedekah ini tidak lain adalah bisa menghapuskan dosa-dosa sekaligus membawa ketenangan hati bagi siapa saja yang melakukannya.

Sedekah yang dilakukan di waktu subuh adalah sedekah yang paling baik dilakukan oleh umat muslim dimanapun berada. Sebab, sedekah ini mampu menghapus dosa dengan baik sebagaimana air yang memadamkan api membara.

Tidak perlu ragu untuk melakukan amalan ini. Keutamaan yang diberikan tentu benar-benar sungguh berharga. Sungguh sangat merugi orang-orang yang tidak mengerjakan sedekah di waktu yang sangat baik seperti ini.

  • Kekayaan Selalu Berkah

Tidak perlu takut harta akan berkurang ketika melakukan sedekah di waktu subuh. Pasalnya, dengan seseorang memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan di waktu utama seperti ini, maka hal ini akan membuat harta senantiasa semakin berkah.

Jadi, harta yang tersebut akan diganti menjadi berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT. Lantas, untuk apalagi meragukan janji Allah SWT? Namun, pastikan untuk melakukan sedekah di waktu subuh dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah SWT.

Lakukan sedekah dengan ikhlas dan tulus agar amalan sedekah ini bisa diterima dengan baik. Jadi, bukan hanya semata-mata ingin memperoleh imbalan berlipat dari-Nya saja, namun perlu senantiasa meluruskan niat dan tujuan.

  • Senantiasa Didekatkan dengan Pintu Surga

Saat seseorang melakukan sedekah baik ini, niscaya ia akan senantiasa didekatkan dengan pintu surga.

Hamba mana yang tidak senang mendapatkan pahala seperti itu dari Yang Maha Kuasa? Dengan bersedekah, seorang hamba juga bisa dijauhkan dari api neraka.

Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Sebab, bersedekah juga bisa dilakukan dengan bentuk non harta tidak seperti infak.

Bahkan hanya dengan sebiji kurma saja yang ia berikan dengan ikhlas dan tulus karena Allah ini sudah terhitung sedekah yang baik.

Nantinya, orang yang memberi atau mewakafkan harta di jalan Allah SWT, akan dipanggil masuk surga melalui pintu sedekah.

Tentu sebagai umat muslim kita harus tahu tentang apa sebenarnya tugas kita sebagai seorang hamba yang hidup di dunia ini.

Niat Subuh Sedekah

niat sedekah subuh
Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash

Sebelum melakukan sedekah terutama sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, tentu seseorang harus mengucapkan niatnya terlebih dahulu.

Dasar kegiatan bersedekah dengan niat baik dan bukan atas dasar paksaan atau intervensi dari pihak manapun. Niat sedekah ini yang harus dihafal adalah:

nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu’ alaihi wa salhu’ sallam wa idkholas muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

“Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Allah, menghindari api neraka, menyayangi saudara-saudara dan melanjutkan silaturrahim, membantu yang lemah, mengikuti Nabi, membawa kebahagiaan bagi saudara-saudara, menolak keturunannya dari mereka dan seluruh kaum muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan Allah, dan mengalahkan syahwat dan setan.”

Setelah seseorang mengucapkan niat sedekah ini, maka dianjurkan untuk langsung bersedekah. Hal ini agar amalan sedekah yang dilakukan bisa semakin sempurna.

Jangan lupa memohon kepada Allah SWT agar selalu menerima amalan yang diberikan dengan baik.

———–

Sedekah subuh menjadi amalan paling baik yang sebaiknya dilakukan oleh umat muslim. Sedekah ini dilakukan pada waktu usai shalat subuh maupun sebelum matahari benar-benar terbit.

Tentunya sedekah ini bisa memberikan manfaat dan keutamaan yang luar biasa baiknya.

Sahabat ingin melaksanakan amalan ini, yuk kunjungi kami di Yatim Mandiri dan ikuti program sedekah subuh di Yatim Mandiri.