Bacaan Doa & Dzikir Setelah Sholat Tahajud dan Manfaatnya

bacaan dzikir setelah sholat tahajud

Ketahui bacaan dzikir setelah sholat tahajud dan manfaatnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapat banyak keberkahan lainnya.


Sholat tahajud akan mendatangkan banyak sekali keutamaan dan manfaat bagi yang melakukannya. Apalagi jika ditambah dengan dzikir setelah sholat tahajud.

Amalan yang termasuk sunnah ini bisa menjadi salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Pencipta.

Meskipun termasuk amalan sunnah, mendirikan sholat tahajud dan melakukan amalan setelah sholat tahajud sangat dianjurkan dalam Islam.

Bagi orang-orang yang dengan ikhlas dan khusyuk menjalankan ibadah ini, surga adalah janji Allah SWT yang menanti dirinya.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan di malam hari, dengan syarat orang yang melakukan sholat tahajud harus sudah tidur terlebih dahulu.

Waktu untuk pelaksanaan sholat tahajud sendiri mulai dari setelah isya hingga mendekati waktu subuh.

Akan tetapi, waktu yang paling disarankan untuk melaksanakan sholat sunnah ini adalah di sepertiga malam terakhir.

Barangsiapa yang menjalankan sholat tahajud dan berdzikir di waktu tersebut, maka Allah SWT akan memberikan ampunan untuk dosa-dosanya dan mengabulkan apa yang menjadi hajatnya.

Bacaan dzikir setelah sholat tahajud yang dianjurkan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

  • Bertasbih dengan mengucapkan “Subhanallah” yang artinya Maha suci Allah, sebanyak 100 kali
  • Membaca kalimat tahmid yaitu “Alhamdulillah” yang artinya Segala puji bagi Allah, sebanyak 100 kali
  • Bertakbir dengan membaca “Allahuakbar” yang berarti Allah Maha Besar, sebanyak 100 kali
  • Membaca istighfar pendek yakni “Astagfirullah” yang artinya aku memohon ampun kepada Allah, sebanyak 100 kali
  • Juga membaca istighfar panjang yaitu “Astaghfirullah hal adzim aladzi laailaha illa huwal khayyul qoyyumu wa atuubu ilaiih”, yang artinya “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”.

Setelah membaca dzikir setelah sholat tahajud, baca juga do’a setelah sholat tahajud yaitu sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uzubika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfiru zunuba illa Anta.”

Berdzikir dan membaca do’a setelah sholat tahajud merupakan amalan setelah sholat tahajud yang baik untuk dilakukan.

Mengingat banyaknya manfaat bagi diri sendiri untuk di dunia dan di akhirat kelak, betapa ruginya orang-orang yang melewatkan amalan-amalan tersebut.

Manfaat Membaca Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir adalah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan terutama setelah sholat, baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah.

Berdzikir akan memberikan banyak manfaat bagi yang membacanya.

Beberapa di antara manfaat yang akan diperoleh seseorang yang berdzikir kepada Allah SWT adalah sebagai berikut:

1. Dilindungi oleh Allah SWT

Dzikir dapat menjauhkan seseorang dari berbagai keburukan dan bisa mendekatkan pada hal-hal yang baik. Dengan lisan yang rutin berdzikir mengagungkan Allah SWT, maka Allah SWT akan senantiasa menjaga orang tersebut dari hal-hal buruk.

Apabila seseorang ingin mendapatkan perlindungan dan rahmat dari Allah SWT, maka berdzikirlah sebab dengan dzikir seseorang akan lebih dekat kepada Allah SWT dan mendekatkan diri dari perlindunganNya. Hal ini juga dalam sebuah hadist yang berbunyi,

“Barang siapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut.” (HR. Ahmad 2/290).

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Seperti yang disampaikan sebelumnya kalua dzikir bisa membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Orang yang berdzikir akan selalu ingat kepada Allah SWT, ingat pada kebesaran-kebesaran Allah SWT dan mengingat kematian yang bisa datang kapan saja.

Dzikir pun merupakan salah satu amalan yang amat disukai oleh Allah SWT. Ini dapat dilihat dalam hadits berikut,

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Zikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

3. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Berdzikir adalah amalan setelah sholat tahajud yang dapat mendatangkan ketenangan hati dan pikiran. Salah satu keutamaan dari mendirikannya sholat tahajud pun adalah untuk mendamaikan hati dan pikiran yang gundah atau risau.

Oleh sebabnya, siapapun yang merasa ingin lebih tenang dan tentram hatinya, ada baiknya untuk mulai mencoba istiqomah menegakkan kembali sholat wajib dan menambahnya dengan sholat sunnah seperti sholat tahajud. Tak lupa juga untuk membaca dzikir setelah sholat tahajud.

Sebagaimana dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati pun menjadi lebih tenang. Ini dituliskan dalam salah satu ayat Al-Qur’an yakni surat Ar-rad ayat 28 yang berisi,

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

4. Menghapus Dosa

Orang-orang yang lisannya selalu digunakan untuk berdzikir, menyebut asma Allah, memuji Allah dan mengingat Allah, maka Allah akan hapuskan dosa-dosanya. Allah juga akan menjaminkan keselamatan bagi orang tersebut.

Selain itu, Allah juga akan menjauhkannya dari siksa yang keji. Ini disampaikan dalam sebuah hadist saat Mu’ad Ibn Jabal mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Anak Adam tidak pernah melakukan perbuatan yang membawa jaminan keselamatan kepadanya, dari hukuman Allah lebih dari mengingat Allah Swt.” (Shahih Al-Jaami 5633).

5. Allah SWT Janjikan Surga

Umat muslim mana yang tidak ingin masuk ke dalam surga? Surga merupakan tujuan akhir yang dinantikan oleh seluruh umat muslim yang hidup di dunia. Orang-orang yang berdzikir setiap hari, maka surga adalah tempat terbaik baginya.

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang yang meninggal di sore hari ketika mengucap dzikir di pagi hari, maka ia akan ditempatkan di surga. Demikian pula saat seseorang yang meninggal di waktu subuh sementara waktu malamnya digunakan untuk berdzikir.

Ini tertuang dalam hadits berikut,

“Barang siapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

Oleh sebabnya, ketika melaksanakan sholat sunnah tahajud di malam hari, jangan lupa untuk menutupnya dengan membaca bacaan dzikir setelah sholat tahajud. Maka apabila Allah SWT memanggil kita di pagi harinya, insha Allah surga akan menanti.

6. Amalan Favorit Rasulullah

Penasaran dengan amalan apa yang paling disukai oleh Rasulullah SAW? Dzikir adalah jawabannya. Lisan Rasulullah SAW selalu digunakan untuk berdzikir dan mengingat Allah, sepanjang hari dan sepanjang waktu.

Salah satu alasannya adalah dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk senantiasa berdzikir dan terus berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagai umat muslim yang juga merupakan umat Nabi Muhammad SAW, sudah sepatutnya kita meneladani apa yang diajarkan oleh beliau.

7. Membersihkan Hati

Hati dan pikiran manusia kerap “tercemar” apabila hanya memikirkan kehidupan duniawi saja. Berbeda dengan orang-orang yang hari-harinya dipenuhi dengan mengingat Allah SWT. Berdzikir dapat membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang kotor dan buruk.

Seperti Allah SWT menjauhkan orang-orang yang rajin berdzikir dari berbagai keburukan, dzikir pun dapat membersihkan dan mensucikan hati.

Alasannya tentu saja karena setiap kalimat yang diucapkan untuk berdzikir memiliki arti yang baik. Orang-orang yang rutin berdzikir tidak akan ingat untuk berucap buruk.

Berdzikir yang merupakan ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah SWT tentu saja akan membuat hati menjadi lebih bersih dan tidak sempat untuk dicemari oleh keburukan-keburukan yang dipengaruhi oleh jin maupun setan.

Melaksanakan sholat tahajud dan membaca dzikir setelah sholat tahajud, yang merupakan bagian dari amalan setelah sholat tahajud dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendatangkan ketenangan hati dan masih banyak keberkahan lainnya.

Selain berdzikir, amalan yang juga disukai oleh Allah SWT adalah bersedekah untuk anak yatim dan kaum dhuafa.

Yayasan Yatim Mandiri adalah salah satu LAZNAS yang siap untuk menyalurkan dana zakat, infaq, sedekah, waqaf dan dana halal lainnya yang ingin disumbangkan untuk anak-anak yatim dan dhuafa.

lembaga ini telah berdiri sejak tahun 1994 dan di tahun 2008 telah terdaftar di Depkumham sebagai salah satu lembaga pemberdaya anak yatim yang ada di Indonesia. Masyarakat pun bisa mendonasikan sebagian hartanya ke lembaga amil zakat nasional terpercaya ini.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.