Kampung Mandiri - Yatim Mandiri Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Indonesia
WA CENTER : 0811 1343 577
sahabat@yatimmandiri.org
Kampung Mandiri

Kesenjangan seringkali terjadi antara perkotaan dan pedesaan. Kurangnya pendidikan, serta akses bantuan untuk kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu penyebab banyak warga desa yang pindah ke kota.

Akibatnya potensi desa yang sesungguhnya melimpah dan bisa diolah untuk peningkatan kesejahteraan menjadi terbengkalai. Dilatarbelakangi hal tersebut, Yatim Mandiri merealisasikan program pemberdayaan berbasis kearifan lokal yakni “Kampung Mandiri”.

Kampung Mandiri merupakan pemberdayaan dalam wilayah desa dengan tujuan melakukan optimalisasi terhadap potensi agro di desa melalui intervensi pembentukan kelompok usaha bersama. Dengan ini diharapkan masyarakat memiliki sumber penghasilan yang berasal dari sekitar lingkungannya.

Aktivitas yang dilakukan mulai dari melakukan perencanaan potensi desa, survei calon mustahik, penyamaan visi misi kelompok, pembentukan kelompok, pelatihan, pembinaan rutin, penyaluran modal usaha bersama, serta pembentukan badan hukum.

Tujuan akhir program ini adalah memandirikan masyarakat desa dengan segala potensi yang ada untuk kemajuan daerah tersebut.


Donasi