Pemberdayaan

Daftar Cabang Lolos Grand Final Lomba Inovasi Pemberdayaan Yatim Mandiri 2023 

Surabaya, YM News – Yatim Mandiri sebagai salah satu lembaga filantropi Islam terus berikhtiar menghadirkan program kebaikan sebagai bagian dari upaya membangun kemandirian yatim dan dhuafa termasuk dalam inovasi program pemberdayaan.

Menyikapi hal tersebut, Yatim Mandiri mengadakan kegiatan Inovasi Pemberdayaan yang diperuntukkan bagi kantor cabang Yatim Mandiri di seluruh penjuru negeri untuk menghadirkan program terbarukan khususnya pemberdayaan bagi para mustahik atau masyarakat sekitar.

Kegiatan penilaian dan penjurian Lomba Inovasi Pemberdayaan Yatim Mandiri 2023 telah berlangsung pada Kamis hingga Ahad lalu (19-20/10/20230 dengan mendatangkan dewan juri yakni Sigit Iko Sugondo (Praktisi Pemberdayaan Ekonomi Regional) dan diikuti sebanyak 40 kantor cabang Yatim Mandiri secara daring atau virtual.

Berikut nama-nama cabang Yatim Mandiri yang terpilih dan berkesempatan untuk memaparkan inovasi pemberdayaan kepada sponsor dan mitra yang akan berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada Jum’at, 3 November 2023:

  • Yogyakarta

Wisata Kampung Mandiri Sidoharjo: Connecting People with The Nature and Culture

  • Sleman

Bank Sampah Bumi Sembada Syariah: Jadikan Sampah sebagai Ladang Pahala dan Tabungan

  • Pekalongan

Pemberdayaan Sosial Posyandu Terpadu Kelurahan Poncol, Kota Pekalongan

  • Makassar

Pesisir Mandiri: Pemberdayaan Budidaya Rumput Laut dan Pemuda Pesisir di Bulukumba

  • Bojonegoro

Penanggulangan Stunting melalui Pendekatan Siklus Kehidupan Manusia dan Support System Kesehatan

  • Madiun

Revitalisasi Peken Lawas Candimulyo

Apa Itu Program Inovasi Pemberdayaan Yatim Mandiri?

Inovasi Pemberdayaan merupakan sebuah kegiatan untuk mengembangkan atau menciptakan inovasi Program Pemberdayaan Yatim Mandiri. Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh perwakilan masing-masing cabang Yatim Mandiri di Indonesia. 

Usulan inovasi Program Pemberdayaan dari masing-masing cabang akan ditulis dalam sebuah proposal, dilengkapi dengan salindia dan poster. Kemudian, proposal atau usulan inovasi tersebut akan dilakukan penilaian tahap 1. Selanjutnya, akan dipilih 5 proposal atau usulan inovasi terbaik. Tahap terakhir, 5 tim tersebut akan mempresentasikan usulan inovasinya, penilaian 5 tim terpilih dilaksanakan secara langsung, sekaligus pemberian reward.

Sebagai Tindak Lanjut, pemenang Inovasi Pemberdayaan, usulan inovasinya akan didanai dan diimplementasikan menjadi program inovasi Pemberdayaan Yatim Mandiri. Harapannya, dari hadirnya inovasi Program Pemberdayaan Yatim Mandiri ini, dapat selaras dan turut mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 di bidang pengentasan kemiskinan dan mandiri ekonomi.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *