Kolaborasi

Sinergi Apik Yatim Mandiri dan Baznas Bangun Rumah untuk Warga Kulonprogo

Kulonprogo, YM NewsKamis lalu (7/3/2024), Yatim Mandiri Yogyakarta melaksanakan simbolisasi atas terwujudnya rumah Pak Jumat, warga Padukuhan Nglambur, Kalurahan Sidoharjo, Kabupaten Kulonprogo, sebagai salah satu penerima manfaat Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Baznas 2023 yang bekerja sama dengan Yatim Mandiri.

Proses assessment awal telah dilakukan sejak bulan Desember 2023, sementara proses peletakan batu pertama dimulai pada 21 Januari 2024. Proses pembangunan mengalami beberapa kendala akibat curah hujan tinggi yang menghambat pengiriman bahan material dan pelaksanaan pembangunan rumah.

Seluruh proses pembangunan, mulai dari pembukaan rumah, pembangunan pondasi, hingga pengecatan rumah, dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat. Gotong royong telah menjadi bagian dari tradisi yang akar kuatnya turun temurun di kalangan warga Nglambur, setiap kali ada warga yang membutuhkan bantuan atau mengalami musibah, seperti tanah longsor.

Gotong royong swadaya masyarakat menjadi salah satu faktor kesuksesan berdirinya rumah ini, dengan pendanaan yang berasal dari Program RTLH Baznas 2023. Pada Kamis (07/03), dilakukan penyerahan simbolis oleh Kepala Cabang Yatim Mandiri dan rombongan.

 Peresmian resmi direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, seiring dengan acara Gebyar Milad Yatim Mandiri yang memperingati 30 tahun perjalanan organisasi ini.

Arif selaku Staf Program Yatim Mandiri Yogyakarta  mengucapkan terimakasih kepada Baznas RI, para donatur, dan semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan pembangunan rumah ini. “Kami berharap semakin banyak masyarakat yang merasakan dampak positif dari zakat yang telah mereka tunaikan. Sehingga gerakan kebaikan ini dapat meringankan beban para mustahik yang membutuhkan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *