Relawan Kemandirian Jember Gelar Giat Pengabdian Masyarakat

Jember, YM News –  Relawan Kemandirian Jember mengadakan pengabdian masyarakat dengan berbagai kegiatan bertajuk “Rekan Mengabdi #3”, pada hari Jumat – Ahad (31-02/6/2024), dengan total penerima manfaat sebanyak 335 yatim dan dhuafa. 

Rekan Mengabdi adalah salah satu program dari relawan kemandirian Jember sejak tahun 2023 terakhir dan kini telah memasuki batch 3. Kegiatan ini berlangsung di Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember.

Kegiatan Bidang Kesehatan

Relawan Kemandirian Jember tengah periksa kesehatan warga Sidomulyo.

Salah satu kegiatan yang kita lakukan pada saat pengabdian yaitu cek kesehatan dimana dilakukan oleh tim kesehatan. Cek kesehatan yang kita lakukan meliputi tekanan darah, cek gula darah, asam urat, serta edukasi pemberian obat. Selama kegiatan berlangsung masyarakat sangat antusias dalam melakukan tes kesehatan.

Program ini kita berikan secara gratis tanpa ada pungutan biaya satupun sehingga dapat membantu masyarakat dalam pelayanan medis. Selain itu, adanya faktor akses pelayanan kesehatan yang jauh dan susah didapatkan  dari perkampungan sehingga dari hasil beberapa pemeriksaan banyak sekali masyarakat yang terkena paparan penyakit begitu serius. 

Salah satunya yaitu diabetes melitus, hipertensi, bahkan ada yang terkena stroke. Kita berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin supaya dapat membantu masyarakat melalui edukasi mengenai pemberian obat ataupun obat tradisional..

Kegiatan Bidang Sosial

Rekan Jember bidang sosial tengah bersiap membersihkan masjid.

1. Pengabdian

Rekan mengabdi adalah kegiatan yang dilakukan oleh rekan jember dengan beberapa kegiatan salah satunya pengabdian kepada masyarakat, yang mana dalam waktu yang sudah ditentukan kegiatan rekan yang mengabdikan diri harus mengikuti setiap kegiatan masyarakat yang ditempati. Relawan yang terlibat berjumlah 6 orang.

2. Gersid

Kegiatan Divisi sosial juga melakukan gersid (gerakan bersih masjid) untuk 2 masjid di dusun merawan dan dusun tanah manis yang dilakukan oleh Beberapa relawan.

3. Tausiyah

Kegiatan Rekan mengabdi juga melakukan kegiatan tausiyah dengan mendatangkan mubaligh dari komunitas dakwah Al-Wafa, untuk menyampaikan tausiyahnya kepada masyarakat Dusun merawan dan dusun Tanah Manis.

4. Bantuan Langsung Mustahik

Bantuan Langsung Mustahik juga dilakukan didalam rekan mengabdi dengan 2 penerima manfaat, 1 penerima manfaat di dusun Mrawan dan 1 di dusun tanah manis

Kegiatan Bidang Pendidikan

Keakraban Rekan Jember dengan siswa SDN Sidomulyo 2.

Kegiatan Bidang Pendidikan meliputi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 yang diikuti oleh seluruh warga sekolah dan juga peserta serta panitia Rekan Mengabdi, dilanjutkan dengan Rekan Goes to School batch #18 yang dilaksanakan di SDN Sidomulyo 2.

Kegiatan dilanjutkan dengan outbound di hari ketiga pengabdian yang diikuti seluruh peserta Rekan Mengabdi dan juga anak-anak sekitar kampung dusun Mrawan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.