Kesehatan

Healthy Sunday : Sarana Lebih Dekat dengan Yatim dan Lansia Dhuafa Banyuwangi

Banyuwangi, YM NewsDalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, Yatim Mandiri Banyuwangi telah sukses menyelenggarakan acara “Healthy Sunday” di desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 16 Juli 2023 lalu. Acara ini tidak hanya didukung oleh Yatim Mandiri Banyuwangi saja, tetapi juga melibatkan kerjasama dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Banyuwangi Gombengsari dan Klinik Kesehatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi.

“Healthy Sunday” menawarkan serangkaian kegiatan yang bervariasi, yang bertujuan untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya yatim dan lansia dhuafa di wilayah tersebut. Kegiatan dimulai dengan senam ceria pada pagi hari, yang menjadi ajang bagi para peserta untuk menjaga kesehatan fisik dan meningkatkan rasa kebersamaan melalui gerakan-gerakan senam yang menyenangkan dan menghibur.

Selain senam ceria, “Healthy Sunday” juga menyediakan fun games yang meriah, yang melibatkan partisipasi aktif dari warga setempat. Berbagai permainan kreatif dan seru disiapkan sebagai hiburan dan sarana untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga. Selama acara ini, senyum dan tawa terdengar dari setiap sudut, mencerminkan kebahagiaan dan kegembiraan yang terpancar dari hati para peserta.

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi, acara juga menyediakan edukasi tentang gosok gigi yang benar. Tim medis yang terlibat dalam kegiatan ini memberikan pengetahuan dan panduan tentang praktik kebersihan gigi yang tepat kepada masyarakat. Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan gigi dan mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius di kemudian hari.

Tak hanya itu, “Healthy Sunday” juga memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan fisik peserta dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, khususnya pemeriksaan gula darah dan asam urat. Tim medis yang terlatih dan berpengalaman dari Klinik Kesehatan Stikes Banyuwangi memberikan pelayanan medis ini dengan sepenuh hati, memastikan bahwa setiap peserta mendapatkan perawatan yang berkualitas.

Selain layanan kesehatan, “Healthy Sunday” juga menyediakan bantuan paket gizi untuk yatim piatu dan lansia dhuafa. Paket gizi ini berisi makanan bergizi yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan mereka. Pemberian paket gizi ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi yang dihadapi oleh keluarga yatim piatu dan lansia dhuafa, serta memberikan asupan gizi yang cukup bagi mereka.

Neni Nur Aini, selaku Staf Program Yatim Mandiri Banyuwangi, menyatakan bahwa “Healthy Sunday” adalah bentuk nyata dari kepedulian dan rasa empati terhadap sesama. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan, serta menginspirasi lebih banyak orang untuk berkontribusi dalam upaya membantu sesama dan menciptakan masyarakat yang lebih peduli dan berdaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *