Berita

Hadirkan Sekolah Efektif, Membangun Pendidikan Anak Di Era Disrupsi

Sidoarjo, YM News – New Sigma Institute melalui Lembaga Pendidikan Yatim Mandiri menggelar Seminar Sekolah Efektif dengan tema utama “Pendidikan Anak di Era Disrupsi”. Acara yang berlangsung di Graha Yatim Mandiri Lt.7, Kampus Kemandirian Sidoarjo pada Sabtu, 17 Februari 2024 ini menarik perhatian sekitar 100 lebih peserta, terdiri dari guru dan praktisi pendidikan di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya.

Andriyas Eko V. Direktur Utama Laznas Yatim MandiriDr. Tirto Adi, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, serta Dr. Margono, Kepala Lembaga Pendidikan Yatim Mandiri, hadir sebagai pembicara utama dalam seminar ini. Dengan pengalaman dan wawasan yang dimiliki, kedua tokoh pendidikan ini memberikan pandangan yang berharga tentang tantangan dan strategi dalam membangun pendidikan di tengah era disrupsi saat ini.

Salah satu hal utama yang dibahas dalam seminar adalah konsep Merdeka Belajar. Dr. Tirto Adi menjelaskan bahwa Merdeka Belajar menjadi konsep penting dalam menghadapi perubahan zaman. Melalui pendekatan ini, pendidik dituntut untuk melakukan inovasi dan memberikan ruang yang lebih besar bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara mandiri. Ini sesuai dengan tuntutan zaman di mana kreativitas, kemandirian, dan kemampuan beradaptasi menjadi kunci keberhasilan.

Selain itu, Dr. Margono juga menyampaikan kiat-kiat penting dalam mendidik anak di era disrupsi, bahwa kita tidak boleh meninggalkan prinsip pendidikan karakter dalam menghadapi era disrupsi saat ini. Selain menguasai kompetensi akademik dan keterampilan teknis dan serta teknologi, pembentukan karakter yang kuat juga merupakan hal yang sangat penting. Di tengah arus informasi yang begitu cepat dan beragam, nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, kerjasama, dan empati menjadi fondasi yang tidak boleh diabaikan.

Menanggapi kegiatan seminar ini, Andriyas Eko selaku Ketua New Sigma Institute menyampaikan, “Kami sangat senang melihat antusiasme dari para pendidik dalam mengikuti acara ini. Pendidikan merupakan pondasi utama dalam mempersiapkan generasi masa depan. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi, kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan para praktisi menjadi kunci dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan relevan.” ungkapnya.

Seminar ini juga memberikan platform bagi para peserta untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman. Melalui pertukaran gagasan dan praktik terbaik, diharapkan dapat tercipta sinergi yang memperkuat upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Whatsapp Image 2024 02 17 At 09.12.09 (1)Kegiatan seminar ini menjadi langkah awal yang penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya pendidikan yang efektif di era disrupsi. Dengan terus mengadakan forum diskusi dan pelatihan yang relevan, diharapkan akan muncul inovasi-inovasi baru yang dapat menjawab tantangan pendidikan masa kini dan masa depan yang efektif dan relevan.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *