Kapan Waktu Sholat Dhuha Terbaik? Cek Waktunya Sesuai Sunnah

Melaksanakan sholah dhuha di waktu sholat dhuha yang terbaik dan sesuai sunnah akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan keutamaan. Lalau kapan waktu terbaiknya? Baca sampai selesai artikel berikut.


Umat muslim pasti sudah sering mendengar bahwa sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang paling dianjurkan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang muslim ketika rajin menegakkan sholat dhuha ini.

Pertanyaannya, kapan waktu sholat dhuha yang tepat dan terbaik?

Mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha tentu agar orang yang mengerjakan sholat dhuha mendapatkan pahala yang sempurna.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui waktu haram mengerjakan sholat dhuha. Kapan sajakah itu? Simak jawabannya dalam artikel ini!

Sholat Dhuha

sholat dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang biasanya dikerjakan di pagi hari ketika matahari terbit setelah sholat subuh.

Sholat dhuha bisa dikerjakan mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat dan 12 rakaat.

Bagi yang mengerjakan sholat dhuha meskipun hanya 2 rakaat, akan ada banyak keutamaan yang didapatkan.

Sholat sunnah sendiri dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan setiap hari. Meskipun jika tidak dikerjakan pun tidak akan mendapat dosa, namun banyak sekali keberkahan di dalam sholat dhuha yang sayang untuk dilewatkan oleh umat muslim.

Tata cara pelaksanaan sholat dhuha sebenarnya tidak berbeda dengan sholat sunnah yang lainnya seperti sholat tahajud. Semua diawali dengan niat untuk melaksanakan sholat dhuha. Pada saat melaksanakan sholat dhuha, dianjurkan untuk membaca surat Ad-Dhuha dan As-Syams.

Namun, selain kedua surat tersebut diperbolehkan membaca surat pendek lainnya juga yang berada di dalam Al-Qur’an. Setelah melaksanakan sholat dhuha, berdoalah dengan penuh pengharapan dan keikhlasan.

Sesungguhnya salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a adalah setelah menunaikan sholat dhuha. Ini adalah salah satu keutamaan sholat dhuha di antara banyak keutamaan lainnya. Keutamaan ini tentu bisa diperoleh jika menunaikan sholat di waktu sholat dhuha yang terbaik.

Keutamaan Sholat Dhuha

keutamaan sholat dhuha

Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan. Semua keutamaan sholat dhuha tertulis dalam hadist yang shahih. Salah satunya adalah dibukanya pintu rezeki sehingga orang yang menunaikan 4 rakaat sholat dhuha akan dicukupkan rezekinya di hari tersebut.

Selain itu, dengan menjalankan sholat dhuha pahala yang didapatkan sama dengan orang yang menunaikan ibadah haji atau umroh. Masha Allah, setiap muslim pasti ingin berkunjung ke tanah suci dan bersujud di depan ka’bah.

Namun, jika belum berkesempatan dan mendapatkan panggilan untuk berangkat haji atau umroh, umat muslim bisa mencari pahalanya dengan merutinkan ibadah sholat dhuha.

Keutamaan sholat dhuha yang lainnya antara lain:

1. Dosa-dosa yang Ada Diampuni

Umat muslim mana yang tidak ingin seluruh dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT? Semua makhluk Allah SWT pasti ingin dirinya kembali bersih dan suci mengingat betapa banyak dosa yang telah diperbuat selama hidup.

Sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang dapat menghapus banyaknya dosa-dosa dalam diri seseorang. Hadist Tirmidzi menyebutkan bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa orang yang menjalankan ibadah sholat dhuha dengan tekun, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.

2. Pengganti Ibadah Sedekah

Bersedekah di saat sempit dan kekurangan saja dianjurkan oleh Allah SWT, apalagi jika seseorang dalam keadaan lapang. Sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi lebih miskin, melainkan sebaliknya. Sedekah justru menjadi pembuka banyak pintu rezeki.

Dalam hadist riwayat Muslim disebutkan bahwa menunaikan sholat dhuha sebanyak 2 rakaat bisa menjadi pengganti dari ibadah sedekah. Baik itu sedekah harta, sedekah dzikir maupun sedekah dalam hal ketaatan dan menjauhi kemungkaran.

3. Disiapkan Allah Istana di Surga

Hadits Tirmidzi dan Ibnu Majah mencatat bahwa barangsiapa yang menunaikan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat, maka Allah akan membangun sebuah istana yang indah untuk hambaNya tersebut.

Waktu Sholat Dhuha Terbaik

waktu sholat dhuha

Bagi umat muslim yang baru ingin mencoba untuk merutinkan ibadah sholat dhuha dan masih bingung kapan waktu terbaiknya, simak jawaban berikut!

Waktu sholat dhuha terbaik adalah saat matahari sudah terbit sepenuhnya. Menurut kebanyakan para ulama, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat dhuha adalah mulai dari sejak 15 menit setelah matahari terbit secara utuh.

Dari apa yang disampaikan para ulama perihal waktu awal pelaksanaan sholat dhuha tersebut, disimpulkan bahwa sholat dhuha sudah bisa dilaksanakan mulai pukul 08.00.

Waktu sholat dhuha sendiri berakhir sebelum matahari mulai tergelincir ke arah barat. Batasnya adalah sekitar 30 menit menjelang adzan dzuhur berkumandang. Sebaiknya, jika ingin melaksanakan sholat dhuha paling lambat di jam 11.00.

Dengan menunaikan sholat dhuha di waktunya yang tepat, maka insha Allah siapapun akan merasakan manfaatnya. Salah satu keutamaan sholat dhuha yang telah disebutkan sebelumnya yakni agar rezeki dan urusan di hari tersebut menjadi lancar.

Meluangkan waktu sejenak di sela-sela kegiatan bekerja untuk menunaikan ibadah sholat dhuha tentu tidak akan menghambat kesibukan duniawi. Memprioritaskan ibadah di atas kesibukan pekerjaan justru akan mempermudah umat muslim agar langkahnya menjadi lebih ringan.

Apabila umat muslim baru tergerak untuk menjalankan ibadah sholat dhuha ini, jangan takut terlambat karena selama Allah SWT masih memberikan nafas kehidupan untuk umatNya, maka pintu taubat akan selalu terbuka.

Waktu Haram Mengerjakan Sholat Dhuha

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk menunaikan sholat dhuha, jangan ketinggalan untuk mengetahui kapan saja waktu haram mengerjakan sholat dhuha. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menyampaikan ada tiga waktu yang diharamkan untuk sholat dhuha.

Pertama adalah setelah waktu sholat subuh hingga pada saat matahari masih berada dalam fase terbitnya. Ini berarti, perhatikan posisi matahari apabila ingin menunaikan sholat dhuha di awal waktunya. Pastikan matahari benar-benar sudah terbit secara utuh.

Kedua adalah ketika akan memasuki waktu dzuhur atau saat matahari sudah mulai tergelincir ke arah barat. Intinya adalah pelaksanaan sholat dhuha sudah boleh dimulai ketika matahari terbit sempurna dan selama posisinya masih berada di timur.

Waktu ketiga adalah ketika matahari hampir terbenam. Ketiga waktu ini merupakan waktu di mana setan akan datang mendekat seperti yang tertulis dalam hadist,

Amalan Lain yang Membawa Umat Muslim ke Surga

Selain menunaikan ibadah wajib dan sunnah, hal yang dapat mengantarkan umat muslim untuk masuk ke dalam surga adalah dengan rajin bersedekah dan membelanjakan hartanya untuk anak-anak yatim yang kurang mampu dengan mengharap ridho Allah SWT.

Yayasan Yatim Mandiri adalah yayasan yang bergerak di bidang sosial terutama untuk anak-anak yatim dhuafa di mana yayasan ini menerima bantuan berupa sedekah, infaq, waqaf dan juga zakat. Tak hanya itu, lembaga ini juga menerima dana lain yang halal, legal, baik dari perorangan maupun kelompok.

Menyumbangkan sebagian harta yang sejatinya memang hak orang lain yang tidak mampu adalah salah satu jalan untuk menuju surganya Allah SWT. Menyumbangkan dana melalui LAZNAS yang resmi seperti Yayasan Yatim Mandiri adalah sebuah keputusan yang bijaksana.

Melaksanakan sholat dhuha di waktu terbaik sholat dhuha sesuai sunnah akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan keutamaan. Waktu sholat dhuha terbaik adalah mulai pukul 08.00 – 11.00, sedangkan waktu haram mengerjakan sholat dhuha ada tiga seperti yang dijelaskan di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up