Niat Sholat Tahajud, Keutamaan, Doa dan Tata Caranya

sholat tahajud

Sholat sunnah memang tidak wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Akan tetapi, ada satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dijalankan bahkan kalau bisa jangan sampai terlewatkan, sholat tahajud. Sebagian pembaca pasti pernah mendengar dahsyatnya keajaiban sholat tahajud.

Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunnah yang paling utama dibandingkan sholat sunnah lainnya. Sholat ini pun menjadi satu-satunya sholat sunnah yang dituliskan dalam Al-Qur’an. Oleh karena keistimewaannya, mari simak informasi lengkap mengenai sholat tahajud dalam artikel ini.

Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sholat sunnah tahajud sering juga disebut dengan sholat malam. Sholat ini memang dilaksanakan di malam hari setelah tidur. Waktu untuk menjalankan sholat sunnah tahajud cukup panjang yakni mulai dari setelah isya hingga sebelum masuk ke waktu sholat subuh.

Adapun waktu yang paling diutamakan untuk melaksanakan sholat sunnah ini adalah di sepertiga malam terakhir. Walaupun sholat sunnah tahajud juga disebut dengan sholat malam atau qiyamul lail, namun tidak semua sholat malam adalah sholat tahajud.

Hal ini perlu diingat, sebab apabila seorang muslim tertidur dan bangun kemudian mendirikan sholat sunnah dengan niat bukan untuk tahajud, maka orang tersebut tetap disebut menjalankan qiyamul lail. Maka dari itu, sholat tahajud terlaksana jika memang seseorang berniat sebelum memulai sholat.

Apabila seseorang terjaga hingga tengah malam dan melakukan sholat sunnah sementara ia belum tertidur walau sebentar pun ia tidak terhitung menjalankan sholat sunnah tahajud. Sholat yang dilakukannya berarti sholat sunnah biasa di malam hari.

Jadi, kunci agar sholat tahajud bisa terlaksana adalah harus tidur malam dulu walaupun sebentar dan terbangun lagi di tengah malam. Adapun sholat sunnah tahajud dilakukan sebanyak minimal dua rakaat dan maksimal semampunya.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud

Apakah tata cara sholat sunnah tahajud berbeda dengan sholat sunnah lainnya? Bagaimana tata cara sholat sunnah tahajud yang benar? Sebelum berfikir tentang bacaan sholat sunnah tahajud, hal pertama yang harus direncanakan adalah bagaimana agar bisa terbangun di tengah malam.

Atur waku agar bisa terbangun di tengah malam atau dini hari untuk melaksanakan  sholat sunnah yang penuh kemuliaan tersebut. Bisa dengan menyalakan alarm atau dengan meminta bantuan orang rumah untuk mengingatkan.

Untuk mendapatkan keutamaan sholat sunnah tahajud, lakukanlah di sepertiga malam terakhir. Maka atur waktu agar bisa terbangun di jam tersebut. Menghilangkan rasa malas juga menjadi salah satu tugas yang berat sebelum menunaikan sholat sunnah tahajud.

Untuk sholat tahajud, bisa dilakukan minimal dua rakaat dengan satu rakaat sholat witir. Bisa juga delapan hingga sepuluh rakaat dengan sholat witir rakaat ganjil.

Bagi yang ingin melaksanakan sholat sunnah ini lebih dari dua rakaat, pelaksanaan dilakukan dengan dua rakaat salam, dua rakaat salam dan seterusnya. Sebelum melaksanakan sholat sunnah tahajud, terlebih dahulu mengambil wudhu untuk memenuhi syarat sah sholat.

Tata cara sholat sunnah tahajud bisa dilakukan sebagaimana tertera di bawah ini:

  • Niat untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud
  • Takbiratul ihram
  • Membaca do’a iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Melakukan rukuk
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua
  • Duduk tasyahud akhir
  • Diakhiri dengan salam

Pada saat melaksanakan sholat sunnah tahajud, disarankan untuk membaca dua surat dalam Al-Qur’an yakni Al-Lail dan juga Al-Fajr. Setelahnya, bisa membaca surat lainnya yang ada di dalam Al-Qur’an.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

sholat tahajud

Membaca niat sholat tahajud sangatlah penting. Sebab tidak akan sah sholat seseorang apabila tidak membaca niat sebelumnya. Ada baiknya sebelum menunaikan sholat sunnah tahajud, niatkan dahulu di dalam hati untuk melaksanakan sholat tersebut dan berapa rakaat.

Jangan lupa pula untuk memantapkan diri akan tujuan dari melaksanakan sholat di tengah malam tersebut. Bacaan niat sholat tidak perlu diucapkan keras-keras, cukup dilakukan di dalam hati.

Berikut ini adalah bacaan niat sholat sunnah tahajud:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya: Aku niat sholat tahajud dua rakaat sunnah karena Allah Ta’ala

Setelah selesai melaksanakannya ada baiknya untuk melakukan dzikir setelah sholat tahajud agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Adapun bacaanya sebagai berikut

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا

(Robbi adkhilnii mudkhola shidqin wa akhrijnii mukhroja shidqin waj’allii min ladunka sulthoonann nashiiroo)

Artinya: Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk ya ng benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

 

Keutamaan

Sholat sunnah tajahud adalah satu-satunya sholat sunnah yang difirmankan Allah SWT dalam Al-Qur’an. Tentu saja ini berarti sholat sunnah tahajud memiliki keutaman dan kemuliaannya jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh umat muslim.

Keajaiban sholat tahajud pun banyak disebutkan dalam buku-buku agama Islam. Memang, sholat tahajud menyimpan kemuliaan, kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan yang hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang istiqomah menjalankannya.

Adapun keutamaan sholat sunnah tahajud adalah sebagai berikut:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT.

Keutamaan sholat sunnah tahajud yang pertama adalah membuat seseorang menjadi lebih dekat kepada Sang Penciptanya yaitu Allah SWT. Malam hari, tepatnya di tengah malam adalah waktu yang tepat untuk berdo’a dan mengadu kepada Allah SWT mengenai apa-apa yang telah terjadi.

Di malam hari yang sunyi pun, menjadi momen yang tepat bagi umat muslim untuk benar-benar khusyuk menjalankan ibadah tanpa memikirkan kehidupan duniawi. Jika pagi hingga sore hari sudah sibuk bekerja, maka saat menjalankan sholat sunnah tahajud adalah saat yang tepat meningkatkan kualitas ibadah.

Rasulullah pun pernah meriwayatkannya dalam hadist sebagai berikut:

“Kamu harus melakukan sholat malam karena sholat malam adalah kebiasaan orang-orang saleh di hadapanmu, ibadah yang mendekatkan diri dengan Tuhanmu, dan menutupi rasa bersalah dan menghapus.” (Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

2. Menempatkan Seseorang di Tempat yang Terpuji bagi Allah SWT.

Manfaat dari sholat tahajud yang berikutnya adalah mengangkat seseorang ke tempat yang lebih terpuji. Ini merupakan janji dari Allah SWT bagi orang-orang yang melaksanakan sholat sunnah tahajud dengan khusyuk dan penuh pengharapan ridho dari Allah SWT.

Menjadi seseorang yang ditempatkan di tempat terpuji di sisi Allah adalah keinginan dari semua umat muslim. Tentu saja umat muslim yang taat ingin diangkat derajatnya dan masuk ke dalam golongan orang-orang terpuji yang dirahmati Allah SWT.

Karena Allah SWT telah membukakan jalan untuk umatNya bisa menduduki tempat yang terpuji tersebut, maka hendaklah sebagai muslim yang taat, kita tidak ragu untuk memperbanyak ibadah sholat sunnah tahajud.

Adapun Allah SWT berfirman dalam surat Ad-Dzariyat ayat 15 hingga 18 sebagai berikut:

“Sungguh, orang-orang yang bertakwa akan berada di dalam taman-taman (surga dan mata air. Mereka mengambil apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka. Memang, mereka sebelumnya adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka biasa tidur sedikit di malam hari. Dan pada jam-jam sebelum fajar, mereka akan memohon ampun.”

3. Waktu Mustajab untuk Berdo’a

Bagi orang-orang yang ingin do’anya cepat terkabul, hendaklah mencoba untuk rutin melaksanakan sholat sunnah tahajud. Sholat ini bisa dilakukan minimal dua rakaat saja, setelahnya hamba Allah bisa berdo’a dan memohon apapun keinginannya.

Selain berdo’a untuk hal-hal yang bersifat duniawi, ada baiknya untuk mengutamakan juga berdo’a demi keselamatan di akhirat kelak. Berdo’a di sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab dan tidak ada penghalang do’a tersebut untuk sampai kepada Allah SWT.

Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim yakni,

“Setiap malam Allah SWT turun ke surga terendah ketika sepertiga malam tersisa dan berkata:’Siapakah yang akan memanggil-Ku, sehingga Aku dapat menjawabnya? Siapa yang akan meminta kepada-Ku, agar Aku memberikannya? Siapakah yang akan mencari pengampunan-Ku, sehingga Aku dapat memaafkannya?”

Inilah salah satu keajaiban sholat tahajud yang bisa menambah semangat umat muslim untuk melakukan sholat sunnah di tengah malam ini.

4. Menjauhkan Diri dari Gangguan Setan

Setan adalah makhluk Allah yang diciptakan dari api. Setan selalu berusaha untuk mengganggu keimanan anak cucu Adam hingga hari kiamat tiba. Maka tak heran, setan akan membuat manusia malas dan jauh semakin dari sholat sunnah tahajud.

Ada banyak cara yang dilakukan setan untuk membujuk manusia agar lalai dan melupakan hal-hal yang diperintahkan dan dianjurkan Allah SWT. Misalnya saja, ketika seseorang sudah terbangun tengah malam, setan akan membisikan ke telinganya untuk kembali tidur karena lelah seharian bekerja.

Setan juga bisa mendistraksi manusia dengan hiburan-hiburan yang bersifat duniawi yang akan membuat manusia lupa dan berujung lalai tugasnya sebagai hamba Allah SWT. Oleh karenanya, menguatkan tekad untuk bangun dan melaksanakan sholat sunnah tahajud dapat menjauhkan manusia dari gangguan setan.

Hadist riwayat Muslim mengatakan sebagai berikut,

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing berkata, ‘Kamu masih punya malam yang panjang, pergi tidur!’ Jika dia bangun dalam nama Tuhan, maka sebuah ikatan dilepaskan. Jika dia berwudhu, maka lepas ikatan berikutnya. Dan jika dia melakukan shalat, maka biarkan satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya dia menjadi rajin, begitu juga dengan jiwanya. Jika tidak, keesokan harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi malas. ”(H.R Muslim)

5. Mangusir Malas dan Nafsu

Salah satu cara terbaik apabila seorang muslim ingin mengusir rasa malas yang ada di dalam dirinya dan menjauhkan dirinya dari hawa nafsu adalah dengan menjalankan sholat tahajud secara rutin. Sholat tahajud yang dilakukan saat dini hari akan membuat manusia lebih siap menghadapi kesehariannya.

Nafsu merupakan salah satu godaan terbesar umat muslim. Selain setan yang terus membisikan untuk menjauhi diri dari Allah SWT, hawa nafsu yang sulit terkontrol pun akan menjerumuskan seseorang ke dalam jurang kemaksiatan.

Dengan menegakkan sholat sunnah tahajud di tengah malam, orang tersebut terbukti bisa mengusir rasa malasnya dan godaan untuk terus tidur karena malam yang dirasa masih panjang. Tentunya ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memprioritaskan agama Islam di atas kehidupan dunianya.

6. Menjadi Seseorang yang Rendah Hati

Keajaiban sholat tahajud lainnya adalah dapat membuat seseorang menjadi rendah hati. Orang yang istiqomah dalam menjaga sholat sunnah tahajudnya akan mendapatkan ketentraman hati dan menjadikannya lebih tenang serta rendah hati dalam bermasyarakat.

Ini dilandasi oleh firman Allah sebagaimana yang tertuang dalam surat Al-Furqan ayat 63 dan 64,

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pemurah adalah mereka yang berjalan di bumi (dalam) kerendahan hati dan ketika orang-orang bodoh menyapa mereka dengan kata-kata yang menghina, mereka mengucapkan salam. Dan mereka yang menghabiskan waktu malam di hadapan Tuhan mereka, bersujud dan berdiri. ”

Orang-orang yang menjaga sholat sunnah tahajudnya akan lebih disenangi karena kepribadiannya yang lemah lembut, baik hati dan meletakkan kepentingan orang lain yang kesulitan dibanding kepentingannya sendiri.

Sebenarnya hal ini dapat terlihat dalam bagaimana orang-orang yang rajin melaksanakan ibadah tersebut bermasyarakat. Orang-orang yang mendekatkan dirinya kepada Alah SWT melalui sholat sunnah tahajud maka memiliki aura yang lebih tenang dan rendah hati.

7. Memberikan Rasa Aman

Bagi orang yang sedang merasa risau dan galau hatinya, cobalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan jalan sholat sunnah tajahud. Di sepertiga malam terakhir, berceritalah pada Allah SWT mengenai semua keluh kesah dan rasa gundah yang dirasakan.

Mintalah agar Allah senantiasa memberikan ketenangan dan rasa aman dalam diri. Yakinkan pula pada diri sendiri bahwa keberadaan Allah SWT itu dekat. Maka insha Allah dengan seizin Allah SWT, hati akan menjadi lebih tentram dan aman.

Dalam sebuah hadist juga disampaikan,

“Saya telah memberinya apa yang dia harapkan (tujuan) dan memberikan rasa aman dari apa yang dia takuti.” (HR Ahmad)

8. Menjaga Keindahan Paras Wajah

Keajaiban sholat tahajud yang lain adalah dapat membuat wajah perempuan lebih cantik dan laki-laki menjadi lebih tampan. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadist,

“Barang siapa banyak melakukan shalat malam, maka wajah akan terlihat tampan atau cantik di siang hari.” (HR Ibnu Majah)

Tahajud ibaratkan terapi, tidak perlu memikirkan bagaimana cara untuk menjaga kecantikan dan ketampanan alami wajah dengan jalan mengubah apa yang Allah SWT berikan. Sholat sunnah tahajud secara rutin dapat memancarkan keindahan paras wajah.

Membuat wajah menjadi lebih cantik dan tampan melalui sholat tahajud tidak membutuhkan uang sama sekali. Allah SWT tidak memungut biaya sepeserpun dari hambaNya. Bahkan Allah SWT memberikan imbalan berupa kecantikan dan ketampanan tak terbatas fisik saja melainkan juga bathinnya.

Tentunya sebagai umat muslim yang taat, kecantikan dan ketampanan paras bukanlah sesuatu yang menjadi prioritas untuk dikejar. Namun kecantikan dan ketampanan bathinlah yang harus diusahakan.

9. Menjaga Kesehatan

Sholat sunnah tahajud setiap malam juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Orang yang rutin menjalankan sholat sunnah tahajud maka insha Allah akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Orang yang sedang sakit pun dianjurkan untuk melaksanakan sholat ini semampunya.

Hal tersebut adalah karena sakit merupakan pengugur dosa, dengan menjalankan sholat sunnah tahajud atas izin Allah maka penyakitnya tersebut dapat berkurang atau terobati. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist yakni sebagai berikut:

“Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih di hadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi)

Rutin melakukan sholat sunnah tahajud akan sangat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dari segala macam jenis penyakit.

10. Dispesialkan oleh Allah SWT.

Allah SWT Maha Dekat lagi Maha Penyayang pada semua makhluk ciptaanNya. Akan tetapi, apabila umat muslim ingin menjadi special di mata Allah SWT maka rutinkanlah sholat tahajud. Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan khusyuk menikmati waktu ibadah.

Adapun Allah SWT telah berfirman dalam surat At-Tur ayat 48-49 yang isinya,

“Jadi bersabarlah, karena Perintah (dari) Tuhanmu, karena sesungguhnya, kamu ada di Mata Kami. Dan muliakanlah pujian (dari) Tuhanmu ketika kamu bangun, Dan pada malam hari, muliakan Dia, dan setelah bintang-bintang. ”

Masha Allah, sayang sekali jika melewatkan momen untuk bisa menjadi seseorang yang spesial di mata Allah SWT. Menjadi orang yang dispesialkan oleh Allah SWT adalah impian dari semua umat muslim. Adapun tujuan manusia hidup di dunia ini tak lain adalah untuk menyembah Allah SWT.

Tentu saja kita ingin kembali ke Sang Pemilik dengan keadaan sebaik-baiknya dan disambut dengan baik pula oleh Sang Pemilik diri ini.

11. Mencegah dari Perbuatan Dosa

Salah satu manfaat dari sholat sunnah tahajud yang sudah disebutkan sebelumnya adalah menjauhkan diri dari godaan setan dan hawa nafsu. Ini berkaitan dengan pencegahan terhadap perbuatan dosa dan keji yang dilarang oleh Allah SWT.

Dengan menjaga sholat sunnah tahajud di setiap malam, maka orang tersebut akan terjaga dari niat jahat dan perbuatan dosa, keji dan maksiat. Ini dapat dilihat seperti dalam hadist berikut ini:

“Anda harus melakukan qiyamullail, sebenarnya itu adalah kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum Anda, mendekati diri Anda sendiri kepada Allah Ta’ala, mencegah dosa, menghilangkan kejahatan dan menangkal penyakit dari tubuh.” (HR At-Turmudzi, Al-Hakim)

12. Membawa Diri pada Husnul Khotimah

Setiap umat muslim pasti mendambakan dirinya akan meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Orang-orang yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah akan dijanjikan surga oleh Allah SWT. Oleh karena hal inilah sepatutnya umat muslim berusaha untuk bisa meninggal dalam keadaan sebaik-baiknya.

Ada yang mengatakan bahwa keadaan orang yang meninggal berdasarkan apa yang sering dilakukannya. Maka orang yang rajin dan selalu menjaga sholat sunnah tahajudnya insha Allah akan dekat dengan husnul khotimah.

Di samping istiqomah dalam menegakkan sholat tahajud, amalan yang bisa membawa seseorang dalam kebaikan dan kemuliaan adalah dengan berbuat baik pada sesama. Hal ini bisa dilakukan dengan rajin bersedekah, waqaf, infaq dan berzakat.

Akan tetapi, penyerahan dana untuk tujuan tersebut haruslah disalurkan melalui lembaga yang resmi seperti Yayasan Yatim Mandiri. Yayasan ini sudah berdiri sejak 31 Maret 1994 dan saat ini sudah mendapatkan nomor registrasi dari Depkumham.

Informasi mengenai sholat tahajud, tata cara, bacaan niat dan manfaat serta keajaiban sholat tahajud di atas semoga bisa dipahami dan diamalkan dengan baik. Demikian pula dengan informasi seputar Yayasan Yatim Mandiri, semoga bermanfaat.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.