10 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Amalan yang Berpahala Besar 

keutamaan bulan ramadhan
Sumber Gambar : Pixabay.com

Ketahui 10 keutamaan bulan Ramadhan agar semakin bersemangat untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. 


Bulan mulia bernama Ramadhan telah Allah pilih sebagai bulan bagi para muslim untuk melaksanakan puasa. Banyak keutamaan bulan Ramadhan bagi umat Islam sehingga kehadirannya selalu dinantikan setiap tahun. 

Dalam surat Al Baqarah ayat 185, Allah secara jelas memerintahkan setiap muslim yang memenuhi syarat untuk berpuasa.

Salah satu keistimewaannya juga disebutkan oleh Allah yakni bulan Allah menurunkan Alquran. Apa sajakah keutamaan lain yang dimiliki bulan Ramadhan? 

Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Umat Islam Ketahui

Sebagai orang Islam, bersuka cita menyambut bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat dianjurkan. Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa karena terdapat banyak keutamaan yang perlu diketahui oleh setiap muslim. 

Berikut 10 keutamaan yang hanya dimiliki oleh bulan Ramadhan yang datang setahun sekali: 

1. Waktu Terkabulnya Segala Doa

Keutamaan bulan Ramadhan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Tidak ada waktu khusus untuk berdoa karena setiap hari selama 24 jam di bulan Ramadhan merupakan waktu terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah. 

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi nomor 3598 disebutkan bahwa orang yang doanya tidak akan tertolak meliputi seseorang yang berpuasa hingga waktu berbuka tiba, pemimpin yang adil dan seseorang yang dizholimi. Berikut bunyi hadistnya: 

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Setiap muslim yang mengangkat tangannya untuk berdoa kepada Allah di bulan yang mulia ini pasti akan dikabulkan.

Maka, dalam keadaan berpuasa, berdoalah untuk perkara akhirat, dunia maupun segala hal yang ingin dipanjatkan di hadapan Allah. 

Disunnahkan juga untuk mendoakan orang lain seperti kedua orang tua, saudara kandung dan kaum muslimin di seluruh dunia demi kebaikan bersama.

Jika mendoakan sesama muslim, maka doa baik tersebut juga akan kembali ke diri orang yang mendoakan.   

2. Bulan yang Allah Pilih sebagai Momen Turunnya Al Quran

Seperti yang sudah disebutkan, turunnya Alquran di bulan Ramadhan merupakan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lain.

Dalam surat Al Baqarah 185 tertulis bahwa Alquran diturunkan oleh Allah di bulan yang mulia yakni Ramadhan. 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Turunnya Alquran di bulan puasa merupakan hal yang sangat istimewa. Bagi umat Islam, Alquran merupakan mukjizat terbesar Rasulullah yang berisi petunjuk hidup dari Allah.

Pada bulan tersebut, Allah pertama kali menurunkan Alquran kepada Rasulullah di gua Hira. 

Setelahnya, surat-surat dalam Alquran diturunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad. Maka dari itu, dianjurkan untuk lebih rajin membaca Alquran selama bulan Ramadhan. Tentu tidak asal membaca, memahami makna tiap ayat juga tidak boleh ditinggalkan. 

Membaca dan mempelajari Alquran selama bulan puasa merupakan salah satu ibadah yang pahalanya berlipat ganda. Dengan melakukan ibadah tersebut, keimanan kepada Allah akan semakin menguat.  

3. Terbukanya Pintu Surga  

Selanjutnya, Allah membelenggu setan dan menutup pintu neraka selama bulan Ramadhan. Begitu istimewanya bulan ini sehingga Allah sangat bermurah hati untuk lebih membuka lebar pintu-pintu surga dan menutup serapat mungkin pintu menuju neraka. 

Adapun keutamaan bulan Ramadhan ditutupnya pintu neraka dapat diartikan sebagai kemudahan yang Allah berikan bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan selama Ramadhan. Ibadah yang dijalankan seperti puasa, shalat tarawih, bersedekah dan zakat. 

Dengan kemudahan untuk beribadah dan merengkuh pahala yang berlipat ganda, maka para muslim lebih mendekat ke pintu surga dibandingkan ke pintu neraka. Umat Islam akan disibukkan untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan segala jenis maksiat sekecil apapun. 

Setan yang dibelenggu oleh Allah selama bulan Ramadhan juga semakin memudahkan umat Islam untuk khusyu beribadah.

Keistimewaan seperti ini merupakan kenikmatan tersendiri yang semakin memotivasi setiap muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah.  

4. Datangnya Malam yang Penuh Kemuliaan

Bulan Ramadhan memiliki satu malam yang disebut dengan lailatul qadar. Malam yang penuh kemuliaan tersebut lebih baik dari seribu bulan sehingga akan merugi jika melewatkannya.

Lailatul qadar turun di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan yang penuh berkah. 

Pada malam tersebut, Allah membuka pintu langit lebar-lebar, mengabulkan semua doa yang dipanjatkan oleh umat Islam, memberikan ampunan yang luas dan menentukan segala takdir yang dikehendaki-Nya. 

Umat Islam sangat dianjurkan untuk mencari lailatul qadar pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Pada malam-malam ganjil tersebut, disunnahkan untuk mengisinya dengan segala amalan baik. 

Amalan yang bisa dikerjakan seperti berdzikir, membaca Alquran, banyak memanjatkan doa, memohon ampun, bersedekah, bertaubat nasuha dan shalat malam.

Kebaikan yang akan didapat oleh muslim yang rajin beribadah tentu sangat istimewa di bulan Ramadhan.  

5. Penuh Ampunan dan Balasan yang Berlipat Ganda dari Allah 

Manusia memiliki banyak dosa sehingga perlu sering beristighfar dan bertaubat kepada Allah. Kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan ampunan dari Allah saat Ramadhan karena bulan tersebut penuh ampunan. 

Keutamaan bulan Ramadhan 10 hari kedua adalah terhapusnya dosa-dosa setiap muslim yang berpuasa dan melakukan kebaikan dengan niat karena Allah. Setelah mendapatkan rahmat pada 10 hari pertama, kemudian Allah memberikan maghfirah pada 10 hari kedua. 

Maka dari itu, dianjurkan untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan selama berpuasa. Dengan begitu, Allah akan memberikan keberkahan dan ampunan yang sangat luas. Jangan lupa untuk bertaubat dengan sungguh-sungguh agar dosa-dosa besar terampuni oleh Allah. 

Semua amalan baik yang dikerjakan selama bulan puasa akan mendapatkan balasan yang kelipatannya tidak terhingga dari Allah. Keistimewaan seperti ini tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar benar-benar kembali suci setelah Ramadhan pergi. 

6. Pembebasan dari Siksaan Api Neraka 

Pada 10 hari pertama Allah akan memberikan rahmat, kemudian pada 10 hari kedua Allah mengampuni dosa-dosa dan pada 10 hari terakhir Allah akan membebaskan muslim dari api neraka. 

Hal tersebut merupakan keistimewaan bulan Ramadhan yang memotivasi setiap muslim untuk beribadah semaksimal mungkin. Jika berhasil mendapatkan balasan pada 20 hari pertama, maka pada 10 hari terakhir, seorang muslim akan dibebaskan oleh Allah dari siksaan neraka. 

Pada hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah bersabda bahwa ibadah puasa yang dilakukan oleh seorang muslim merupakan perisai kuat yang menghalangi dirinya dari api neraka.

Allah akan membebaskan para hamba-Nya dari neraka pada setiap hari maupun malam. Dengan begitu, teruslah beramal dan berbuat kebaikan, terutama selama bulan puasa Ramadhan.  

7. Adanya Perintah Shalat Tarawih

Salah satu ibadah yang spesial di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih yang dikerjakan setelah salat isya.

Keutamaan bulan Ramadhan berupa shalat tarawih mendatangkan pahala yang besar untuk muslim yang menjalankannya, baik secara berjamaah maupun munfarid.

Pada hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad menyatakan dengan jelas bahwa setiap muslim yang melaksanakan ibadah salat tarawih selama Ramadhan, maka Allah akan memberikan ampunan terhadap dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Adapun hukum shalat tarawih bukanlah wajib melainkan sunnah. Namun, ibadah salat tarawih tersebut sudah menjadi rutinitas yang dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan. Selain berpahala, masjid juga terlihat lebih semarak karena adanya jamaah setiap malam. 

8. Bulan Sedekah

Banyak pahala yang bisa didapatkan oleh orang yang gemar bersedekah, apalagi di bulan Ramadhan yang segalanya dilipatgandakan.

Ramadhan merupakan momen yang spesial sehingga umat Islam dianjurkan untuk lebih banyak bersedekah. 

Rasulullah pun mencontohkan kedermawanan yang luar biasa di bulan Ramadhan.

Dalam hadist Bukhari, Ibnu Abbas menjelaskan bahwa Rasulullah menunjukkan kedermawanan yang lebih selama bulan Ramadhan, bahkan lebih dari angin yang berhembus. 

Semangat Rasulullah untuk bersedekah di bulan Ramadhan tentua harus dicontoh oleh umat Islam.

Jika sedekah digabungkan dengan puasa, shalat tarawih dan melakukan kebaikan lainnya, maka peluang mendapatkan jaminan surga akan lebih besar. 

Selain itu, sedekah di bulan Ramadhan akan membebaskan seseorang dari siksa kubur, memperoleh perlindungan di hari akhir, menghapus semua dosa dan berkesempatan masuk ke surga melalui pintu khusus bagi yang gemar bersedekah. 

9. Ibadah Umrah yang Setara Haji 

Bagi yang memiliki tabungan yang cukup untuk mendatangi Baitullah saat bulan Ramadhan, maka jangan ragu untuk berangkat.

Sebab, salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah pahala umrah yang setara dengan ibadah haji. 

Berdasarkan hadist Bukhari, Rasulullah menyatakan bahwa seorang muslim yang pergi umroh saat bulan Ramadhan, maka akan mendapatkan pahala yang senilai dengan ibadah haji.

Keutamaan ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik bagi muslim yang mampu. 

Namun, perlu diingat bahwa umrah yang dilakukan tetap tidak bisa menggantikan ibadah haji secara utuh. Arti dari setara adalah sebatas pahala dan keutamaan yang didapatkan seperti sedang berhaji. 

10. Banyak Terjadi Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam 

Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan. Peristiwa yang pertama adalah kemenangan umat Islam pada perang badar.

Allah memberikan kemenangan pada kaum muslimin dan menghancurkan para kaum musyrikin. 

Selain itu, pembebasan kota Makkah juga terjadi pada bulan Ramadhan. Alhasil, umat Islam kembali bisa memasuki Makkah dan mendiami daerah tersebut dengan tenang atas izin Allah. 

Rasulullah menghancurkan semua berhala yang ada di Makkah sehingga tidak ada lagi yang menyembah patung tersebut. Penduduk kota Makkah semua menyembah Allah semata. 

Amalan Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Banyak Pahala 

Bersuka cita menyambut kedatangan Ramadhan dan berlomba meraih pahala sebanyak mungkin merupakan hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim.

Ramadhan merupakan bulan istimewa yang bahkan setiap detiknya harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk beribadah. 

Apa saja jenis amalan terbaik yang dilakukan selama bulan mulia ini? Berikut beberapa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad: 

1. Puasa

Ibadah utama yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang sudah memenuhi syarat adalah berpuasa. Selama bulan Ramadhan, puasa dilakukan dari waktu imsak sampai dengan waktu berbuka menjelang maghrib.

2. Salat Tarawih

Setiap malam selama bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat tarawih setelah shalat isya. Shalat tarawih umumnya diakhiri dengan shalat witir yang jumlah rakaatnya ganjil.   

3. Buka Puasa dan Sahur

Selain puasa, pahala dan keberkahan dari Allah juga diberikan kepada orang yang menyegerakan berbuka puasa serta meluangkan waktu untuk sahur. Jadi, jangan sampai melewatkan, terutama waktu sahur, walaupun hanya minum satu gelas air; 

4. Sedekah

Memperbanyak sedekah selama Ramadhan merupakan amalan yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah. Semakin banyak berbagi ke sesama, maka semakin berkali lipat juga balasan yang akan didapat.

5. Itikaf

Umat Islam dianjurkan untuk lebih fokus beribadah pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Sebab, terdapat malam lailatul qadar yang sangat istimewa pada hari-hari tersebut sehingga ibadah i’tikaf sangat dianjurkan.

6. Membaca Alquran

Ibadah lain yang mendatangkan banyak pahala adalah membaca Alquran. Jangan hanya membaca, tetapi perlu juga untuk mempelajari makna dan mengamalkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.  

————–

Dengan mempelajari keutamaan bulan Ramadhan dan amalannya, maka proses menyiapkan diri untuk bertemu dengan bulan mulia akan semakin matang.

Begitu banyak ibadah yang mendatangkan pahala berkali lipat sehingga motivasi untuk mendekatkan diri kepada Allah harus semakin besar. 

Kita tentu tidak tahu sampai kapan akan menemui Ramadhan lagi, apakah tahun ini yang terakhir atau bisa tahun-tahun berikutnya masih.

Mudah-mudahan kita selalu diberikan umur yang panjang agar dapat mengerjakan amalan-amalan sunnah dan wajib di bulan Ramadhan salah satunya sedekah.

Yuk temukan artikel-artikel menarik lainnya di Yatim Mandir.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.