10 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Bulan Turunnya Al-Quran

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan bulan Ramadhan cukup banyak dan membuatnya menjadi bulan penuh dengan keberkahan dan juga bulan penuh pengampunan.


Keistimewaan bulan Ramadhan sangat banyak dan tidak akan muncul pada bulan-bulan yang lain.

Itulah kenapa menjalankan Ramadhan dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan.

Berbagai ibadah bisa dilakukan secara maksimal tidak hanya yang berhubungan dengan puasa saja.

Itulah kenapa sangat disarankan untuk mengetahui apa saja keistimewaan yang ada pada bulan Ramadhan.

Dengan mengetahui berbagai jenis keistimewaannya, kita bisa menjalankan ibadah ini dengan lebih mudah.

Selain itu, juga bisa memiliki motivasi untuk selalu mendapatkan keberkahan.

Kenapa Bulan Ramadhan lebih Istimewa dibanding Bulan Lainnya?

Ibadah sebenarnya bisa dilakukan kapanpun dan tidak harus menunggu bulan Ramadhan tiba. Bahkan, ada orang yang hanya berfokus pada bulan Ramadhan dan tidak melakukan ibadah secara maksimal pada bulan lain.

Bulan Ramadhan memang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan bulan yang lain.

Pada bulan ini ada banyak sekali peristiwa yang berhubungan dengan Islam terjadi. Salah satunya adalah peristiwa diturunkannya Al-Qur’an untuk pertama kali pada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, pada bulan ini juga banyak sekali peristiwa penting seperti terjadinya perang melawan keburukan di masa lalu.

Itulah kenapa, bulan ini terasa sangat istimewa bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Bahkan, juga istimewa untuk masyarakat di Indonesia.

Meski demikian, tidak disarankan hanya fokus pada bulan Ramadhan saja. Bulan Ramadhan memang istimewa tetapi bisa digunakan sebagai pemicu untuk meningkatkan ibadah di bulan yang lain.

Dengan melakukan itu, ibadah puasa bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.

Lebih penting dari semuanya, ibadah puasa juga akan membawa seseorang menjadi hidup lebih baik. Apa yang sudah dilakukan pada bulan Ramadhan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, sesuatu yang buruk bisa ditinggalkan dan hal-hal yang berhubungan dengan kebaikan bisa dilanjutkan.

Daftar Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan bulan Ramadhan membuatnya semakin dicintai oleh seluruh umat. Tidak terkecuali Rasulullah juga sangat mencintai bulan Ramadhan.

Berikut keistimewaan bulan Ramadhan selengkapnya.

1. Malam Diturunkannya Al-quran

Keistimewaan pertama yang dimiliki oleh bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Pada malam 17 Ramadhan, Al-Quran diturunkan pertama kali dan menjadi perubahan besar untuk seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Sejak itulah, seluruh ayat diturunkan satu persatu selama beberapa puluh tahun kepada Nabi Muhammad.

Akhirnya, ayat-ayat yang diturunkan secara terpisah itu digabungkan menjadi satu dan menjadi Al-Qur’an yang saat ini dibaca oleh seluruh umat Islam di dunia.

Karena menjadi malam turunnya Al-Qur’an, bulan ini menjadi sangat istimewa dan sangat sakral.

Itulah kenapa pada malam 17 ramadhan akan ada berbagai jenis aktivitas membaca Al-Qur’an, seperti khataman yang dilakukan semalam suntuk mulai dari selesai tarawih hingga katam.

2. Hadirnya Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Pada malam ini amalan yang diterima oleh seseorang akan lebih baik dari 1000 bulan.

Artinya, dengan mendapatkan malam Lailatul Qadar ibadahnya bisa meningkat tajam.

Tidak ada orang yang tahu kira-kira kapan datangnya malam Lailatul Qadar pada bulan puasa.

Sebagian besar ulama meyakini jika malam Lailatul Qadar biasanya muncul pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar ini, seseorang akan lebih banyak melakukan aktivitas ibadah pada masjid.

Mereka juga bisa melakukan ibadah apapun di rumah dengan membaca Alquran atau ibadah sunnah lainnya. Dengan melakukan ini, diharapkan seseorang bisa mendapatkan Lailatul Qadar.

Apabila mereka berhasil mendapatkan keistimewaan ini. Mereka sama halnya sudah melakukan ibadah selama puluhan tahun. Itulah kenapa, untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

3. Bulan Doa-doa Dikabulkan

Sebenarnya, doa bisa dikabulkan kapanpun sesuai dengan kehendak dari Allah. Jadi, kita bisa memanjatkan doa kapanpun kita mau atau membutuhkan.

Tidak harus memanjatkan doa dengan menunggu bulan puasa atau Ramadhan tiba.

Tetapi, pada bulan Ramadhan berbagai jenis doa-doa yang diinginkan oleh seseorang umumnya akan lebih mudah untuk dikabulkan.

Itulah kenapa, bulan ini sering dikenal sebagai bulan untuk mengabulkan berbagai jenis doa yang dipanjatkan.

Jadi, ketika selesai menjalankan salat atau melakukan ibadah apapun pada bulan puasa, doa harus dipanjatkan.

Doa tidak harus berhubungan dengan meminta sesuatu yang berhubungan dengan harta. Doa untuk meminta kesehatan pun juga bisa dilakukan dengan khusyuk.

4. Amalan Akan Dilipatgandakan Pahalanya

Berbagai jenis amalan akan dilipatgandakan ketika bulan puasa tiba. Bahkan ada yang mengatakan jika menjalankan ibadah sunnah sekalipun rasanya seperti menjalankan ibadah wajib.

Jadi, selama bisa melakukan berbagai jenis ibadah jangan sampai abai.

Yang paling penting ketika bulan puasa tiba laksanakan berbagai jenis ibadah wajib dengan baik.

Dengan melakukan ibadah wajib dengan baik, maka kita semua juga berkesempatan untuk menjalankan ibadah sunnah yang lain.

Dengan begitu, amalan yang didapatkan bisa berlipat ganda.

Ibadah yang dilakukan ingatkan untuk mendapatkan keberkahan. Jangan hanya diniatkan untuk mencari keuntungan sesaat saja.

Jadi, apapun yang dilakukan harus benar-benar diniatkan karena ingin mendapatkan keberkahan dari Allah dan mendapatkan pengampunan.

Amalan bisa dimulai dari hal-hal yang sangat sederhana. Yang penting ketika menjalankan amalan itu kita mampu dan tidak merasa terbebani. Dengan begitu, ibadah bisa berjalan dengan lebih lancar.

5. Pintu Kebaikan Dibuka

Pintu kebaikan akan selalu dibuka sehingga pada bulan ini seseorang akan lebih mudah untuk bertobat.

Orang-orang yang awalnya memiliki hati yang sangat keras bisa lebih mudah untuk menjalankan ibadah dan memperoleh kebaikan dalam kehidupannya.

Itulah kenapa, ibadah ini harus dilakukan secara rutin karena kebaikan yang akan kita terima jumlahnya banyak.

Terkadang, kita tidak mengetahui apa saja kebaikan yang nantinya akan diberikan oleh Allah SWT. Karena kebaikan itu tidak selalu yang berhubungan dengan uang ataupun sesuatu yang terlihat.

Terkadang hal-hal sederhana saja bisa membuat kita menjadi hidup dengan baik. Jadi, jangan pernah melakukan kebaikan yang nantinya akan diberikan oleh Allah SWT.

Karena hanya Allah SWT yang mampu membolak-balikkan kehidupan seseorang dengan mudah.

6. Bulan Penuh Keberkahan

Berbagai hal yang dilakukan pada bulan puasa akan memberikan keberkahan kepada seluruh umat di seluruh dunia.

Kepekaan ini terkadang tidak hanya berlaku pada dirinya sendiri. Tetapi, juga berlaku pada orang-orang yang berada di sekitarnya.

Itulah kenapa, pada bulan ini berbagai jenis ibadah bagi kita yang wajib atau punya sunnah harus dilakukan.

Karena keberkahan yang diberikan oleh Allah jumlahnya sangat banyak bahkan terkadang kita tidak menyadarinya.

Bisa hidup dengan baik dan masih bisa bernafas juga merupakan bagian dari kebakaran.

Coba bayangkan, jika mendadak kita mengalami sakit. Keberkahan seperti ini tidak akan bisa didapatkan sehingga untuk menjalankan puasa saja sangat sulit.

Selain itu, kita juga tidak akan bisa menjalankan ibadah lain seperti pekerja untuk keluarga.

Niatkan untuk menjalankan berbagai jenis ibadah pada bulan puasa dengan baik. Dengan melakukan itu keberkahan akan didapatkan secara langsung ataupun pada saat yang tepat. Jadi, jangan berpuas diri dan selalu berusaha.

7. Bulannya untuk Sedekah

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh umat Islam di seluruh dunia pada bulan Ramadhan adalah sedekah. Padahal hal ini sangat penting karena bisa mensucikan berbagai jenis dosa .

Selain itu juga menghapus hal buruk yang pernah kita lakukan sebelumnya baik itu sadar atau tidak.

Pada bulan ini, disarankan untuk lebih banyak melakukan sedekah kepada seluruh umat. Sedekah tidak hanya yang berhubungan dengan materi dalam jumlah banyak.

Terkadang, sedekah yang sederhana pun bisa diberikan secara rutin sesuai kemampuan.

Yang paling penting ketika sedang melakukan sedekah adalah menjalankannya secara ikhlas.

Apabila bisa menjalankan sedekah secara ikhlas, maka kebaikan akan didapatkan dengan lebih mudah. Keberkahan Ramadhan bisa diperoleh dengan cepat dan bermanfaat untuk kehidupan.

8. Bulan Penuh Ampunan

Setiap umat manusia pasti pernah menjalankan berbagai kesalahan dan sangat berdosa. Tetapi, mereka memiliki kesempatan untuk menghapus berbagai jenis kesalahan yang dilakukan dengan cara bertaubat. Cara ini bisa dilakukan kapanpun khususnya ketika sedang bulan puasa tiba.

Itulah kenapa Ramadhan disebut sebagai bulan penuh ampunan. Karena pada bulan ini berbagai jenis ampunan akan diberikan oleh Allah SWT.

Ampunan ini akan diberikan kepada seluruh umat yang memang benar-benar ingin meminta pertolongan.

Selain berdoa dan meminta apapun yang diinginkan ketika bulan puasa. Jangan sampai melupakan untuk meminta ampun dan bertaubat kepada Allah.

Dengan melakukan ini kehidupan di masa depan akan berjalan dengan lebih baik. Bahkan tanpa ada hambatan sama sekali.

9. Bulan untuk Berbenah Diri

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, mau tidak mau kita akan berusaha untuk berbenah diri. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan keistimewaan dan hidup lebih baik. Untuk berbenah diri seseorang harus melakukan niat yang baik.

Jadi, tidak hanya ditujukan karena sedang berpuasa saja tetapi memang benar-benar ikhlas untuk menjalankan.

Apabila ikhlas untuk menjalankan hal ini maka ibadah bisa berjalan dengan sangat baik. Bahkan, tanpa ada hambatan atau gangguan sama sekali.

Itulah kenapa, niatkan untuk berbenah diri dan tidak harus sesuatu yang sangat besar. Bisa diniatkan untuk memperbaiki sholat yang dijalankan agar bisa lebih rutin. Selain itu, bisa juga menjalankan hal lainnya yang dianggap remeh tetapi memberikan manfaat besar.

10. Bulan untuk Meningkatkan Silaturahmi

Terakhir dan tidak kalah penting adalah pada bulan Ramadhan adalah tempat dimana kita semua akan meningkatkan silaturahmi.

Ketika bulan puasa, umumnya seseorang akan lebih banyak melakukan aktivitas ibadah di masjid untuk melakukan salat berjamaah.

Karena melakukan sholat berjamaah khususnya tarawih, semua orang akan bertemu satu dengan yang lain. Mereka yang awalnya hanya melakukan ibadah di rumah akan bertemu pada masjid dan akhirnya bisa saling menyapa dan meningkatkan silaturahmi.

Itulah kenapa ketika bulan puasa tiba berbagai jenis ibadah komunal harus dilakukan. Dengan begitu, silaturahmi dengan tetangga atau siapa pun yang sebelumnya jarang ketemu bisa diperbaiki lagi. Itulah kenapa bulan ini sangat istimewa karena juga bisa memperbaiki hubungan antar umat.


Keistimewaan bulan Ramadhan sudah dibahas di atas dan sebagian besar bermanfaat untuk kehidupan.

Karena mau bagaimanapun dalam kehidupan kita harus bisa menyeimbangkan antara kebutuhan duniawi dan juga religi. Mumpung sedang puasa, lakukan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Ramadhan menjadi bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh setiap umat muslim di dunia. Bagaimana tidak? keistimewaan-keistimewaan Ramadhan yang sudah di sampaikan hal yang paling dinanti.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.