57 Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Keluarga dan Teman

ucapan menyambut bulan Ramadhan

Cari ide ucapan menyambut Ramadhan untuk keluarga dan teman di sini. Ada 57 pilihan yang bisa dijadikan referensi terbaik. 


Dalam hitungan hari, umat Islam akan memulai ibadah mulia yakni puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Salah satu kebiasaan baik yang rutin dilakukan adalah memberi ucapan menyambut Ramadhan al mubarak kepada sesama muslim. 

Bukan sekadar kalimat pemanis, ucapan untuk menyambut bulan Ramadhan berisi doa dan harapan.

Hal tersebut menunjukkan kegembiraan seorang muslim dalam menyongsong kehadiran bulan suci yang penuh berkah.

Bagaimana ucapan yang baik? Berikut referensi dari Blog Yatim Mandiri yang dapat Anda digunakan.  

Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Keluarga

Keluarga merupakan orang terdekat yang sebaiknya diberi ucapan paling awal walaupun tinggal serumah atau berdampingan dan bertemu setiap hari.

Ucapan dapat diberikan secara langsung, chat pribadi atau via grup chat. 

Ada banyak pilihan kalimat yang cocok diutarakan kepada keluarga tercinta untuk menyongsong Ramadhan, antara lain: 

  1. “Mengingat bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, mari melakukan persiapan sebaik mungkin untuk melakukan ibadah yang maksimal. Semoga kita semua diberi kesehatan dari awal Ramadhan hingga akhir. Semoga Allah memberikan keberkahan yang berlimpah”.
  2. “Sebentar lagi Ramadhan, berarti kita akan menjalankan ibadah puasa yang mendatangkan pahala luar biasa. Selamat menantikan bulan puasa, mari siapkan diri untuk mendekat kepada Allah”.
  3. “Alhamdulillah, kita satu keluarga masih diberi nikmat kesehatan sehingga dapat menyambut bulan mulia Ramadhan. Semoga kita bisa saling memaafkan dengan ikhlas dan berbenah diri untuk menjadi hamba yang berhasil mendapatkan keberkahan di bulan suci ini”.
  4. “Menghitung hari menuju bulan suci yang di dalamnya terdapat pahala dan keberkahan tak terhingga. Alhamdulillah, rasa rindu kita kepada bulan Ramadhan akan segera sirna. Bapak, Ibu, Kakak dan Mbah, selamat berpuasa”.
  5. “Salah ucap yang melukai hati dan meninggalkan rasa dengki semoga segera dihilangkan karena bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang. Mari kita saling memaafkan dan membersihkan hati sehingga hanya tersisa niat suci untuk beribadah kepada-Nya. Selamat puasa”.
  6. “Bulan suci Ramadhan yang dinanti akhirnya tiba. Menyambut dengan gembira adalah keharusan seorang muslim yang beriman kepada Allah. Semoga kita satu keluarga dapat melakukan ibadah yang maksimal dan menyelesaikan puasa di bulan mulia ini”.
  7. “Bersyukur Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu kesekian kalinya lagi dengan Ramadhan. Semoga puasa kita di bulan yang agung ini diterima dan semua ibadah yang kita jalankan mendapatkan ridha dari Allah Yang Maha Esa”.
  8. “Selalu ingat bahwa ganjaran berpuasa dan beribadah di bulan Ramadhan penuh berkah sangatlah besar, tidak terhitung. Maka, marilah kita bersuka cita dan bersemangat untuk menunaikan semua perintah Allah dan sunnah Rasulullah”.
  9. “Bulan puasa yang hadir setahun sekali akan kita tapaki sebentar lagi. Saatnya untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk beribadah. Semoga kita mendapatkan keberkahan dan pahala yang Allah janjikan, ya”.
  10. “Setiap detik di bulan Ramadhan merupakan waktu berharga untuk mendulang banyak pahala. Maka, marilah kita mengisi siang hari dengan amal kebaikan dan menerangi malam hari dengan bacaan Alquran. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan”.
  11. “Bulan yang dipenuhi dengan keberkahan sudah terlihat nyata. Dengan melaksanakan puasa dan ibadah mulia lainnya, jiwa dan hati akan kembali bersih nantinya. Sebelum memulai hari pertama puasa, mari kita saling memaafkan satu sama lain agar semakin tenang selama Ramadhan”.
  12. “Fajar Ramadhan yang selama ini dirindukan, akan segera muncul sebentar lagi. Saatnya bersiap untuk menyucikan hati serta membersihkan jiwa dengan berpuasa sungguh-sungguh selama sebulan penuh”.
  13. “Kesalahan di masa lalu tidak untuk selalu diingat karena memberi maaf merupakan hal yang lebih utama sebelum Ramadhan tiba. Mari kita berbahagia karena bertemu lagi dengan bulan mulia Ramadhan. Semoga semua amal dan ibadah kita dapat Allah terima”.
  14. “Memulai puasa akan terasa berat jika belum meminta maaf dan mengucapkan selamat. Marhaban yaa Ramadhan yang mengandung banyak keistimewaan. Semoga puasa yang akan kita jalani hingga akhir bulan dapat diterima oleh Allah Yang Maha Kuasa”.
  15. “Musim kemarau merindukan datangnya tetesan hujan, jiwa merindukan iman yang mengakar dan setiap insan muslim merindukan hadirnya Ramadhan. Selamat menjalani hari-hari terbaik di bulan puasa ini. Semoga Allah selalu menyelimuti kita dengan kasih sayang dan kebaikan-Nya”.
  16. “Berkat nikmat dari Allah, kita semua masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan. Semoga kita bisa menjadi seorang muslim yang lebih baik dari bulan  Ramadhan suci penuh hikmah sebelumnya”.
  17. “Allah Maha Baik memilih kita untuk menikmati Ramadhan penuh ampunan dan berkah di tahun ini. Selamat berpuasa hingga menyambut malam takbiran bersama. Semoga Allah memberikan kekuatan dan kemudahan untuk mengejar pahala yang tidak terhingga”. 
  18. “Tidak ada nikmat yang terasa begitu lezat melebihi bertemu bulan mulia Ramadhan. Semoga limpahan kasih sayang, kebaikan dan ketenangan hati dari Allah Yang Maha Pengasih selalu kita rasakan”.  
  19. “Tidak kuasa diri ini menahan air mata karena terharu bisa berjumpa lagi dengan bulan puasa. Maafkan segala kata-kata atau perilaku yang ternyata menyakitkan bagi hati. Puasa kali ini, semoga berjalan tanpa halangan sampai malam takbir menuju Idul Fitri”. 
  20. “Menjelang bulan Ramadhan, ada baiknya kita saling membuka pintu maaf selebar mungkin sehingga hati menjadi tenang untuk beribadah selama puasa”. 
  21. “Salah satu hal terbaik untuk memulai puasa adalah memberikan ucapan selamat dan meminta maaf atas segala salah. Semoga kita memperoleh banyak pahala, rahmat dan keberkahan yang datangnya dari Allah Yang Maha Esa”. 

Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Saudara Jauh

Jarak yang menghalangi pertemuan dengan saudara jauh dapat digantikan dengan rangkaian kata indah yang dikirim lewat pesan instan.

Menjelang bulan puasa merupakan momen penting untuk mengirimkan ucapan ke saudara yang sekalipun sedang berada di kota atau pulau berbeda. 

Dengan ucapan yang baik, maka jalinan persaudaraan akan semakin kuat dan bisa saling mengingatkan untuk giat beribadah di bulan Ramadhan.

Berikut contoh ucapan yang cocok diberikan ke saudara jauh saat menjelang bulan suci penuh berkah tersebut:

  1. “Manusia memang sering berbuat salah. Sebelum memasuki hari pertama Ramadhan, marilah kita melapangkan dada dan saling memaafkan kesalahan di masa lalu. Selamat menantikan bulan mulia”. 
  2. “Walaupun jarang sekali bertemu, ikatan kita sebagai saudara tidak akan terputus. Melalui pesan ini, saya ingin meminta maaf setulus hati dan mengucapkan selamat bergembira menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh keberkahan dari Allah”. 
  3. “Ramadhan, bulan istimewa yang penuh pengampunan harus kita maksimalkan setiap detiknya dengan baik untuk beribadah. Semoga kita diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan puasa. Tidak lupa kesempatan untuk bersilaturahmi suatu hari nanti”. 
  4. “Menjelang Ramadhan, mari kita mempersiapkan diri dengan membersihkan hati agar menapaki hari pertama puasa dengan perasaan yang tenang dan senang. Dengan kerendahan hati dan penuh harap akan keberkahan, pengampunan serta rahmat dari Allah semata”. 
  5. “Tidak hanya saudara dekat yang aku kirimkan ucapan hangat, tetapi juga saudara jauh yang selalu ku nantikan kepulangannya. Selamat menyambut bulan penuh keberkahan bernama Ramadhan. Mari saling menyemangati untuk lebih giat beribadah demi mengharapkan ridha Allah”
  6. “Apabila berbuat dosa, maka langkah terbaik adalah bertaubat kepada Allah. Namun, apabila berbuat kesalahan, maka minta maaflah kepada orang tersebut. Walaupun tidak bisa bertemu langsung, izinkan aku untuk tetap memohon maaf dari lubuk terdalam. Selamat berpuasa”
  7. “Ramadhan adalah bulan suci sehingga tidak pantas menyambutnya dengan hati yang masih ternodai. Maka, pada momen spesial ini, saya memohon maaf atas semua hal yang menyakiti. Semoga ada kesempatan untuk kita bertemu lagi. Selamat menyambut Ramadhan”.
  8. “Tidak elok rasanya menyongsong Ramadhan tanpa mengirimkan ucapan ke saudara tercinta yang berada jauh di sana. Marilah kita saling melupakan hal yang pernah menyakiti dan memulai puasa dengan hati yang bersih tanpa ternodai”.
  9. “Jarak yang terlampau jauh membuat raga tidak bisa bertemu. Namun, pertemuan dapat digantikan sementara oleh rangkaian kalimat yang dikirim via pesan. Selamat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Semoga puasa dan ibadah yang kita kerjakan dapat diterima oleh Allah”.
  10. “Langit yang mendung akan berubah cerah oleh matahari yang kembali bersinar. Hati yang sesak merindu akan berubah ringan dan lapang oleh kedatangan bulan Ramadhan. Ku ucapkan selamat menyapa bulan puasa di tahun ini, saudaraku”. 
  11. “Sebelum hari pertama bulan Ramadhan menyapa, saatnya kita membersihkan hati dengan saling memaafkan satu sama lain. Mari kita syukuri kesempatan besar yang Allah berikan ini”. 
  12. “Sebentar lagi, hari kita akan diawali dengan sahur yang penuh berkah, diselingi dengan momen berbuka puasa yang penuh nikmat dan diakhiri dengan ibadah malam yang pahalanya dilipatgandakan. Mari kita menyongsong Ramadhan dengan kegembiraan yang maksimal”. 
  13. “Jemari kita belum sempat saling berjabat karena terhalang jarak. Walaupun bersua belum saatnya, ku berharap pintu maaf tetap terbuka lebar sehingga hati ini tenang menjalani bulan Ramadhan. Selamat berpuasa dan semoga Allah memudahkan sampai akhir”. 
  14. “Tersadar Ramadhan sebentar lagi mendekat. Teringat saudaraku yang tinggalnya berjarak ratusan kilometer di sebuah tempat. Aku doakan semoga Ramadhan ini memberikan banyak keberkahan dan pahala bagimu. Mari kita bertemu saat lebaran jika Allah izinkan”. 
  15. “Satu tahun terasa sebentar, Alhamdulillah Ramadhan mendekat kembali. Semoga bulan suci yang akan kita lalui dapat dimanfaatkan dengan sepenuhnya untuk beribadah kepada Allah semata”. 
  16. “Bulan yang penuh keberkahan dan ampunan akan kita kunjungi sebentar lagi. Sebelum itu, bersedialah kiranya untuk memberikan maaf atas salah yang telanjur menyakiti hati. Selamat berbahagia menyongsong ibadah puasa”. 
  17. “Tidak tenang rasanya jika belum menghubungi saudara yang lama tidak berjumpa di seberang sana. Semoga puasa di tahun ini menjadi momen yang sempurna untuk melaksanakan semua kebaikan yang mendatangkan pahala, kasih sayang dan kebaikan dari Allah”. 
  18. “Kita adalah para muslim yang merindukan Ramadhan beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah, rindu sudah hilang karena Allah memberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadhan. Mari kita manfaatkan bulan penuh ampunan ini dengan sebaik mungkin”. 
  19. “Menyapa Ramadhan yang kembali datang merupakan kebahagiaan yang tingkatannya tidak bisa diukur. Bersyukur Allah masih memberikan kita waktu untuk menikmati bulan Ramadhan yang setiap detiknya sangat berharga dan mendatangkan pahala”.
  20. “Bertemu dengan saudaraku yang jauh memang belum bisa. Tapi, bertemu dengan Ramadhan sebentar lagi akan menjadi nyata. Marilah kita melakukan persiapan yang maksimal agar sanggup beribadah selama sebulan penuh sehingga tidak menyesal”. 
  21. “Bulan demi bulan sudah berhasil kita lalui untuk kembali berjumpa dengan Ramadhan. Maka, mari haturkan syukur kepada Allah Yang Maha Pemurah. Semoga ibadah puasa yang akan kita lakukan hingga akhir bulan dilancarkan”. 

Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Teman 

Momen menjelang Ramadhan juga sering digunakan untuk saling mengirim ucapan ke teman. Berbeda dengan ucapan untuk keluarga dan saudara, kalimat yang dipakai untuk teman biasanya tidak terlalu formal. 

Bahkan, jika teman tersebut sudah sangat dekat, rangkaian kalimat yang lucu sering diberikan. Bagi yang membutuhkan ide ucapan menyambut Ramadhan yang unik untuk teman, berikut daftarnya: 

  1. “Bedug sudah ditabuh, tandanya bulan Ramadhan akan segera datang. Mari kita bersiap untuk berpuasa sebulan penuh. Jangan hanya menahan lapar, tapi harus ikhlas dan lebih rajin beribadah agar pahala yang didapat bisa berlipat ganda”. 
  2. “Puasa telah tiba, kawan. Yuk, saling memaafkan semua salah yang pernah kita perbuat. Semoga kita semua kuat berpuasa sebulan penuh dan beribadah sehingga mendapat banyak pahala dari Allah”. 
  3. “Tidak terasa puasa sudah di depan mata, ya. Jangan sampai gagal menahan lapar kalau tidak ingin puasamu batal. Yuk persiapkan diri dari sekarang agar lancar sampai akhir Ramadhan”. 
  4. “Buah pepaya dimakan mentah. Teman, maafkan aku ya kalau banyak salah. Selamat berpuasa sebulan penuh”. 
  5. “Ikan berenang kemudian menepi. Ramadhan akan datang sebentar lagi. Lewat pesan ini, aku ingin minta maaf dan mengucapkan selamat berpuasa. Jangan lupa ajak-ajak kalau ada rencana buka bersama, ya”. 
  6. “Selamat bersiap melaksanakan ibadah puasa, kawan. Semoga puasa selalu lancar dan tidak ada bolongnya. Semoga dosa-dosa kita yang segunung akan diampuni oleh Allah”. 
  7. “Ramadhan sebentar lagi datang. Jangan lupa segerakan berbuka dan makan sahur. Tapi, hal terpenting adalah jangan makan kebanyakan. Semoga tidak ada yang bolong puasanya, ya”. 
  8. “Puasa telah tiba. Yuk, jadwalkan buka bersama!” 
  9. “Walaupun jarak menghalangi kita untuk bertemu, tapi kita tetap bisa saling meminta maaf dan mengucapkan selamat puasa via video call. Semoga momen lebaran nanti, kita bisa ketemu langsung ya, kawan”.
  10. “Tidak peduli seberapa banyak makanan yang dimakan saat berbuka. Tidak peduli seberapa mengantuk saat bangun sahur. Hal yang terpenting adalah kita masih sehat dan bahagia menyambut Ramadhan yang mulia”. 
  11. “Sebelum bulan puasa, sebaiknya kita maaf-maafan dulu, yuk. Semoga puasa yang akan kita lakukan bisa lancar sampai akhir dan mendatangkan balasan yang berkali lipat dari Allah”.
  12. “Hari-hari mulia akan melingkupi kita sebentar lagi. Kawan, jangan lupa untuk mempersiapkan diri agar puasa tidak batal di siang hari”. 
  13. “Wah, kita akan puasa sebentar lagi, ya. Kuatkan iman wahai kawan. Jangan terus-terusan melirik jam karena tidak sabar berbuka untuk menghabiskan makanan”. 
  14. “Hati yang sedih karena ditinggal Ramadhan tahun lalu, kembali sumringah karena didatangi Ramadhan tahun ini. Yuk berdoa semoga kita menjadi muslim yang bisa memperbaiki diri dan mendekat kepada Allah”. 
  15. “Bulan puasa datang, hati ini senang. Saling memaafkan agar hati kita bersih menjalani Ramadhan yang mengandung banyak hikmah”.

Daftar ucapan menyambut Ramadhan tahun 2022 dapat dijadikan referensi bagi yang masih kekurangan ide merangkai kata yang terdengar bagus.

Memberikan ucapan kepada keluarga, saudara jauh dan teman merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang sebelum Ramadhan. 

Mudah-mudahan Ramadhan kali tahun ini menjadi Ramadhan yang spesial dengan pahala yang bisa kita kumpulkan.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.