7 Keistimewaan Al Quran Pedoman Hidup bagi Manusia

Keistimewaan Al Quran memang banyak macamnya. Setidaknya terdapat 7 keistimewaan dari kitab suci umat Islam ini. Cek disini untuk selengkapnya. 

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam. Kitab suci ini tentu memiliki keistimewaan yang begitu besar bagi seluruh umat.

Keistimewaan Al-Qur’an tentunya bisa membawa banyak berkah bagi siapa saja yang membacanya. 

Al-Qur’an menjadi kitab suci utama dalam agama Islam yang dipercayai oleh umat muslim bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah SWT hanya berupa tulisan saja kepada Rasulullah SAW.

Kitab suci ini terbagi ke dalam 114 surah dan tiap-tiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat.

Kitab suci umat muslim ini memuat suatu petunjuk yang bisa dipakai seluruh umat-Nya di muka bumi.

Selain itu, kitab suci ini juga memuat berbagai macam cerita sejarah hingga beragam jawaban atas berbagai pertanyaan. 

Macam-Macam Keistimewaan Al-Qur’an 

keutamaan al quran

Ada begitu banyak ilmu yang bisa dipetik di dalam kitab suci Al-Qur’an. Al-Qur’an juga digunakan bersamaan dengan hadits guna menentukan hukum syariah maupun fiqih.

Selain itu, kitab suci ini juga memuat banyak sekali keistimewaan. 

Dengan demikian, sudah seharusnya bagi seluruh umat muslim agar senantiasa rutin membaca Al-Qur’an. Sebab, akan ada banyak sekali hal baik yang bisa dituai. Berikut merupakan beberapa keistimewaan dari Al-Qur’an. 

1. Firman Allah SWT 

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Kitab suci ini memiliki begitu banyak keistimewaan. Salah satunya merupakan firman dari Allah SWT.

Perlu diketahui bahwa tidak ada buku yang bisa menerjemahkan bahasa Allah SWT kecuali kitab suci Al-Qur’an. 

Kitab suci ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara Allah SWT dengan manusia. Al-Qur’an mempunyai derajat yang sangat tinggi dan lebih tinggi dibandingkan dengan kitab lainnya. Firman Allah SWT sendiri merupakan kebenaran yang sangat mutlak. 

Dengan demikian, Al-Qur’an bisa menjadi kumpulan firman Allah SWT yang memiliki otoritas tertinggi guna mengatur tingkah laku manusia. Dalam ceramah tentang keistimewaan Al-Qur’an pasti pernah menyebutkan hal ini. 

2. Sebagai Panduan untuk Kebenaran 

Masih banyak keistimewaan lainnya dari Al-Qur’an.

Selain untuk memuat berbagai macam firman Allah SWT yang memiliki otoritas tinggi guna mengatur tingkah laku manusia, Al-Qur’an juga bisa dijadikan sebagai panduan untuk kebenaran. 

Kitab suci ini setidaknya bisa menjelaskan dua jalan yang terdapat di dunia ini. Dua jalan tersebut ialah jalan untuk menuju surga dan jalan untuk menuju ke neraka.

Apabila seseorang melakukan perbuatan yang dianjurkan agama, maka ia bisa masuk ke dalam surga-Nya.

Akan tetapi, apabila seseorang tersebut tidak melakukan hal-hal yang dianjurkan dan justru melakukan hal-hal yang dilarang, niscaya ia akan masuk ke neraka.

Setidaknya poin seperti ini bisa menjawab pertanyaan tentang sebutkan keistimewaan Al-Qur’an

3. Tidak Ada Keraguan Di Dalamnya  

Bukan hanya memuat firman Allah SWT serta bisa dijadikan sebagai panduan kebenaran saja. Lebih dari itu, Al-Qur’an juga tidak ada keraguan di dalamnya.

Kitab suci umat Islam ini senantiasa bebas dari keraguan maupun kecurigaan di dalamnya. 

Hal apapun yang dituliskan di dalam kitab suci Al-Qur’an senantiasa merupakan sebuah kebenaran.

Apabila seseorang ragu dengan isi dari kitab suci ini, maka sudah pasti ia sudah disesatkan jauh dari jalan kebenaran.

Sungguh merugi orang-orang yang ada dalam golongan seperti ini. 

Kebenaran yang ada di dalam Al-Qur’an bersifat mutlak dan tidak bisa terbantahkan lagi. Kitab suci ini menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia.

Karenanya ada baiknya jika para umat muslim mengamalkan nilai-nilai baik dalam kitab suci ini. 

Baca Juga : Ini 10 Cara Mengkhatamkan Quran Selama Bulan Ramadhan

4. Makna yang Mendalam  

Yang termasuk ke dalam keistimewaan Al-Qur’an adalah memiliki makna yang mendalam, khususnya pada setiap ayatnya.

Tiap-tiap ayat Al-Qur’an mempunyai hubungan atau kaitan dengan beragam peristiwa yang dialami baik di masa lalu maupun masa yang akan datang. 

Tiap-tiap ayat yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an senantiasa akan dijadikan sebagai petunjuk jelas bagi umat-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia.

Ketika hendak bertutut kata, bertingkah laku dan berkegiatan lainnya, hendaklah untuk memperhatikan nilai-nilai di dalam kitab suci Al-Qur’an. 

Perlu semua orang ketahui bahwa sejatinya Al-Qur’an merupakan sumber dari beragam kebaikan yang hendaknya nanti bisa membawa seseorang ke surga-Nya.

Bahkan Al-Qur’an juga dijadikan sebagai dasar dalam menuntut ilmu. Cobalah untuk menelaah makna dari setiap ayat Allah SWT tersebut. 

5. Terbebas dari Beragam Kontradiksi  

Jawaban lain atas pertanyaan apa keistimewaan Al-Qur’an bisa berupa terbebasnya dari beragam kontradiksi. Tentunya setiap ayat yang ada di dalam kitab suci ini saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Tidak ada pertentangan di dalam Al-Qur’an. Semuanya sudah dimuat secara benar dan mutlak. 

Di dalam Al-Qur’an tentu setiap umat Islam akan menemukan kebaikan dan kebahagiaan. Tentunya kitab suci ini diturunkan ke muka bumi guna dijadikan sebagai pedoman bagi umat Islam.

Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara istimewa. 

Dengan adanya Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW tersebut maka ia diharapkan bisa menebarkan rahmat bagi seluruh alam semesta.

Oleh sebab itu, cobalah untuk sering membaca kitab suci ini dan pahamilah dengan baik setiap ayat di dalamnya.

Baca Juga : 5 Keutamaan Wakaf Alquran dan Tata Caranya Menurut Islam 

6. Silabus Kehidupan Sosial  

Keistimewaan Al-Qur’an lainnya adalah dapat dijadikan sebagai silabus kehiudpan sosial. Di dalam kitab suci ini memuat begitu banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

Misalnya, keluarga, ekonomi, pendidikan, sosial, politik dan sebagainya.

Kitab suci ini membahas begitu banyak hal yang ada di kehidupan umat-Nya.

Termasuk di dalamnya seperti hubungan suami istri, hubungan anak dengan orangtua dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan Al-Qur’an bisa disebut sebagai silabus kehidupan sosial. 

Al-Qur’an benar-benar memuat segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan sekitarnya secara mendetail.

Dengan demikian, cobalah untuk rutin membaca Al-Qur’an sehingga nantinya bisa memaknai hal apa saja yang ada di dalamnya dengan baik. Bacalah setiap selepas shalat wajib. 

7. Ganjaran Surga Tertinggi bagi Penghafalnya  

Contoh keistimewaan Al-Qur’an memang beragam. Salah satunya adalah bisa mendapatkan ganjaran kebaikan seperti surga tertinggi bagi para penghafalnya.

Para penghafal Al-Qur’an akan menjadi orang yang istimewa di hadapan Allah SWT. Tentu hal ini menjadi harapan bagi semua orang. 

Di samping itu, mereka nantinya juga akan ditempatkan di surga tertinggi-Nya. Oleh sebab itu, bacalah Al-Qur’an dengan tartil yang benar.

Penghafal kitab suci bagi umat Islam ini juga tidak akan mendapatkan siksa kelak di hari kiamat nanti. Ia akan dibebaskan dari rasa sakit seperti itu. 

Bahkan ia pun bisa memberikan pertolongan atau syafaat bagi keluarganya nanti. Dengan dipakaikan mahkota kehormatan di akhirat nanti, ia akan membawa serta keluarganya dari siksaan.

Sungguh besar balasan para penghafal kitab suci Al-Qur’an. Kiranya semua orang bisa melakukan kebaikan ini. 

Keistimwaan Al-Qur’an memang begitu banyak macamnya. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya untuk mulai menghafalkan Al-Qur’an sejak saat ini juga.

Al-Qur’an adalah kitab suci mutlak yang bisa menjadi pedoman hidup bagi umat manusia di muka bumi. Sepatutnya berbanggalah dengan agama Islam. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up