15 Amalan di Bulan Ramadhan yang Wajib Dilaksanakan

Amalan di bulan Ramadhan
Sumber Gambar : Abdullah Mukadam (Unsplash)

Amalan di bulan Ramadhan jumlahnya ada banyak dan apabila dilakukan bisa meningkatkan ketakwaan dan keimanan yang dimiliki seseorang.


Amalan di bulan Ramadhan jumlahnya ada banyak dan sebagian besar akan meningkatkan pahala yang dimiliki oleh seseorang.

Itulah kenapa, menjalankan amanah dengan baik pada bulan ini sangat disarankan. Bahkan ada yang mengatakan jika amalan itu wajib dilakukan.

Sayangnya, tidak semua orang tahu apa saja amalan di bulan Ramadhan yang harus dilakukan. Padahal ada banyak sekali yang bisa dijalankan dan terkadang secara tidak sadar kita sudah menjalankannya.

Jadi, perhatikan amalan tersebut lalu jalankan secara agar bisa dijalankan secara maksimal.

Amalan di Bulan Ramadhan

Amalan di bulan Ramadhan bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Yang paling penting, amalan itu dilakukan secara rutin dan tidak merasa terpaksa ketika melakukan.

1. Berpuasa Jika Mampu

Amalan di Bulan Ramadhan harus puasa

Salah satu amalan wajib yang harus dilakukan ketika Ramadhan tiba adalah dengan menjalankan puasa. Amalan ini harus dilakukan satu bulan penuh mulai dari awal hingga akhir.

Dengan begitu, kita bisa mendapatkan pahala dalam jumlah yang banyak.

Puasa memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya berhubungan dengan kesehatan fisik saja. Tetapi juga bisa meningkatkan keimanan dan juga kesehatan mental yang dimiliki seseorang.

Itulah kenapa, setelah sebulan berpuasa biasanya kondisi mental seseorang akan membaik.

Sayangnya, menjalankan puasa selama satu hari penuh dan satu bulan, tidak bisa dijalankan oleh semua orang.

Terkadang, seseorang sulit untuk melakukan itu sehingga mereka hanya bisa melakukannya beberapa hari saja. Itulah kenapa puasa hanya diwajibkan untuk mereka yang mampu.

Untuk mereka yang tidak mampu menjalankan puasa disarankan untuk membayar fidyah. Dengan begitu, mereka tidak akan memiliki utang yang akhirnya harus dibayarkan. 

2. Tadarus Al-Quran

Amalan di Bulan Ramadhan tadarus Al-Quran

Selain menjalankan ibadah puasa, apabila seseorang mampu. Aktivitas lain yang harus dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa adalah melakukan tadarus. Ibadah ini bisa dilakukan kapanpun setelah menjalankan ibadah sholat wajib.

Biasanya, tadarus aturan dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah salat tarawih. Akan ada banyak orang yang melakukan ibadah ini secara rutin hingga tengah malam sebelum akhirnya melakukan istirahat. Bahkan, dalam satu bulan bisa khatam hingga berkali-kali.

Tadarus Al-Qur’an akan memberikan banyak sekali pahala. Sangat disarankan untuk melakukan ibadah ini setiap 1 hari sekali. Ibadah tidak harus dilakukan sampai benar-benar khatam. Yang paling penting dilakukan secara rutin setiap hari ini.

3. Sholat Tarawih

Salah satu jenis ibadah sunnah yang hanya ada pada bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Ibadah ini tergolong sunnah tetapi pahalanya sangat melimpah karena bisa membukakan pintu rezeki. Jadi, tetap disarankan untuk menjalankan salat tarawih apabila memiliki waktu.

Normalnya sholat tarawih dijalankan sebanyak 23 rakaat atau 11 rakaat di beberapa tempat. Yang paling penting, bukan seberapa banyak jumlah rakaat yang dijalankan tetapi kualitas dari ibadah yang dijalankan. Selama bisa dijalankan dengan baik tidak akan ada masalah sama sekali.

Beberapa orang tidak bisa menjalankan salat tarawih di masjid atau mushola. Apabila mengalami hal semacam ini salat tarawih masih bisa dilakukan di rumah bersama dengan keluarga atau sendirian saja. Jadi, tidak ada alasan tidak sholat tarawih karena tidak bisa berjamaah.

4. Sholat Malam

Amalan di bulan Ramadhan sholat malam
Sumber Gambar : kompas.com

Selain menjalankan salat tarawih yang biasanya berjalan selama 23 rakaat. Ada satu lagi amalan yang bisa dilakukan pada malam hari ketika seseorang belum tidur atau setelah tidur. Ibadah itu adalah sholat malam yang bisa dilakukan sebanyak 2 rakaat.

Sholat malam yang dilakukan jumlahnya ada banyak mulai dari melakukan shalat tahajud hingga melakukan shalat istikharah. Selain itu, seseorang juga bisa melakukan salat obat untuk mendapatkan hidayah yang lebih banyak. Sholat malam juga akan memberikan pahala dalam jumlah yang sangat melimpah.

Itulah kenapa sangat disarankan untuk tetap menjalankan sholat malam khususnya pada sepertiga malam terakhir. Kita bisa bangun pada pukul 2 pukul 3 untuk menjalankan ibadah sholat malam terlebih dahulu. Setelah itu, bisa menjalankan ibadah lain seperti menjalankan sahur.

5. Bersedekah Sesuai Kemampuan

Amalan di bulan ramadhan bersedekah
Sumber Gambar : unsplash.com / Napendra Sight

Salah satu amalan yang tetap harus dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba adalah dengan melakukan sedekah. Sedekah bisa dilakukan secara rutin setiap hari dengan memberikan apapun yang dimiliki sesuai dengan kemampuan.

Beberapa orang menganggap jika kita yang bisa dilakukan oleh mereka yang memang sudah mampu secara finansial. Padahal sedekah masih bisa dilakukan kapanpun seseorang mau. Bahkan, tidak harus dengan uang dengan jumlah yang sangat besar.

Sedekah bisa dijalankan asalkan seseorang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Jadi, tidak harus dalam bentuk uang dalam jumlah yang banyak. Sedekah dalam bentuk pikiran ataupun usaha pun juga bisa memberikan manfaat. Jadi, jangan berpikiran jika tidak mampu tidak bisa bersedekah.

6. Berdiam Diri di Masjid

Daripada melakukan aktivitas-aktivitas yang melanggar aturan atau syariat Islam. Sangat disarankan untuk lebih banyak berdiam diri didalam masjid. Jangan pergi yang kiri di dalam masjid maka, kita lebih banyak melakukan aktivitas positif.

Biasanya berdiam diri di dalam masjid dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keberkahan. Tapi apabila ini bagian kiri pada hari apa pun juga tidak ada masalah sama sekali. Apalagi dilakukan dengan melakukan aktivitas bermanfaat seperti membaca Alquran.

Lakukan aktivitas ini, setiap saat apabila sedang membutuhkan. Apalagi hanya berdiam diri di dalam masjid bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang. Selain itu, bisa juga membuat seseorang lebih terjaga kelakuannya karena berada di lingkungan yang suci.

7. Membantu Sesama

Sangat disarankan untuk membantu sesama pada bulan Ramadhan tiba. Membantu sesama bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari bersedekah dan memberikan sebagian materi. Selain itu, bisa juga dengan cara lain sesuai dengan kemampuan.

Membantu orang lain akan memberikan pahala yang besar. Selain itu, juga bisa mengakrabkan hubungan persaudaraan khususnya sesama muslim. Jadi, jangan merasa jika membantu orang lain justru akan merugi.

Justru dengan membantu orang lain bisa dibantu untuk hidup lebih baik. Allah akan memberikan pahala yang lebih berlipat ganda dan memakmurkan kehidupan kita semua.

8. Berbagi Makanan Sahur dan Berbuka

Amalan di bulan ramadhan berbagi makanan sahur dan berbuka

Satu hal yang seringkali dilakukan oleh masyarakat ketika sedang bulan puasa adalah berbagai makanan. Kita pun juga bisa melakukan ini dengan membagikan makanan ketika waktu sahur tiba ataupun ketika waktu berbuka puasa.

Kita bisa membagikan makanan dalam bentuk nasi kotak secara langsung kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, bisa juga membagikan makanan ketika akan menjelang buka puasa pada orang-orang di pinggir jalan suksesnya seorang musafir.

Memberikan makanan pada mereka yang membutuhkan khususnya jika digunakan untuk ibadah akan memberikan manfaat yang besar. Pahala yang nantinya kita dapatkan juga akan berlipat ganda.

9. Fokus pada 10 Hari Terakhir

Selalu fokus pada bulan puasa mulai hari pertama hingga hari terakhir. Tetapi khusus pada 10 hari terakhir memang benar-benar harus difokuskan karena pada hari ini lah malam Lailatul Qadar akan diturunkan.

Sepuluh hari terakhir khususnya pada malam ganjil merupakan waktu diturunkannya malam Lailatul Qadar ke dunia. Apabila seseorang bisa fokus pada malam Lailatul Qadar ini mereka bisa mendapatkan pahala yang lebih baik dari 1000 bulan.

10. Melakukan Sahur

Sahur adalah salah satu sunnah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi sangat disarankan untuk tetap menjalankan sabun ini setiap hari sebelum melakukan ibadah puasa.

Umumnya sahur dilakukan beberapa jam menjelang subuh. Kita bisa mengkonsumsi apapun sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tetapi sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa memberikan energi selama seharian penuh.

11. Perbanyak Doa 

Amalan di bulan Ramadhan dengan memperbanyak doa`

Lakukan doa sebanyak-banyaknya ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Seperti yang sudah diketahui bersama jika pada bulan puasa berbagai jenis doa akan dikabulkan dengan lebih mudah. Selama doanya baik tidak akan ditolak sama sekali oleh Allah.

Doa dipanjatkan kapanpun kita menginginkannya. Tetapi secara umum berbagai jenis doa bisa dipindahkan setelah seseorang menjalankan ibadah puasa atau sholat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan keberkahan yang besar.

12. Memohon Ampunan pada Allah

Ketika menjalankan puasa salah satu aktivitas yang akan memberikan manfaat besar adalah memohon ampunan pada Allah. Mohon ampunan ini harus dilakukan karena pada bulan puasa dibukakan seluruh pintu maaf dan juga pintu taubat.

Mohon ampunan bisa dilakukan kapanpun khususnya setelah menjalankan berbagai jenis ibadah wajib seperti sholat lima waktu. Dengan melakukan itu ampunan bisa didapatkan dengan lebih mudah khususnya yang berhubungan dengan dosa-dosa yang pernah berbuah sebelumnya.

Jadi jangan lupa untuk meminta ampunan pada Allah karena pada bulan ini pintu taubat akan dibukakan sangat lebat. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memanjatkan doa untuk mendapatkan keberkahan yang lebih besar. Karena pintu rezeki juga akan dibuka.

13. Belajar Syariah Islam

Belajar syariat Islam juga sangat penting dijalankan ketika sedang menjalankan puasa. Belajar Syariah bisa dilakukan di mana pun mulai dengan melihat video yang ada pada YouTube atau bisa juga langsung dengan mengikuti berbagai jenis ceramah yang ada di masjid.

Bahkan, seseorang juga bisa belajar Syariah dengan hanya membaca buku ataupun artikel. Intinya ketika sedang menjalankan puasa manfaatkan waktu luang dengan menjalankan aktivitas yang bermanfaat. Satunya adalah dengan belajar Islam dengan lebih banyak.

Aktivitas ini tetap harus dilakukan ketika puasa sudah selesai. Tadi kita semua akan terbiasa untuk menjalankan ibadah secara rutin. Jadi, ketika memiliki waktu luang bisa langsung dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih bermanfaat.

14. Segera Berbuka

Salah satu amalan yang harus dilakukan ketika menjalankan puasa adalah segera berbuka ketika waktunya sudah tiba. Beberapa orang sering sekali menunda untuk berbuka dan melakukan aktivitas lain padahal mereka sudah dianjurkan untuk segera membatalkan.

Sebenarnya untuk berbuka puasa atau membatalkan puasa tidak harus dilakukan dengan langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Dengan hanya minum air putih saja sudah bisa membatalkan puasa dan menyelesaikan seluruh ibadah wajib dalam 1 hari.

Ketika melakukan puasa sangat disunnahkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis seperti kurma.

Tetapi, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang manis dalam jumlah yang terlalu banyak. Yang paling penting sudah bisa digunakan untuk membatalkan puasa dan menambahkan tenaga untuk ibadah.

Amalan di bulan Ramadhan akan meningkatkan ibadah dan juga keimanan yang dilakukan oleh seseorang. Apalagi amalan ini akan dilipatgandakan pahalanya selama bulan Ramadhan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk terus menjalankan amalan ini secara rutin dalam satu bulan. Apalagi jika berkaitan dengan berbagi yang pahalanya tetap akan mengalir terus.

Yuk kumpulkan pahala di bulan yang mulia melalui program ramadhan di Yatim Mandiri.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.