12 Daftar Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Surabaya, Seru!

Mana saja rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya? Beberapa di antaranya, yaitu Masjid Sunan Ampel, Food Junction, dan banyak lainnya!


Saat puasa, menunggu waktu berbuka akan terasa lebih lama jika hanya diam di rumah saja. Namun, perasaan ini akan hilang jika Sahabat mengisinya dengan berbagai kegiatan ngabuburit. 

Surabaya memiliki banyak spot rekomendasi tempat ngabuburit yang menyenangkan dan unik. Tempat ngabuburit di kota ini sangat lengkap, mulai dari pasar Ramadhan, tempat wisata, mal, hingga area wisata religi. 

Dengan demikian, umat Islam di Surabaya dapat secara leluasa memilih spot ngabuburit sesuai minat mereka.

Lantas, mana saja tempat ngabuburit yang enak di Surabaya? Yuk, simak daftarnya dalam artikel berikut ini!

Daftar Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia. Jadi, tidak heran jika kota ini memiliki banyak tempat menarik untuk ngabuburit maupun buka bersama. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya.

1. Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel adalah salah satu tempat ngabuburit yang wajib dikunjungi. Masjid yang dibangun pada tahun 1421 ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Tokoh di balik pembangunan masjid tersebut adalah Sunan Ampel atau Raden Rahmatullah.

Arsitektur Masjid Sunan Ampel memiliki daya tarik yang tak biasa karena memadukan gaya arsitektur Jawa dan Arab. Di masjid yang indah ini, pengunjung dapat melakukan banyak hal.

Selain tadarus dan sholat berjamaah, pengunjung juga dapat membeli takjil untuk berbuka puasa. Penjual di sekitar Masjid Sunan Ampel tidak hanya menjual makanan takjil saja. Banyak dari mereka yang menjual souvenir dan peralatan ibadah.

Selain melakukan kegiatan-kegiatan di atas, pengunjung juga dapat berziarah ke makam Sunan Ampel yang terletak satu kompleks dengan masjid. 

Suasana masjid dan makam Sunan Ampel hampir selalu ramai dengan pengunjung. Jadi, ngabuburit di komplek masjid dan makam Sunan Ampel pasti terasa menyenangkan.

2. Masjid Al-Akbar

Masjid lain di Surabaya yang juga wajib dikunjungi saat Ramadan adalah Masjid Al-Akbar atau yang dikenal juga sebagai Masjid Agung Al Akbar. 

Masjid tersebut memiliki arsitektur yang megah dan menarik dengan kubah dan atap besar berwarna hijau dan biru. Lebih lanjut, masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara tinggi.

Selain itu, masjid Al-Akbar juga sangat luas. Jadi, tak heran jika masjid ini dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. 

Sambil menunggu buka puasa, pengunjung masjid dapat mengikuti kegiatan religi di masjid ini dan berfoto di sekitar masjid.

Selama bulan Ramadhan, pengunjung Masjid Al-Akbar dapat menemukan banyak penjual di sekeliling masjid. 

Mereka menjual berbagai produk, mulai dari takjil, lauk pauk, hingga baju muslim. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu bingung mencari makanan untuk berbuka di masjid ini.

3. Taman Bungkul

Rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya, selanjutnya yaitu Taman Bungkul. Tempat ini cocok sekali bagi mereka yang ingin menunggu waktu buka puasa di area terbuka yang sejuk dan asri. 

Taman yang dibuka pada tahun 2007 ini cocok untuk ngabuburit bersama keluarga dan anak-anak. Di tempat ini, pengunjung dapat menemukan berbagai fasilitas menarik, contohnya area bermain anak, area bermain skateboard, area jogging, air mancur, dan WiFi gratis.

Dengan demikian, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas sambil menunggu adzan maghrib. Di sini, pengunjung juga bisa duduk-duduk santai bersama keluarga atau teman sambil menikmati keindahan taman menjelang senja.

Jika pengunjung ingin berpiknik sambil berbuka bersama di Taman Bungkul, mereka tidak perlu repot membawa makanan dari rumah. 

Mereka dapat membeli makanan untuk berbuka dari penjual takjil di sekitar taman ini. Taman tersebut terletak di Jl. Taman Bungkul, Kecamatan Wonokromo.

4. Kenjeran

Bagi warga Surabaya yang ingin ngabuburit di pantai, Pantai Ria Kenjeran dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Ngabuburit di pantai ini dijamin murah meriah dan menyenangkan. Pantai Ria Kenjeran memiliki pemandangan senja yang bagus. 

Selain itu, Jembatan Suramadu di latar belakang pantai ini membuat pemandangan pantai semakin unik. Ketika berada di pantai tersebut, pengunjung juga dapat membeli berbagai makanan dan minuman untuk berbuka, contohnya air kelapa muda dan lontong kupang.

Selain itu, pengunjung dapat membawa makanan dari rumah dan menikmatinya di salah satu gazebo di pantai ini. Adapun harga tiket masuk ke Pantai Ria Kenjeran adalah Rp10.000.

5. Mal

Surabaya memiliki banyak mal keren untuk ngabuburit. Kegiatan ngabuburit di mal tersebut cocok sekali untuk Sahabat yang suka belanja atau ingin sekedar window shopping

Beberapa mal di Surabaya yang cocok untuk ngabuburit adalah Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, dan Plaza Surabaya.

Setelah berbelanja atau berjalan-jalan di mal sambil menunggu adzan maghrib, pengunjung mal dapat mampir ke salah satu resto atau café di dalam mal untuk berbuka puasa.

6. Food Junction

Food Junction bukan hanya salah satu tempat yang direkomendasikan untuk ngabuburit, tapi juga tempat rekomendasi bukber di Surabaya. Food Junction merupakan salah satu surga kuliner di Surabaya.

Di sini, pengunjung dapat menemukan ratusan gerai makanan dan minuman. Selain itu, harga makanan dan minuman di tempat ini juga sangat bersaing.

Food Junction menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Mushola, kolam ikan keren, tempat makan, dan spot foto adalah beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di tempat ini. 

Selain itu, di Food Junction, pengunjung dapat berfoto dan membeli takjil sambil menunggu waktu adzan maghrib. 

Setelah selesai membeli takjil, pengunjung dapat menggunakan tempat makan tersebut untuk berbuka bersama. 

7. Museum 10 November

Rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya berikutnya adalah Museum 10 November. Di sini, pengunjung dapat menunggu waktu berbuka sambil belajar sejarah kemerdekaan. 

Museum ini juga memiliki arsitektur yang terlihat menarik dari luar. Selain itu, interior Museum 10 November terlihat cukup megah. 

Dengan begitu, pengunjung tidak hanya bisa belajar sejarah di sini, tapi mereka juga bisa foto-foto dengan latar yang keren.

Museum 10 November buka dari hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 15.00. Alamat museum ini berada di Jl, Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan. Pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp5.000 untuk masuk ke museum tersebut.

8. Trans Studio Mini

Salah satu tempat yang seru untuk ngabuburit bersama keluarga adalah Trans Studio Mini. Tempat bermain ini memiliki bermacam-macam wahana yang pasti akan membuat anak-anak senang. 

Selain itu, Trans Studio juga memiliki spot-spot foto keren, sehingga waktu berbuka akan terasa lebih cepat tiba jika ditunggu sambil bermain dan berfoto di Trans Studio Mini. 

Saat adzan maghrib tiba, pengunjung dapat berbuka di restoran yang ada di tempat bermain ini.

Namun, pengunjung sebaiknya booking meja terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat saat hendak berbuka puasa di restoran tersebut.

9. Surabaya North Quay 

Salah satu rekomendasi tempat ngabuburit unik di Surabaya adalah Surabaya North Quay. Tempat wisata ini berupa dek yang letaknya di atap gedung pencakar langit. Lokasi dek dan gedung tersebut berada di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selama bulan Ramadhan, Surabaya North Quay buka pada sore hari hingga pukul 21.00. Namun, di hari biasa, tempat wisata ini buka dari siang (pukul 12.00/13.00) hingga pukul 19.00/20.00.

Saat ngabuburit di Surabaya North Quay, pengunjung dapat menikmati pemandangan tepi laut menjelang senja yang indah. 

Selain itu, mereka juga bisa melihat Pulau Madura dari kejauhan dan kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan.

Surabaya North Quay dilengkapi dengan beberapa fasilitas, salah satunya adalah food court. Dengan begitu, pengunjung dapat berbuka di food court tersebut saat memasuki waktu maghrib.

Untuk masuk ke Surabaya North Quay, Sahabat harus membeli tiket masuk yang harganya Rp10.000. Harga tiket ini sudah termasuk voucher food court.

10. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau Monkasel adalah tempat wisata di Surabaya yang cocok sekali untuk ngabuburit. 

Tempat wisata ini unik dan menarik. Di sini, pengunjung dapat masuk ke bekas kapal selam milik Angkatan Laut RI. Pengalaman wisata seperti ini tentu sulit ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Selain itu, lokasi kapal selam ini juga tidak jauh dari taman dan kafe, sehingga pengunjung dapat membatalkan puasa dengan mudah saat waktu berbuka tiba. Untuk mengunjungi monumen ini, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp15.000.

11. Wisata Kalimas

Rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya lainnya, yaitu Wisata Perahu Kalimas. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, wisatawan dapat naik kapal menyusuri Sungai Kalimas dan mampir ke museum atau monumen yang ada di tepi sungai ini.

Selama perjalanan naik perahu, wisatawan disuguhi pemandangan indah tepi sungai Kalimas. Wisata perahu ini bisa dinikmati dari pukul 15.00 hingga 21.00.

Wisata Kalimas menyediakan dua pilihan rute dengan harga tiket mulai dari Rp4.000 untuk menikmati pemandangan khas kota metropolitan.

12. Pasar Takjil Karang Menjangan

Pasar Takjil Karang Menjangan berada di sepanjang Jalan Karang Menjangan (Karmen), Kecamatan Gubeng. 

Di pasar ini, pengunjung dapat menemukan banyak sekali makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Kuliner tradisional hingga modern ada di Pasar Takjil Karang Menjangan. 

Selain itu, beberapa pedagang di pasar ini juga menjual makanan dan minuman yang sulit ditemukan di hari-hari biasa, contohnya es garbis, martabak mie Madura, dan kucur.

Itulah rekomendasi tempat tempat ngabuburit di Surabaya yang bisa menjadi referensi. Di antara banyaknya tempat di Surabaya, ada 12 rekomendasi tempat ngabuburit yang wajib dikunjungi selama Ramadan. 

Beberapa contoh tempat tersebut adalah Masjid Sunan Ampel, Taman Bungkul, dan Food Junction. Semoga beberapa rekomendasi ini bisa membuat agenda ngabuburit jadi lebih seru.

Selain membuat ngabuburit seru, jangan lupa untuk memperkuat dan memperdalam ilmu agama dengan melihat ceramah dan menjalankan amalan bulan Ramadan.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kewajiban di bulan Ramadan, yaitu membayar zakat fitrah. Sahabat bisa membayar zakat fitrah dengan mudah dan praktis melalui platform Yatim Mandiri.

Sebagai seorang Muslim, mari tunaikan zakat fitrah untuk menyucikan diri dan harta!

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top