Dahsyat! Keutamaan Doa Anak Yatim yang Pasti Terkabulkan

Doa Anak Yatim

Mungkin pernah mendengar kalau doa anak yatim itu pasti dikabulkan bukan? Yuk cari tahu penjelasan doa dari anak yatim pasti dikabulkan oleh Allah SWT pada artikel berikut ini.


Anak yatim adalah anak yang masih belum baligh dan sudah ditinggal oleh ayahnya. Kebanyakan dari anak yatim itu hidupnya serba kekurangan jadi tidak ada salahnya kamu menyantuninya.

Ketika mengirim santunan biasanya ada doa bersama, doa anak yatim biasanya mudah terkabul.

Mengapa penting mengirim santunan kepada anak yatim? Anak yatim yang hidup serba kekurangan, bahkan rela bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itu, banyak orang yang pintu hatinya terketuk untuk menyantuni anak yatim.

Doa Anak Yatim Akan Diijabah

Menurut ajaran agama Islam seseorang bisa disebut anak yatim jika usianya belum baligh. Baligh bisa dilihat dari tanda-tanda ketika seorang anak laki-laki yang belum pernah mimpi basah.

Sedangkan untuk anak perempuan itu bisa dilihat ketika belum pernah mengalami menstruasi.

Tanda-tanda baligh juga bisa dilihat dari tumbuhnya rambut di sekitar alat kelamin perempuan maupun laki-laki.

Sedangkan batasan umur laki-laki menginjak masa baligh adalah 15 tahun sedangkan untuk anak perempuannya adalah 9 tahun.

Lalu ada hadits mengenai doa anak yatim ini yang bercerita tentang seseorang dengan hati keras hendak melunakkan hatinya.

Rasulullah SAW yang mendengar pertanyaan tersebut langsung berkata jika ingin melembutkan hati maka caranya dengan menyantuni anak yatim dan mengusap kepalanya.

Apabila kamu menyantuni anak yatim maka Allah SWT sudah berjanji akan mengabulkan segala keinginan dan melimpahkan rezeki untuk orang yang bersedekah. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan santunan seperti dengan memberikan pakaian, membiayai pendidikan dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Anak Yatim dan Piatu serta Perbedaannya dalam Islam

Keutamaan Doa Anak Yatim

Sudah dijelaskan dengan rinci mengenai keutamaan menyantuni anak yatim dalam Al-Qur’an. Anak yatim merupakan sosok yang harus disayang, dikasihi dan diperhatikan.

Dengan membantu anak yatim, maka itu adalah salah satu perbuatan yang baik.

Ada banyak keutamaan dari menyayangi anak yatim seperti doa anak yatim yang diucapkan bisa menembus langit. Lalu, apa saja keutamaan lain dari menyayangi anak-anak yatim di panti asuhan?

1. Pengasuh Anak Yatim Akan Masuk Surga

Doa yang diucapkan oleh anak yatim itu juga akan membantu pengasuh anak yatim masuk surga. Dalam hal ini juga sudah dijelaskan langsung pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. 

Hadis tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah SAW berkata bahwa pengasuh anak yatim akan masuk surga.

Seorang pengasuh yang memelihara anak yatim dengan memberinya makan dan minum pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali orang tersebut pernah melakukan sebuah dosa besar. Dosa besar tersebut seperti syirik, dosa yang tidak bisa diampuni oleh Allah SWT.

2. Mendapatkan Pertolongan dari Allah SWT

Doa dari anak yatim tidak hanya membuat masuk surga tetapi juga akan mendatangkan pertolongan dari Allah SWT.

Menolong anak yatim merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dan Allah akan membalasnya. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Hadis tersebut menjelaskan bagi siapa pun yang membantu menghilangkan kesusahan orang mukmin lain di dunia dan akhirat maka kesusahannya juga akan dihilangkan oleh Allah SWT.

Bagi siapa yang meringankan beban orang mukmin lain, maka bebannya juga akan Allah angkat.

Allah SWT akan senantiasa membantu hamba-hambaNya yang menolong orang lain khususnya anak yatim.

Doa anak yatim benar-benar istimewa karena Allah juga akan senantiasa memberikan pertolongan kepada orang-orang yang menyantuni anak yatim.

3. Investasi Untuk Akhirat

Selain didoakan oleh anak yatim, para penyantun anak yatim juga sama dengan mengumpulkan investasi di akhirat. 

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berbunyi jika manusia mati maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: ilmu yang bermanfaat, amal jariah dan doa anak-anak soleh. Doa yang dikirimkan anak yatim itu bisa membantu di akhirat kelak. 

Selain itu, doa-doanya yang mudah dikabulkan juga akan mendatangkan kebaikan-kebaikan lain dari Allah SWT. Banyak bentuk santunan yang bisa diberikan misalnya pakaian layak pakai, makanan, sembako, uang, dan sebagainya.

4. Menjadi yang Terbaik

Apabila kamu ingin menjadi manusia yang terbaik maka santunilah anak-anak yatim.

Menyantuni anak yatim merupakan salah satu bentuk ibadah sosial dalam rangka meningkatkan amar ma’ruf (menyerukan kepada kebaikan) dan nahi munkar (melarang perbuatan yang munkar).

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi berbunyi siapa saja yang menyeru kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakan kebaikan tersebut.

Tidak hanya menjadi manusia yang terbaik melainkan kamu juga akan mendapatkan doa anak yatim sebagai penolong di dunia dan akhirat.

Allah SWT akan senantiasa menolong hamba-Nya yang membantu kehidupan anak yatim.

Baca Juga : Anjuran Sedekah Kepada Anak Yatim Sesuai Dalil dan Hadist

5. Terhindar dari Siksa di Akhirat

Semua manusia pasti ingin terhindar dari siksaan di akhirat kelak. Tidak ada yang tahu bagaimana dahsyatnya siksaan dari Allah SWT oleh sebab itu jika ingin selamat dari siksaan maka salah satu caranya bisa dengan menyantuni anak yatim.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan dalam sebuah hadis bahwa Allah SWT tidak akan menyiksa orang-orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut ketika berkata dengan mereka dan memelihara keyatimannya.

6. Mendapatkan Predikat Sebagai Orang Soleh

Menyantuni anak-anak yatim tidak hanya mendatangkan pertolongan dari Allah saja akan tetapi juga mendapatkan predikat abror.

Abror berarti orang-orang yang soleh atau taat kepada Allah SWT. Rajin bersedekah kepada anak-anak yatim menandakan bahwa orang tersebut adalah orang yang abror.

Orang-orang abror tersebut apabila berbuat kebaikan maka sama dengan meminum air kafur. Air kafur adalah mata air di surga yang hanya diminum oleh hamba-hamba pilihan Allah SWT. Mata air tersebut memancarkan banyak kebaikan.

Orang-orang abror tersebut juga mengetahui bahwa azab Allah SWT itu ada di mana-mana oleh karena itu mereka memberi makan anak-anak yatim dan orang miskin.

7. Menjadi Teman Rasulullah SAW

Keutamaan dari orang yang memberikan santunan kepada anak yatim adalah menjadi teman Rasulullah SAW kelak di surganya Allah SWT. Orang-orang yang memberikan santunan ke anak yatim maka akan semakin dekat dengan Rasul.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Abu Dawud dan Tirmidzi menjelaskan bahwa jarak antara Rasul, surga dan orang penyantun anak yatim bagaikan jari tengah dan telunjuk, dekat sekali. 

Sangat banyak keutamaan doa anak yatim oleh karena itu kamu bisa langsung memberikan santunan.

Baca Juga : Adab Rasulullah Pada Anak Yatim yang Patut Dicontoh

Kisah Nyata Mengenai Dahsyatnya Doa Anak Yatim

Sebuah kisah mengenai keajaiban dari doa seorang anak yatim pernah terjadi di zaman pra sejarah. Ada 4 raja yang berhasil menguasai dunia yaitu Raja Dzul Qarnain (Alexander), Nabi Sulaiman dan dua lagi raja yang menentang Tuhan yaitu Raja Syaddad dan Raja Namrud.

Kisah Raja Syaddad ini dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam Surah Al Fajr ayat 7 sampai 8 yang berbunyi

ارمذات لعماد (7) التي لم يخلق مثلها فى البلاد (8)

artinya adalah yaitu penduduk Iram (ibukota kaum ‘Ad) yang tinggi (7) yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain (8).

Pada ayat tersebut menjelaskan tentang penduduk Iram yang memiliki bangunan-bangunan pencakar langit. Menurut Al Hamdani, bangunan tersebut hilang tertimbun pasir.

Raja Syaddad adalah raja yang cerdas dan mempelajari semua agama tetapi dirinya tidak beriman.

Raja Syaddad ingin menyaingi Tuhan maka dia membangun sebuah kota yang mirip dengan surga Aden dengan material emas, perak dan permata. Singkat cerita salah seorang pembangun mengambil kalung emas milik anak yatim sebagai material tambahan bangunan.

Anak yatim tersebut menangis karena kalungnya diambil dan berdoa kepada Allah SWT agar semuanya dibinasakan. Allah SWT mengabulkan doanya dan membinasakan seluruh kota dalam tiupan sangkakala malaikat. Ternyata doa dari anak yatim sangat diijabah oleh Allah SWT.

Betapa dahsyat doa anak yatim tersebut langsung didengar oleh Allah SWT. Seperti contoh dari Raja Syaddad yang bangunannya langsung tersapu habis dalam satu tiupan sangkakala malaikat. Oleh karena itu, kita harus senantiasa memelihara anak yatim.

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.