Berlipat Pahala dan Keutamaan Sedekah Makanan

hands holding donation box with provisions 1

Memberi sedekah makanan pada orang miskin, mudah dilakukan dan banyak keutamaan. Mulai biasakan dari sekarang supaya bisa tuai pahala di hari akhir.


Sedekah merupakan amalan yang banyak pahalanya, apalagi jenisnya sangat banyak sehingga kemungkinan menabung pahala sangat besar.

Salah satunya adalah sedekah makanan yang bisa dilakukan siapa saja kepada orang yang membutuhkan.

Yang dimaksud dengan sedekah berupa makanan yaitu sebuah amalan dengan memberikan makanan kepada orang lain, tentunya orang tersebut masuk kategori bisa menerima sedekah. Misalnya, fakir, miskin, orang terlantar, dan lainnya.

Dalil Tentang Sedekah Makanan

hand giving soup bowl needy person
sumber foto: freepik

Sejumlah dalil dari Al-Quran maupun hadits menjadi landasan penting mengapa sedekah makanan bisa dipilih untuk menuai pahala, sekaligus membantu sesama.

Dalil pertama adalah di dalam Surat Al Ma’un ayat 1-3 yang menjelaskan bahwa orang yang mendustakan agama adalah orang yang membentak anak yatim juga orang yang tidak memberi makan orang kategori miskin.

Kemudian, ada lagi dalil dari hadits riwayat Baihaqi yang menyebutkan sabda Rasulullah SAW tentang, ketidaksempurnaan iman seseorang yang saat perutnya kenyang padahal tetangga yang tinggal di sebelahnya masih kelaparan.

Satu lagi dalil berupa hadits riwayat Thabrani yang mengungkapkan sabda Rasulullah SAW.

Siapa saja yang memberikan makan kepada orang mukmin sampai kenyang, Allah SWT akan menempatkannya di dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki orang selain dirinya.

Dari dalil tersebut bisa dipahami bahwa memberikan sedekah makanan kepada orang lain yang membutuhkan, akan membuka pintu pahala bahkan memberikan kesempatan untuk masuk surga.

Cara Memberi Sedekah Makan yang Benar

eid concept with group friends with dates
sumber foto: freepik

Sebenarnya tidak ada cara baku untuk memberikan sedekah berupa makanan kepada orang lain, namun paling tidak bisa lebih terarah dengan melakukan langkah yang benar.

  1. Sisihkan uang belanja untuk sedekah makan, jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
  2. Beli makanan yang mengenyangkan untuk diberikan kepada orang lain, misalnya nasi bungkus dan minuman atau roti dan air mineral. Jumlahnya disesuaikan dengan dana yang dimiliki.
  3. Carilah orang yang memang masuk kategori penerima sedekah. Misalnya pengemis yang ditemui di jalan, bisa juga diberikan kepada yayasan anak yatim, atau siapa saja yang memang butuh makanan tersebut.
  4. Ikhlas memberikan tanpa mengharapkan balasan, tanpa harus didokumentasikan, atau diberitahu kepada orang lain. Supaya pahalanya sampai kepada pemberi sedekah dan tidak menjadi kesombongan yang justru menimbulkan sifat riya.
  5. Lakukanlah dengan rutin sesuai kemampuan sehingga menjadi ladang pahala untuk di akhirat nanti selain amalan lain yang wajib maupun sunnah sesuai firman Allah SWT dan anjuran Rasulullah SAW.

Dengan menerapkan cara di atas, paling tidak sudah menjadi salah satu upaya berbagi kepada sesama kapan saja dan dimana saja.

Tidak memberatkan, dijalankan dengan ikhlas, dan tentunya menjadi rutinitas positif berujung pahala berlimpah.


Baca juga:   
Macam-Macam Sedekah yang Paling Mudah Dilakukan

Keutamaan Sedekah Makanan

WhatsApp Image 2021 08 13 at 09.13.36
dokumentasi penyaluran Yatim Mandiri.

Bukan hal yang biasa saja ketika seseorang menerapkan sedekah makanan bagian rutinitasnya.

Ada banyak keutamaan dari jenis sedekah tersebut. Bukan saja untuk kehidupan di dunia, namun juga bagi kehidupan di akhirat nanti. Apa saja keutamaan dan manfaatnya?

1.   Menjalin Silaturahmi dengan Sesama

Dengan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, tentu akan membuka silaturahmi dengan banyak orang baru.

Misalnya ketika memilih memberikan sedekah kepada anak panti asuhan secara rutin.

Pertemuan intensif sekali sebulan misalnya, akan mempererat tali silaturahmi dengan pihak panti asuhan.

Lebih akrab dengan anak panti asuhan dan pengelolanya, menjadikan mereka sebagai keluarga dan rumah kedua.

Sama halnya dengan memberikan sedekah berbentuk makanan kepada fakir dan miskin yang berbeda-beda setiap waktu.

Akan banyak orang baru yang dikenal, memahami bagaimana kehidupan mereka dan suatu saat bertemu kembali akan menjadi momen silaturahmi yang positif.

2.   Membuka Pintu Rezeki

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, ada penjelasan tentang harta yang tidak akan berkurang ketika seseorang bersedekah.

Sama halnya dengan orang yang pemaaf, Allah SWT akan menambahkan wibawanya.

Kemudian dalil hadits Baihaqi dimana dijelaskan bahwa untuk mendatangkan rezeki dari Allah bisa dilakukan dengan bersedekah.

Dengan penjelasan tersebut, jelas adanya kalau sedekah tidak akan mempersulit rezeki dan mengurangi harta seseorang.

Sedekah justru akan menjadi cara untuk memperlancar rezeki. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun selalu disarankan untuk bersedekah walau dalam jumlah sekecil apapun.

3.   Pertolongan Allah

Allah SWT akan memberikan pertolongan kepada hambanya yang melakukan perbuatan baik sesuai dengan yang diperintahkanNya.

Salah satu perbuatan baik tersebut termasuk sedekah yang diberikan dengan ikhlas kepada orang yang berhak menerima sedekah.

Baik itu sedekah berbentuk harga benda, makanan, dan semua jenis sedekah lainnya yang dapat dilakukan dan bermanfaat.

4.   Ketenangan Hati

Percaya atau tidak, setelah memberikan sedekah akan memberikan rasa ketenangan di hati.

Paling tidak ada rasa bangga terhadap diri sendiri karena bisa melakukan perbuatan mulia yang bermanfaat bagi orang lain.

Apalagi jika diterima dengan rasa senang hati dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh penerima sedekah tersebut.

5.   Pahala Berlipat Ganda

Di dalam Surat Al-Baqarah ayat 261 dijelaskan bahwa perumpamaan orang yang bersedekah harta yang mereka miliki di jalan Allah.

Sama halnya dengan dari satu biji akan tumbuh sebanyak tujuh tangkai tanaman dan dari setiap tangkai tersebut akan bertumbuh 100 biji baru.

Sebuah perumpamaan yang sangat tepat untuk menggambarkan betapa banyak pahala yang bisa dituai dengan melakukan sedekah. Salah satunya tentu sedekah makanan kepada orang membutuhkan.

Sama halnya dengan yang ucapan Ali bin Abi Thalib RA, yang pernah menyebutkan bahwa memancing rezeki bisa dilakukan dengan bersedekah.


Artikel pilihan:   
5 Keajaiban Sedekah yang Anda Dapatkan & Cerita Sahabat Nabi

6.   Dosa Dihapus

Dari hadits riwayat Tirmidzi didapatkan pemahaman tentang sabda Rasulullah SAW yaitu sedekah bisa menghapus dosa, seperti air yang dapat membuat api menjadi padam.

Salah satu penjelasannya adalah ketika memberikan sedekah berupa makanan kepada orang lain, maka dapat menjadi upaya untuk menutup dosa yang sudah dilakukan.

Namun, memang tidak instan dan perlu disertai niat untuk bertobat serta penyesalan yang benar-benar ikhlas.

Intinya adalah penghapusan dosa bisa terjadi tetap atas izin Allah SWT. Salah satu caranya dengan bersedekah ikhlas untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari-Nya.

7.   Amal Jariyah

Dari dalil hadits shahih riwayat Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ketika seseorang sudah meninggal maka tiga amalan yang tak akan putus darinya adalah sedekah jariyah, ilmu yang memiliki manfaat, serta doa dari anak-anak soleh yang mendoakannya.

Bisa dibayangkan semakin banyak bersedekah, akan semakin banyak amal jariyah sebagai bekal di akhirat meskipun seseorang sudah meninggal.

Sedekah yang diberikan itu tentu saja sesuai dengan penjelasan jenis sedekah yang bisa dilakukan selama hidup.

Salah satunya adalah sedekah makanan yang bisa dilakukan dengan sangat mudah.

8.   Pintu Surga Terbuka

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, orang yang bersedekah memiliki kesempatan masuk surga melalui pintu khusus yang akan terbuka nanti di hari akhir untuknya.

Tidak sulit untuk melakukan sedekah makanan, selama tulus untuk mengharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Jika masih bingung kemana akan diberikan, bisa memberikan donasi sedekah tersebut melalui Yayasan Yatim Mandiri yang amanah dan siap menjadi sarana terbaik untuk bersedekah.