5 Keajaiban Sedekah yang Anda Dapatkan & Cerita Sahabat Nabi

keajaiban sedekah
Photo by micheile on Unsplash

Terdapat lima macam keajaiban sedekah dan bisa diperoleh orang-orang yang melakukannya. Salah satunya yaitu pahala yang berlipat ganda.


Sedekah merupakan suatu amalan berbagi yang bisa mendatangkan banyak keajaiban bagi siapa saja yang melakukannya. Keajaiban sedekah tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sudah begitu banyak yang merasakan keajaiban ini dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, sedekah juga menjadi amalan yang begitu mudah dilakukan. Sebab, cakupannya pun jauh lebih luas dibandingkan infak.

Sedekah tidak hanya terbatas dengan pemberian berupa harta saja, namun juga bisa pemberian berupa non harta. 

Macam-Macam Keajaiban Sedekah 

Macam-Macam Keajaiban Sedekah 
Sumber Gambar Pexels

Sedekah merupakan salah satu upaya untuk menemukan ridha Allah SWT. Amalan ini mampu mengundang begitu banyak pahala dan kebaikan bagi siapa saja yang melakukannya. Terlebih lagi sedekah bisa dilakukan dengan memberikan harta maupun non harta.

Hukum sedekah dalam Islam adalah sunnah atau dianjurkan. Dengan demikian, apabila amalan baik ini dikerjakan, maka pemberi sedekah akan memperoleh pahala serta kebaikan. Jika ditinggalpun tidak akan mendatangkan dosa.

۞ لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Allah berfirman dalam Surat An-Nisa Ayat 114:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.

Akan tetapi, hukum sedekah bisa berubah menjadi wajib. Hal ini jika seorang muslim dirasa sudah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang yang lainnya atau mereka yang merasa kekurangan. Sedekah juga mampu mendatangkan sejumlah keajaiban, diantaranya:

1. Hidup Senantiasa Akan Kian Berkah 

Seperti yang sudah diketahui bahwa sedekah tidak hanya dapat dilakukan melalui harta saja. Akan tetapi, sedekah juga bisa dilakukan dengan non harta.

Jadi, ada banyak hal yang bisa diberikan sebagai bentuk sedekah. Amalan baik seperti ini juga mampu menjadi cara untuk bersyukur kepada Allah SWT. 

Sedekah bisa membantu orang-orang yang butuh atau membutuhkan. Namun, jangan lupa untuk bersedekah dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT dan bukan karena makhluk-Nya.

Jika seseorang rutin melakukan sedekah, maka hidupnya akan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.

Hidup yang senantiasa diberkahi tentu menjadi tujuan hidup banyak mukmin di dunia ini.

Hidup yang berkah akan membuat segalanya terasa lebih indah, harmoni dan tentunya selalu berada di jalan yang lurus. Sesungguhnya orang yang hidupnya diberkahi adalah orang yang benar-benar beruntung. 

Keberkahan hidup dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang mampu memberikan nilai kebaikan. Keberkahan bisa dicapai dengan banyak melakukan perbuatan baik, amal shaleh dan kebajikan.

Seperti halnya bersedekah. Rutinlah bersedekah untuk mendapatkan keajaiban dan manfaat baiknya. 

2. Dapat Menolak Bala dan Musibah  

Keajaiban sedekah berikutnya adalah mampu menolak bala dan musibah. Bahkan dianjurkan bagi orang yang sakit untuk melakukan sedekah.

Salah satunya dengan bersedekah kepada anak yatim. Jika masih belum merasa lebih baik, maka teruslah bersedekah sampai merasakan kesembuhan dari sakit. 

Tentunya Allah SWT akan senantiasa mendengarkan doa orang-orang yang pernah diberi sedekah. Allah SWT tidak akan abai dengan doa-doa baik dari para penerima sedekah.

Namun, pastikan pemberi sedekah sudah meluruskan niatnya terlebih dahulu. Lakukan sedekah karena Allah SWT dengan ikhlas dan tulus. 

Keajaiban sedekah serta memohon ampunan dengan beristighfar kepada Allah SWT bukan hanya mampu membuat seseorang sembuh dari berbagai macam penyakit saja.

Akan tetapi, jika ada seseorang berniat jahat maupun ancaman penyakit yang datang menyerang, maka akan ditangkal dengan sedekah.

Sedekah sangat mudah dilakukan. Seseorang yang tidak mampu dengan sedekah harta pun bisa melakukan sedekah non harta.

Misalnya, dengan tersenyum, sedekah tenaga, makanan dan sebagainya. Pastikan sudah memberikan sedekah dengan penerima yang tepat.

3. Harta yang Disedekahkan Akan Kekal Berada di Sisi Allah SWT  

Jangan takut dan ragu untuk bersedekah. Ada begitu banyak keajaiban yang bisa dituai dari sedekah. Salah satunya perkara harta yang kekal.

Bagi siapa saja yang bersedekah ikhlas karena Allah SWT, maka harta yang disedekahkan tersebut akan senantiasa kekal berada di sisi Allah SWT.

Allah SWT akan menyimpan harta umatnya yang disedekahkan. Terlebih lagi ketika seseorang melakukan sedekah di waktu-waktu emas.

Misalnya, sedekah subuh. Pahala yang dapat dituai ketika seseorang mengerjakan sedekah subuh bisa berkali-kali lipat. 

Bahkan tidak jarang yang mampu menuai pahala ratusan sampai ribuan kali lipat. Sedekah subuh bisa dilakukan setelah melakukan shalat subuh atau di waktu sebelum matahari menyembul di ufuk timur.

Sedekah subuh bisa diberikan kepada orang tua, ulama, kotak amal masjid dan sebagainya.

Sedekah subuh juga bisa berupa non harta seperti memberikan makanan kepada para tetangga. Bukan hanya makanan matang saja.

Akan tetapi, juga bisa memberikan bahan makanan seperti halnya sayuran segar, buah-buahan, bahan makanan pokok dan lainnya.

4. Dipermudah Hidupnya dalam Mencari Rezeki 

Keajaiban sedekah benar-benar begitu luar biasa. Amalan baik ini jika dikerjakan maka akan membuat seseorang ingat bahwa ia sebenarnya bekerja di bawah pengawasan Allah SWT.

Inilah yang menjadi alasan mengapa sedekah bisa membuat seseorang berusaha mengumpulkan rezeki halal.

Tentu saja jika rezeki yang halal dimakan seseorang, maka akan membuat orang tersebut mudah mensyukuri anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

Jika semua orang bisa melihat dengan mata hati, tentu benar-benar sangat indah hidup di dunia dengan berada di jalan Allah SWT.

Semua hal terasa bergerak sesuai harmoni, selaras dan tidak menyimpang dari ajaran-Nya. Sesuatu yang halal tentu akan diberkahi oleh Allah SWT.

Termasuk dalam urusan mencari rezeki. Tentu semua umat muslim tahu bahwa setiap harta yang dimiliki pasti akan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat. 

Karena itulah untuk apa mencari rezeki dengan cara yang haram? Hidup pun hanya satu kali di dunia dan sejenak pula.

Setiap orang diberi nyawa untuk mampir sebentar di dunia menghadapi ujian baik dan buruk dari-Nya. Kemudian, semuanya nanti akan kembali kepada-Nya.

5. Pahala yang Diperoleh Akan Berlipat Ganda 

Keajaiban sedekah yang lainnya adalah pahala yang diperoleh bisa terus berlipat ganda. Lantas, siapa sih yang tidak mau mendapatkan keajaiban seperti ini?

Karena itulah sangat dianjurkan untuk melakukan sedekah sesering mungkin. Terutama sedekah yang dilakukan di hari-hari khusus. 

Perbanyaklah melakukan sedekah di hari jum’at yang merupakan hari mulia bagi umat muslim. Misalnya sedekah berupa uang, makanan, minuman, benda dan sebagainya. Jangan takut jika uang akan habis untuk bersedekah.

Sebab, keajaiban bersedekah di hari jum’at benar-benar begitu luar biasa.

Saat seseorang melakukan sedekah di hari jum’at, maka ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan Allah SWT pun akan menambahkan rezeki saat seseorang melakukan sedekah.

Jadi, untuk apa masih ragu bersedekah? Siapapun bisa dengan mudah melakukan sedekah. 

Sedekah menjadi salah satu amalan yang paling mudah dilakukan namun mampu memberi pahala yang sangat luar biasa.

Berikan sedekah dan luruskan niat semata-mata karena Allah SWT. Hindari sedekah hanya karena tujuan tertentu seperti mengharapkan pujian dari makhluk-Nya.

Cerita Sahabat Tentang Keajaiban Sedekah 

Cerita Sahabat Tentang Keajaiban Sedekah 
Sumber Gambar Pexels

Cerita ini sebagai bentuk keajaiban yang dialami oleh sahabat Rasulullah. Cerita ini ditulis dalam kitab Riyadussholihin.

Dalam kitab tersebut diceritakan ada seorang petani di Kota Madinah, dilahan petani tersebut aliran airnya sangat kurang dan menyebabkan buah kurma tidak tumbuh dengan baik.

Ia khawatir jika terus seperti itu maka hasil panen tidak akan maksimal yang otomatis akan berdampak pada keluarganya juga.

Kemudian beliu menadahkan kedua tanganya ke langit setinggi mungkin sambil berdoa.

Tak lama setelah itu Allah mengirimkan awan lebat tepat berada di atas kebun si petani tersebut. Sang petani kegirangan karena apa yang ia doakan langsung dikabulkan Allah.

Namun sebaliknya, yang terjadi tidak seperti apa yang dia pikirkan, terdengar suara dari langit dan berbunyi “Wahai awan, pergilah ke tanah si fulan”.

Setelah itu berjalanlah awan tersebut menuju ke tanah si fulan sesuai dengan suara yang terdengar tadi.

Sang petani menjadi kesal seraya membatin : “Kenapa hujan tidak jadi turun ditanahku?”

Sang petanipun penasaran lalu mengikuti ke arah awan itu akan menurunkan hujannya.

Sang petani akhirnya sampai dikebun dengan daun tanaman yang rimbun, airnya melimpah. Sang petani keheranan dengan seorang petani yang sedang sujud syukur dengan karena awan tersebut menurunkan air yang dikandung didalamnya ke tanah subuh miliknya.

Saat itu petani memanggil si pemilik tanah, si pemilik tanah merasa keheranan lalu bertanya “Saudara, dari mana Anda tahu namaku?.

Si petani menjawab, itulah saudaraku, aku sendiri ingin bertanya sebaliknya. Amalan apa yang membuat usahamu begitu berkah hingga namamu Aku (petani) dengar dari atas langit yang memerintahkan awan untuk menurunkan hujan ditanahmu.

Subhanallah apakah ini sebuah prestasi hingga hingga nama seseorang disebut dilangit?

Kemudian pemilik tanah tersebut menjawab apa yang jadi pertanyaan dari petani. “Saudara, belum ada yang aku beritahu tentang rahasia amalan yang aku kerjakan sehingga menghasilkan yang demikian. Namun, karena engkau tahu rahasia ini dan menanyakannya maka tak layak bagiku untuk merahasiakannya lagi”.

Petani berkata “Ceritakanlah padaku wahai saudara”

Pemilik tanah lalau menceritakannya “Rahasiaannya mungkin adalah setiap kali kebun ini panen dan memberi hasil, hanya 1/3 yang aku pakai makan. Sepertiganya lagi aku kembalikan untuk modal dan sepertiganya lagi aku berikan kepada Allah sebagai bentuk infakku di jalannya. Itulah amalan yang aku jalankan sehingga membawa ke hasil yang seperti ini.

Wallahu A’lam Bishawab


Keajaiban sedekah ada begitu banyak macamnya. Mulai dari mendapatkan keberkahan hidup, mampu menolak bala dan musibah, dipermudah urusannya dalam mencari rezeki halal, kekekalan harta yang diberikan di sisi Allah SWT hingga pahala yang diperoleh akan dilipatgandakan. 

Harta dan rezeki yang Allah berikan kepada kita itu ada hak orang lain didalamnya yang harus dikeluarkan untuk membantu setiap orang yang membutuhkan.

Yatim Mandiri hadir sudah puluhan tahun untuk membantu memandirikan anak yatim dan dhuafa. Yuk sahabat jadi satu dari ratusan ribu orang yang telah berdonasi di Yatim Mandiri. Klik Disini!

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.