10 Keutamaan dan Manfaat Sedekah Jumat, Coba Sekarang !

Hari Jumat merupakan salah satu hari istimewa yang memiliki banyak manfaat dibanding hari-hari lainnya. Inilah beberapa manfaat sedekah Jumat.

Sedekah merupakan salah satu bentuk tindakan yang dapat membuat diri sendiri menjadi dekat dengan Allah SWT. Dalam ajaran Islam, hari Jumat merupakan salah satu hari yang istimewa. Oleh karena itu banyak manfaat sedekah Jumat yang bisa didapatkan.

Sedekah di hari Jumat dapat memiliki manfaat yang lebih karena hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki kebaikan serta keistimewaan. Nabi Muhammad SAW juga memberitahukan pada umatnya untuk memperbanyak ibadah pada hari Jumat.

Arti Sedekah

Sumber Gambar : Shutterstock

Kata sedekah merupakan salah satu kata yang berasal dari bahasa Arab yaitu berasal dari kata “sidiq”. Kata tersebut memiliki arti kebenaran. Di dalam bahasa Arab kata sedekah adalah shadaqah. Sedekah merupakan suatu hal yang diberikan seseorang untuk orang lain.

Berdasarkan peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah merupakan salah satu bentuk kegiatan seseorang dalam hal mengeluarkan sedikit harta maupun yang bukan harta untuk kepentingan pribadi, akan tetapi sedekah tidak termasuk dalam zakat.

Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang sangat disukai oleh Allah SWT, serta Allah SWT akan selalu memberikan hal yang terbaik bagi orang-orang yang sering mengeluarkan sedekah. Hal ini telah tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 271, yang memiliki arti berikut:

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Sedekah berupa harta dapat diberikan dengan nominal berapapun, yang terpenting adalah ikhlas dalam memberikan sedekah tersebut. Sedekah yang bukan harta termasuk dalam perbuatan baik yang telah dilakukan untuk orang lain.

Misalnya membantu orang lain yang membutuhkan, memberitahu mana yang baik dan mana yang tidak baik, serta perbuatan lainnya. Orang-orang yang sering bersedekah dijanjikan oleh Allah SWT mendapatkan pahala yang berlimpah serta berkah lainnya.

Sedekah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, akan tetapi ada keistimewaan yang bisa didapatkan ketika bersedekah atau beribadah di hari Jumat.

Keistimewaan Hari Jumat

Hari Jumat menjadi salah satu hari yang istimewa karena dalam ajaran Islam hari Jumat merupakan hari dimana semua doa akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT, serta mendapatkan berkah yang berlimpah. Nabi Muhammad SAW bersabda 

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jumat.” (HR. Muslim)

Berikut ini beberapa keistimewaan dari hari Jumat menurut Islam:

1. Hari Bersejarah

Peristiwa lainnya yang terjadi pada hari Jumat adalah hari Jumat merupakan hari di mana Nabi Adam diciptakan. Selain itu juga dikatakan bahwa hari kiamat nantinya akan terjadi pada hari Jumat. Berdasarkan riwayat Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

2. Hari untuk Melaksanakan Shalat Khusus

Hari Jumat merupakan hari di mana kaum beragama Islam serta berjenis kelamin laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan shalat lain selain salat lima waktu yaitu shalat Jumat. Shalat Jumat wajib dilakukan oleh laki-laki akan tetapi tidak wajib untuk orang-orang yang sakit, anak kecil, budak dan wanita. 

Shalat Jumat biasanya dilakukan siang hari dan menjadi pengganti shalat Dzuhur. Bagi laki-laki yang meninggalkan shalat Jumat akan dianggap orang-orang lalai.

3. Hari untuk Menghapus Dosa

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW Dari Abu Hurairah RA, 

“Barangsiapa berwudhu, lalu memperbagus (menyempurnakan) wudhunya, kemudian mendatangi shalat Jum’at dan dilanjutkan mendengarkan dan memperhatikan khutbah, maka dia akan diberikan ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan pada hari itu sampai dengan hari Jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari sesudahnya. Barangsiapa bermain-main krikil, maka sia-sialah Jum’atnya.” (HR. Muslim)

Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut menunjukkan bahwa ketika hari Jumat akan diberikan pengampunan dosa yang sudah dilakukan pada hari yang sama hingga hari Jumat depan serta tiga hari kedepannya lagi.

4. Doa Lebih Cepat Dikabulkan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa ketika hari Jumat doa yang dipanjatkan lebih cepat diijabah. Doa yang dipanjatkan harus dilakukan dengan sungguh sungguh agar Allah memberikan apa yang sudah diinginkan sebelumnya. Doa Lebih mustajab ketika diucapkan setelah ashar.

Doa tersebut bisa dilakukan untuk meminta kebaikan yang ada di dunia dan juga untuk mendapatkan syafaat di akhirat kelak. 

Keistimewaan hari Jumat tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan ibadah yang sudah ditentukan termasuk bersedekah. Akan tetapi beribadah harus dilakukan setiap hari bukan hanya hari Jumat saja untuk mendapatkan keberkahan yang lebih banyak dari Allah SWT.

Manfaat Sedekah Jumat

Setelah mengetahui keistimewaan hari Jumat tersebut, angkat bisa dipastikan bahwa bersedekah di hari Jumat memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Berikut ini beberapa manfaat sedekah di hari Jumat yang akan didapatkan.

1. Memperluas Pintu Rezeki

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika seseorang bersedekah adalah dapat membuka pintu rezeki. Khususnya di hari Jumat, bersedekah dapat membuka serta memperluas pintu rezeki yang dimiliki. Dengan catatan bersedekah harus dilakukan dengan ikhlas tanpa adanya paksaan.

Orang yang selalu mengabdikan dan menyerahkan hidupnya untuk kepentingan akhirat serta memanfaatkan hartanya di jalan kebaikan merupakan salah satu jenis dari sedekah. Dan Allah akan selalu memberikan harta serta kekayaan di dalam jiwa seseorang.

Dan seluruh hal yang diinginkan orang tersebut dalam dunia ini akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Sebaliknya jika seseorang yang kurang bersedekah akan lebih susah untuk mendapatkan apa yang diinginkan karena tidak memiliki izin Allah SWT.

2. Termasuk dalam Amalan Sholeh

Salah satu manfaat sedekah Jumat adalah sedekah tersebut termasuk dalam amalan Sholeh hari Jumat. Untuk itu perbanyak ibadah serta sedekah agar mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah SWT. Sedekah merupakan salah satu amalan atau kebaikan yang disukai oleh Allah SWT.

Serta hari Jumat merupakan salah satu hari istimewa daripada hari lainnya sehingga syafaat yang diterima memiliki jumlah yang tinggi. Karena itulah bersedekah di hari Jumat dapat menambah amalan baik yang di sukai oleh Allah SWT.

3. Memiliki Pahala yang Sama Dengan Bulan Ramadhan

Sedekah yang dilakukan di hari Jumat hampir sama kepalanya tidak dilakukan pada bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan suci dalam Islam karena memiliki banyak keberkahan di dalamnya dan memiliki pahala yang berlimpah dan dilipatgandakan.

Melakukan kebaikan di hari Jumat memiliki syafaat yang hampir sama dengan bulan Ramadhan. Sehingga orang-orang yang melakukan ibadah di hari Jumat termasuk bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda seperti dilakukan pada bulan Ramadhan.

4. Mendapatkan Pertolongan atau Syafaat pada Hari Akhir

Untuk menghadapi hari akhir atau hari kiamat sebagai umat muslim wajib untuk memperbanyak amal serta perbuatan baik di dunia. Karena hal tersebut merupakan salah satu untuk menghadapi hari kiamat. Salah satu perbuatan yang bisa dilakukan semasa di dunia adalah sedekah.

Sedekah di hari Jumat dapat menjadi salah satu pertolongan atau Syafaat yang didapatkan, ketika melakukan sedekah dengan ikhlas dan dilakukan semata mata hanya untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT, tanpa ada niat lainnya.

5. Selalu Mendapat Karunia yang Berlimpah

Keuntungan atau manfaat sedekah Jumat lainnya adalah orang yang bersedekah akan mendapat karunia yang berlimpah dari Allah SWT. Allah akan selalu memberikan Karunia-Nya pada orang-orang yang sudah dipilih oleh Allah SWT.

Karunia yang diberikan oleh Allah SWT jika bersedekah atau beribadah pada hari Jumat akan dilipatgandakan untuk orang-orang yang sudah dikehendaki. Pahala yang bisa diberikan oleh Allah SWT dapat mencapai 700 kali lipat besarnya.

Sedekah Jumat

6. Merupakan Salah Satu Sunnah Nabi Muhammad SAW

Salah satu sunnah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah bersedekah. Oleh karena itu setiap menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW akan memberikan berkah yang baik bagi orang orang yang melakukannya dengan ikhlas.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk bersedekah pada hari Jumat terutama pada siang hari dan malam hari serta memperbanyak ibadah shalat. Untuk itulah bersedekah di hari Jumat merupakan salah satu hal baik yang mendatangkan manfaat besar bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat.

7. Mendatangkan Berkah Rezeki untuk Keluarga

Bersedekah di hari Jumat khususnya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain yaitu bagi keluarga orang tersebut. Bersedekah di hari Jumat dapat mendatangkan rezeki yang dilimpahkan keberkahannya untuk orang tersebut dan keluarga mereka.

Rezeki yang diberikan bukan hanya berupa materi, rezeki yang diberikan juga dapat berupa keberkahan dalam hidup baik di dunia maupun di akhirat nanti. Sedekah yang dikeluarkan harus tidak memiliki tujuan lain kecuali hanya untuk beribadah pada Allah SWT.

8. Mempererat Tali Silaturahmi

Orang-orang yang sering melakukan sedekah dan berbuat baik pada orang lain akan mempererat tali silaturahmi dengan orang yang ditolong tersebut. Hal ini termasuk salah satu manfaat yang bisa didapatkan ketika sering bersedekah untuk orang lain.

Bersedekah bukan hanya dilakukan dengan cara mengeluarkan harta yang sudah dimiliki, sedekah juga bisa berupa membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan, dan berbuat baik pada orang lain tanpa melihat siapa orangnya.

9. Mendapatkan Kebaikan yang Berlimpah

Hari Jumat merupakan salah satu hari istimewa yang dipenuhi oleh kebaikan serta keberkahan. Keberkahan tersebut berlipat ganda dibandingkan dengan hari hari lainnya. Untuk itulah bersedekah di hari Jumat dapat memberikan kebaikan yang berlimpah.

Seperti riwayat Imam ‘Abdurrazzaq ash-Shan’ani rahimahullah yang mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari untuk memohon kebaikan pada Allah SWT, dan Allah SWT senantiasa akan memberikan kebaikan bagi orang orang yang sudah menjadi kehendaknya.

10. Dapat Mendatangkan Pahala Hingga 700 Kali Lipat

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT menyebutkan bahwa nafkah yang sudah diberikan oleh Allah SWT dapat dikeluarkan di jalan Allah adalah satu kebaikan yang akan diberikan berkali-kali lipat untuk orang-orang yang sudah dikehendaki oleh Allah SWT.

Pada surat al-baqarah ayat 261 dalam Alquran tersebut Allah SWT menyebutkan dengan jelas perhitungan secara sistematis terhadap semua harta yang sudah dikeluarkan untuk bersedekah. Sedekah yang diberikan pada hari Jumat khususnya akan mendapatkan balasan hingga 700 kali lipat.

Bagi orang-orang yang sudah dipilih dan dikehendaki oleh Allah SWT. Untuk itulah orang-orang yang ingin bersedekah harus dilakukan semata-mata untuk Allah SWT, bukan untuk kepentingan lainnya. Orang-orang yang melakukan untuk kepentingan lainnya tidak akan mendapatkan manfaat lebih dari Allah SWT.

Akan tetapi janganlah bersedekah hanya hari Jumat saja, sedekah harus dilakukan setiap hari agar mendapatkan pahala yang lebih banyak dan memberi peluang khusus untuk menjadi orang-orang yang sudah dikehendaki oleh Allah SWT dalam mendapatkan kelimpahan keberkahan dari-Nya.

Untuk itu sedekah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sedekah bisa dilakukan pada hari Jumat untuk mendapatkan manfaat sedekah Jumat.

Karena sedekah Jum’at banyak manfaat, sayang rasanya jika terlewat, tunaikan sedekah Jumat melalui www.yatimmandiri.org/donasi

Sedekah Jumat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up