Keutamaan Sedekah Jumat, Dasar Hukum & Pengertiannya

Sedekah Jumat adalah sedekah yang dilakukan pada Hari Jumat. Bagi siapapun yang melaksanakannya akan mendapatkan ganjaran berlipat. Pada artikel kali ini Yatim Mandiri Blog akan memberikan ringkasan mulai dari keutamaan, pengertian dan dasar hukumnya. Simak selengkapnya.

Sedekah adalah ungkapan yang sudah lazim didengar dalam kehidupan sehari-hari. Sedekah merupakan ibadah berupa membagikan rezeki kepada orang lain yang membutuhkannya.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja seperti Hari Jumat yang disebut dengan sedekah Jumat.

Sedekah merupakan ibadah yang mulia karena Allah SWT akan memberikan pahala besar kepada hamba-Nya jika bersedekah secara ikhlas.

Sebagai seorang muslim sebaiknya Anda tidak menyimpan hartanya sendiri karena di sana ada hak orang lain yang membutuhkan.

Apa Itu Sedekah Jumat?

Apa Itu Sedekah Jumat

Sebenarnya sedekah bisa dilakukan kapan saja akan tetapi sangat dianjurkan dilakukan di Hari Jumat karena keutamaannya.

Umat Muslim merayakan hari rayanya setiap Hari Jumat karena Hari Jumat adalah hari yang baik jadi baik juga untuk bersedekah.

Hal ini sebenarnya sudah dijelaskan di sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa Hari Jumat adalah hari yang istimewa.

Hari di mana Nabi Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke surga Allah dan hari ketika dikeluarkan dari surga.

Bahkan, hari kiamat tidak akan pernah terjadi kecuali di hari Jumat. Ada banyak keutamaan dari melakukan sedekah Jumat salah satunya adalah malaikat akan melaporkan apa yang dilakukan hamba-Nya pada Hari Jumat. Jadi untuk menutup laporan lakukan amalan yang baik seperti bersedekah.

Bersedekah di Hari Jumat itu juga akan menghapus dosa-dosa di masa lalu jadi meringankan dosa yang pernah diperbuat. Sedekah juga bisa diberikan kepada siapa saja akan tetapi yang lebih utama adalah sanak keluarga (orang tua), orang terdekat baru kepada orang lain. Lalu apa saja yang bisa disedekahkan?

1. Sedekah Makan Jumat

Bentuk sedekah pertama yang bisa diberikan ketika hari Jumat adalah sedekah makan Jumat. Memberikan makan bagi orang yang melaksanakan shalat Jumat juga akan mendapatkan pahala besar. Tidak hanya untuk orang yang selesai shalat Jumat saja, bisa juga memberikan makan ke kaum dhuafa.

Keutamaannya sangat besar apalagi jika baru saja melaksanakan Shalat Jumat lalu bersedekah pahala yang didapatkan double. Atau bisa memberikan ke para pejuang pencari nafkah misalnya tukang becak, tukang ojek pangkalan dan sebagainya.

2. Sedekah ke Anak Yatim

Memberikan sedekah ke anak yatim juga tidak hanya berupa uang saja. Selain uang, coba berikan perlengkapan sekolah seperti alat tulis dan seragam ke anak yatim. Anak yatim tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya oleh karena itu sangat membutuhkan bantuan.

Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa jarak antara Nabi dengan orang yang memuliakan anak yatim bagaikan jari tengah dan jari telunjuk, sangat dekat. Oleh karena itu Anda bisa membagikan sedekah kepada anak yatim.

3. Mengisi Kotak Amal Masjid

Sepulang dari Shalat Jumat agar pahalanya bertambah, bisa mengisi kotak amal masjid sebagai bentuk dari sedekah Jumat. Lalu bagaimana dengan yang perempuan? Bagi perempuan bisa mengisi kotak amal Jumat di lain waktu setelah Shalat Jumat.

4. Membantu Orang Sakit

Membantu orang yang sedang sakit di Hari Jumat juga bentuk dari sedekah. Misalnya ketika ada orang yang mengalami musibah, bisa memberikan sedekah kepadanya. Selain mendatangkan pahala, orang yang dibantu juga akan merasa senang.

Atau misalnya setelah Shalat Jumat ada tetangga yang sakit dan hendak dibawa ke rumah sakit. Anda bisa membantunya dengan mengantarkannya ke rumah sakit itu juga bentuk dari sedekah.

5. Sedekah Ilmu

Bentuk sedekah terakhir di Hari Jumat adalah sedekah ilmu. Sedekah ilmu tidak hanya dilakukan di masjid saja tetapi juga di taman pendidikan Al-Qur’an atau pondok pesantren. Sedekah majelis ilmu sangat dianjurkan karena memberikan manfaat ke banyak orang.

Hadist Sedekah Jumat

Hadist Sedekah Jumat
Sumber Gambar : Photo by Masjid MABA on Unsplast

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan sedekah di Hari Jumat, berikutnya adalah hadis mengenai sedekah. Dalam Al-Qur’an dan hadis sudah dijelaskan mengenai keutamaan dalam membagikan hartanya di Hari Jumat, hari yang istimewa.

Sebuah kitab berjudul al-Um Imam Al Syafi’i meriwayatkan sebuah hadis yang bunyinya, telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasul SAW bersabda, “perbanyaklah membaca shalawat kepada Nabi pada Hari Jumat dan sesungguhnya Nabi akan mendengar shalawat itu.”

Nabi bersabda bahwa di Hari Jumat pahala bersedekah akan dilipatgandakan. Hadis ini ditulis dalam bab tentang Hal-Hal yang Diperintahkan pada Malam dan Hari Jumat. Berdasarkan hadis tersebut sudah jelas ketentuan mengenai ibadah sedekah Jumat bahwa pahalanya lebih banyak.

1. Dijelaskan dalam Kitab Zadul Ma’ad

Pada kitab Zadul Ma’ad dijelaskan mengenai beberapa keistimewaan yang didapatkan jika seseorang beribadah di Hari Jumat. Dalam kitab tersebut dikatakan bahwa sedekah di Hari Jumat itu bandingannya antara sedekah di Bulan Ramadhan dengan bulan lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa sedekah di Bulan Ramadhan itu pahalanya lebih besar karena Allah SWT melipatgandakannya. Begitu pula dengan sedekah di Hari Jumat sebagai hari yang istimewa milik umat Muslim.

Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengenai keutamaan bersedekah pada Hari Jumat. “Adapun keutamaan dari melakukan sedekah pada Hari Jumat itu dibanding hari lain dalam sepekan sama dengan bersedekah di Bulan Ramadhan yang lebih utama dibanding bulan-bulan lainnya.”

Dulu ada seseorang yang setiap berangkat Shalat Jumat selalu membawa makanan seperti roti dan ia akan membagikannya kepada orang-orang di jalan. Sekarang juga sudah mulai ada tradisi infak Jumat, itu bisa menjadi tradisi yang baik dan harus terus dilestarikan.

2. Orang yang Bersedekah Akan Didoakan Malaikat

Bagi hamba yang melakukan ibadah sedekah di Hari Jumat sesungguhnya ia akan mendapatkan doa dari para malaikat Allah SWT. Berbeda dengan orang yang enggan bersedekah maka dirinya akan binasa karena sebenarnya harta yang dimiliki itu ada hak orang lain (orang yang membutuhkan).

Al-Qur’an juga telah menjelaskan mengenai keutamaan dari melakukan sedekah di Hari Jumat ini. Dalam Surah Al Hadid ayat 18 Allah SWT menegaskan bahwa siapapun hamba-Nya baik laki-laki maupun perempuan yang melakukan sedekah Jumat maka pahalanya akan berlipat ganda.

Sungguh istimewa sekali sedekah Jumat apabila rutin dilakukan dengan ikhlas, jumlah pahala yang didapatkan tidak terhitung berapa besarnya. Ini adalah ajaran dari Nabi Muhammad SAW agar senantiasa melakukan ibadah di Hari Jumat sebagai hari istimewa.

3. Tidak Harus Berupa Uang

Banyak yang bertanya-tanya apakah sedekah di Hari Jumat harus berbentuk uang? Jawabannya adalah tidak. Ketika melihat ada batu di jalanan yang menghalangi kendaraan lewat, bisa menyingkirkan batu itu saja sudah disebut dengan sedekah.

Sedekah di Hari Jumat bisa dilakukan dengan membantu tetangga yang sakit. Apapun bisa diberikan untuk meringankan beban orang lain karena hal itu membuat diri kita menjadi lebih bermanfaat. Asalkan dilakukan secara ikhlas pasti pahalanya akan sampai.

Keutamaan Sedekah Jumat

Sungguh mulia hari Jumat sampai ada hadis yang mengutamakan melakukan sedekah Jumat. Salamah dari Abu Hurairah RA Nabi SAW pernah bersabda hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah Hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah menciptakan Nabi Adam AS, memasukkannya ke surga bersama Hawa.

Pada Hari Jumat pula Allah SWT menurunkannya ke bumi dan pada hari itu hari kiamat akan terjadi. Pada Hari Jumat pula tidak satu orang pun yang berdoa kecuali Allah SWT mengabulkan doa orang tersebut. Lalu apa saja keutamaan dari melaksanakan ibadah di Hari Jumat?

1. Sedekah Sambil Memohon Kebaikan

Keutamaan yang pertama dari melaksanakan ibadah sedekah di hari Jumat adalah bisa memohon kebaikan. Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan kebaikan dan sedekah yang dikeluarkan oleh seorang hamba akan dilipatgandakan pada hari itu.

Allah SWT juga akan memberikannya kebaikan yang melimpah karena Hari Jumat adalah hari istimewa dibanding hari-hari lainnya. Banyak kebaikan yang dapat dilakukan dan salah satunya adalah dengan membagikan sebagian harta.

Bersedekah yang mudah adalah dengan bersedekah senyuman. Memberikan senyuman juga bisa disebut dengan sedekah tetapi tetap lakukan dengan ikhlas. Jika ada rezeki lebih, bisa membelikan makanan untuk kaum dhuafa.

Sebaiknya melakukan sedekah dengan sembunyi-sembunyi hal ini untuk menghindari dari perilaku pamer atau riya’. Orang yang pamer atau mengharapkan pujian karena sudah bersedekah maka tidak mendapatan apa-apa.

Ada juga yang mengatakan bahwa seseorang bisa bersedekah sebelum melaksanakan Shalat Jumat. Zaman dulu ada ulama bernama Ibnu Taimiyah yang setiap berangkat Shalat Jumat selalu membawa makanan lalu memberikannya secara sembunyi-sembunyi ke orang di jalanan.

2. Sedekah di Hari Jumat adalah Sunnah Rasul

Menjalankan sunnah Rasul tentu akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar dari Allah SWT salah satunya adalah dengan melakukan sedekah Jumat. Sedekah di Hari Jumat ini menjadi ibadah sunnah yang dianjurkan untuk umat Nabi SAW.

Anda bisa melakukan sedekah di siang atau malam hari pada Hari Jumat. Masih banyak yang belum tahu tentang keutamaan dari amalan ini. Allah SWT juga akan menghapus dosa-dosa terdahulu serta memperbaiki laporan yang akan diberikan oleh malaikat kepada Allah setiap Jumat.

Sedekah Jumat

  • Akan Mendapatkan Banyak Karunia

Hari Jumat adalah hari yang istimewa karena akan turun karunia dari Allah SWT. Bersedekah di Hari Jumat sama besar pahalanya ketika melakukan sedekah di Bulan Ramadhan. Perbanyaklah sedekah maka rezeki akan dilapangkan.

Orang yang bersedekah disebut dengan orang yang menabung pahala di akhirat kelak. Hartanya tidak akan habis melainkan akan ditambah terus oleh Allah SWT. Allah SWT akan membalas perbuatan baik hamba-Nya entah dalam bentuk apa pun.

  • Keluarga dan Diri Sendiri Akan Mendapatkan Berkah

Berkah melimpah diberikan ke dalam diri seorang hamba dan keluarganya yang melakukan sedekah di Hari Jumat. Sedekah yang dilakukan di Hari Jumat akan mendatangkan pertolongan dari Allah SWT yang tidak pernah diduga.

Selain mendapatkan keberkahan, rezeki  yang datang juga akan lancar. Allah SWT juga akan mempermudah urusan hamba tersebut. Seperti janji Allah SWT bahwa setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan dan kemudahan itu bisa saja datang melalui sedekah di Hari Jumat.

  • Memperkuat Tali Silaturahmi

Keutamaan sedekah Jumat yang berikutnya adalah untuk memperkuat tali silaturahmi. Misalnya ada orang yang membagikan makanan ke anak yatim, hal ini dapat memperkuat tali silaturahmi. Selain itu memberikan bantuan kepada anak yatim juga akan meringankan beban mereka.

Sebagai makhluk sosial, kadang kala musibah datang tidak tahu kapan waktunya. Oleh karena itu ketika melihat ada tetangga atau saudara yang mengalami masalah, sudah sebaiknya dibantu. Tidak ada manusia yang tidak membutuhkan bantuan dari orang lain.

Sedekah bisa dijadikan sebagai jalan untuk memperbaiki hubungan sosial dengan orang lain. Membantu seseorang akan meringankan beban mereka dan kita juga akan merasakan manfaatnya. Ketika melakukan sedekah, biasanya akan muncul perasaan senang dan damai.

  • Menguatkan Keimanan

Rajin melakukan sedekah di Hari Jumat itu ternyata bisa memperkuat keimanan seseorang. Ibadah merupakan bentuk interaksi antara seorang hamba dengan Tuhannya dan sedekah adalah salah satu bentuk ibadah.

Siapapun yang berniat melakukan sedekah di Hari Jumat maka Allah SWT akan meningkatkan kadar keimanannya. Orang tersebut akan mendapatkan balasan yang setimpal serta hidupnya penuh dengan keberkahan.

  • Membuat Hati Tenang

Rasulullah SAW menjelaskan mengenai perbedaan antara orang yang gemar bersedekah dan orang pelit. Beliau berkata bahwa orang yang rajin bersedekah itu akan memakai baju besi. Baju besi tersebut longgar ketika digunakan sedangkan orang pelit yang menggunakan baju besi maka akan terasa sempit.

Orang yang rajin bersedekah akan membuat hidupnya menjadi tenang dan lapang itulah mengapa bajunya terasa longgar sampai-sampai ujung kukunya tidak terlihat. Baju besinya juga tidak meninggalkan bekas apa pun pada kulitnya.

Berbeda dengan orang yang pelit bersedekah maka setiap lingkar bajunya akan terasa sempit. Ketika orang tersebut berusaha untuk membuat bajunya menjadi longgar maka ia tidak bisa melakukannya. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Hal tersebut tentu dirasakan bagi orang yang gemar bersedekah, dirinya akan merasakan perasaan tenang, tentram dan damai. Bahkan orang tersebut malah akan ketagihan untuk bersedekah karena bisa membantu meringankan beban orang lain.

  • Amalan yang Tidak Terputus

Manfaat sedekah Jumat adalah termasuk ke amalan yang tidak terputus. Hanya ada 3 amalan yang pahalanya akan terus mengalir walaupun orang tersebut sudah meninggal yaitu doa anak soleh, sedekah dan ilmu bermanfaat.

Tidak peduli berapa jumlahnya, besar atau pun kecil Allah SWT tetap memberikan pahala. Orang yang rajin memberi kepada orang lain maka dirinya akan dibantu kelak di akhirat. Sedekah juga bisa dijadikan sebagai penolong dari siksa api neraka.

  • Pahalanya Terus Berkembang

Sedekah merupakan amalan yang pahalanya akan terus berkembang. Walaupun jumlahnya sedikit tetapi pahalanya akan semakin besar apalagi jika sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Sedekah sama dengan menabung manfaat dan pahala karena akan terus mengalir.

Pahala yang diberikan diibaratkan dengan seseorang memelihara anak kuda. Semakin hari maka anak kuda tersebut akan bertumbuh besar. Hadis riwayat Tirmidzi berbunyi sampai-sampai sedekah yang diberikan walaupun hanya sebiji bisa berkembang sampai sebesar gunung.

Sedekah Sekarang di Yatim Mandiri

Sekarang tidak susah jika Anda ingin bersedekah karena bisa dilakukan secara online lewat Yatim Mandiri. Yatim Mandiri adalah sebuah lembaga yang menjadi wadah untuk menyalurkan bantuan kepada anak-anak yatim. Banyak program yang disediakan oleh Yatim Mandiri.

Salah satunya adalah program pendidikan yang berupa Sanggar Al-Qur’an, Kampus Kemandirian, ICMBS, Rumah Kemandirian, BESTARI, Alat Sekolah Ceria, Sanggar Genius dan tentunya program-program menarik lainnya.

Sekarang memberikan sedekah Jumat tidaklah sulit lagi karena Anda bisa berdonasi lewat Yatim Mandiri. Bersama Yatim Mandiri, Anda telah membantu banyak anak yatim untuk memenuhi kebutuhannya. Yuk segera kirim donasi berupa sedekah atau infak berapapun jumlahnya klik bener dibawah ini.

Sedekah Jumat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top