OMATIQ

Sukses! Yatim Mandiri Gelar OMATIQ 2023 di Kemenparekraf RI

Jakarta Pusat, YM News – Yatim Mandiri, sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang berfokus pada kemandirian anak yatim dan dhuafa melalui dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF), kembali melangsungkan kegiatan Olimpiade Matematika dan AlQur’an Nasional (OMATIQ) 2023. 

Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an Nasional (OMATIQ) dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengevaluasi dampak, membentuk mental juara, mengasah minat dan bakat binaan. Tahun ini, Grand Final Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an Nasional (OMATIQ) 2023 dilaksanakan pada Jum’at-Ahad, 15-17 Desember 2023, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI).

Pada tahun ini pula, mekanisme Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an Nasional Nasional (OMATIQ) 2023 berbeda. Tahun-tahun sebelumnya OMATIQ hanya ada 2 cabang olimpiade yaitu, Al-Qur’an dan Matematika. Olimpiade Al-Qur’an dengan membacanya dan Matematika dengan cepat tepat menjawab, pada olimpiade tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara individu. 

Sedangkan, OMATIQ tahun 2023 mekanismenya berbeda, yaitu dengan Cerdas Cermat Tepat. Peserta berkelompok atau tim, terdiri dari 3 anak, dan fokus olimpiade ada 3 mata pelajaran, yaitu Al-Qur’an, Matematika dan Pendidikan Agama Islam (PAI). 

Suasana Lomba Omatiq 2023 Di Kemenparekraf Ri
Suasana Olimpiade Matematika dan Alquran 2023 (di kursi)

Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an (OMATIQ) 2023 diikuti oleh ribuan peserta perwakilan dari 51 Cabang Yatim Mandiri di seluruh Indonesia. Setelah itu terpilih 60 peserta yang masuk di babak Semifinal, dan 15 peserta yang melaju di babak Grand Final. Puncak Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an Nasional (OMATIQ) 2023 yaitu Grand Final dilaksanakan pada Sabtu, 16 Desember 2023. 

Turut dihadiri oleh Direktur Utama Laznas Yatim Mandiri, Bapak Andriyas Eko Vantofy, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Laznas Yatim Mandiri, Bapak Miftahurrahman. Turut hadir juga perwakilan mitra pendukung dari PT. Askrindo Syariah, yang diwakili oleh Ketua UPZ PT. Askrindo Syariah, Bapak Farid Datul Rahman. 

Pada kesempatan ini juga, PT. Askrindo Syariah juga menyerahkan secara simbolis donasi untuk Program Beasiswa BESTARI sebesar Rp.708.750.000,-. “Mudah mudahan kolaborasi ini akan terus berlanjut dan semakin hari semakin bertambah,” kata Bapak Farid Datul Rahman.

Juara Omatiq 2023
Direktur Utama Yatim Mandiri, Andriyas Eko foto bersama dengan Juara 1 OMATIQ 2023.

Berikut pemenang Olimpiade Matematika dan Al-Qur’am Nasional (OMATIQ) 2023.

  1. Juara 1 delegasi dari Cabang Gresik,
  2. Juara 2 delegasi dari Cabang Bojonegoro,
  3. Juara 3 delegasi dari Cabang Yogyakarta,
  4. Harapan 1 Cabang Jember, dan
  5. Harapan 2 Cabang Kediri.

OMATIQ 2023 ini menghadirkan dewan juri H. Muhammad Rofiq, S.PdI, MA., Penerima Sanad Hafidz Qur’an sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Darul Furqon, Bapak Fauzan Ahmadi, S.Pd.I., MA,. S.Sos., Kepala Tilawati Center Gunung Putri sekaligus Trainer Tilawati Jawa Barat 1, dan Ibu Dania Siregar, S.Stat, M.Si, Dosen Matematika, Universitas Negeri Jakarta. 

Selain itu, peserta Olimpiade Matematika dan Al-Qur’an (OMATIQ) 2023, diajak edutour ke Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (MONAS), Museum Satria Mandala, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

Andriyas Eko Vantofy selaku Direktur Utama Laznas Yatim Mandiri mengungkapkan rasa syukurnya, karena Grand Final OMATIQ tahun ini berjalan dengan lancar dan meriah. “Sampai bertemu di OMATIQ tahun depan, dan sukses terus untuk para pemenang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *