Kolaborasi

Sinergi Yatim Mandiri Jakarta bersama Operasi Semut Adakan Aksi Bersih Sampah

Jakarta Pusat, YM News – Laznas Yatim Mandiri Jakarta bekerjasama dengan Komunitas Operasi Semut ID menyelenggarakan aksi bersih sampah dalam rangka menyambut Hari Sampah Nasional (HSPN) 2024 dan merayakan Tarhib menjelang bulan Ramadhan. Acara berlangsung pada Minggu, 25 Februari 2024, di area Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat.

Setiap tahun, tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sebagai pengingat peristiwa tragis di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, 19 tahun lalu. Ribuan ton sampah longsor dan mengubur hidup-hidup 157 warga, menjadi titik awal lahirnya HPSN sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah.

Operasi Semut ID bersama Laznas Yatim Mandiri, dalam rangka HPSN 2024, menyelenggarakan serangkaian kegiatan peduli sampah di ruang publik. Aksi bersih dilakukan di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Sudirman – Thamrin Jakarta.

Yatim Mandiri Jakarta Bersama Operasi Semut Adakan Aksi Bersih Sampah
Aksi bersih-bersih lingkungan oleh anak Sanggar Genius dan Al-Qur’an di Jakarta Pusat.

Kegiatan baik ini melibatkan 25 anak yatim dhuafa dari Sanggar Belajar Quran dan Genius Yatim Mandiri, 25 relawan gabungan dari Komunitas Operasi Semut ID, Relawan Kemandirian (Rekan), dan mahasiswa Mandiri Entrepreneur Center Jakarta.

Kegiatan dimulai dengan sambutan, briefing, dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih (Clean Up), serta edukasi dan games tentang pemilahan sampah. Anak-anak yatim dhuafa dengan antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, menunjukkan semangat dan kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Puncak acara diakhiri dengan sortir sampah yang dilakukan oleh tangan-tangan mungil anak-anak yatim dhuafa. Bertepatan dengan kegiatan ini, Komunitas Operasi Semut ID juga merayakan ulang tahun ke-2 dengan tiup lilin sebagai simbol doa dan harapan agar komunitas ini terus berkembang dan memberikan manfaat positif bagi semua. 

Sinergi antara Yatim Mandiri dan Operasi Semut ID dalam aksi bersih sampah ini menjadi langkah konkret dalam mengedukasi masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *