Relawan

Relawan Kemandirian Ikuti Latgab Urban SAR dan Navigasi Digital di Mojokerto

Mojokerto, YM News – Relawan Kemandirian pada Sabtu hingga Ahad lalu (3-4/6/2023) berkesempatan mengikuti Latihan Gabungan Urban SAR & Navigasi Digital ini dilaksanakan di KASUMI, Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto yang diadakan oleh Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Mojokerto (FPRB Mojokerto).

Para peserta mengikuti latihan gabungan tersebut berasal dari Sulawesi, Aceh, Bali, Banyuwangi, Jember, Blitar, Malang, Kudus, Sidoarjo, Surabaya serta Mojokerto terdiri lebih dari 70 lembaga maupun Komunitas sosial termasuk Relawan Kemandirian yang diwakili oleh 5 orang relawan.

Setelah melakukan registrasi ulang pada relawan berkumpul guna melangsungkan apel untuk membuka Latihan Gabungan tersebut yang dimana apel tersebut secara langsung dihadiri oleh ibu Bupati Kabupaten Mojokerto Dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. serta Latihan Gabungan tersebut dikawal langsung oleh BPBD,BNPB, Team BASARNAS dan juga beberapa Komunitas relawan yang ada di sekitar Mojokerto.

Dihari pertama merupakan penyampaian materi Urban SAR dan Navigasi Digital yang dibawakan langsung oleh team BASARNAS Surabaya yang didampingi langsung, oleh ketua Forum PRB Kab.Mojokerto, yang dimana materi USAR dan Navigasi Digital disampaikan secara dipisah dan juga ada yang dilaksanakan secara paralel.

Pada sesi pertama team Urban SAR melaksanakan praktik latihan gabungan secara kelompok, yang dimana kelompok tersebut dibagi menjadi 3 SRU, SRU pertama diarahkan untuk melakukan Assessment Search and Rescue.

Sedangkan SRU dua akan mempraktekkan cara mengevakuasi korban yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat bencana gempa bumi serta diperkenalkan beberapa alat untuk membobol reruntuhan bangunan tersebut, serta SRU Tiga mempraktikkan cara evakuasi korban yang tertimpa kebakaran serta cara memadamkan api dengan APAT & APAR. 

Khusnul salah seorang Relawan Kemandirian yang turut serta kegiatan latihan gabungan tersebut merasa beruntung dan banyak ilmu yang didapat terlebih dalam dunia SAR dan kebencanaan. Dirinya berharap selepas dari kegiatan baik tersebut dapat menambah wawasan mengenai dunia kerelawanan dan bermanfaat untuk dirinya dalam membantu sesama yang tengah membutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *