Qurban

Pertama Kali Yatim Mandiri Qurban Hingga Afrika

Somaliland, YM News – Pertama kalinya di tahun ini Yatim Mandiri melaksanakan qurban di Afrika. Qurban untuk saudara muslim di Afrika dilaksanakan di 5 negara yaitu, Somaliland, Uganda, Kenya, Tanzania dan Chad.

Penyembelihan hewan qurban sendiri dilaksanakan 2 hari, pada tanggal 10 dan 11 Juli 2022. Penyembelihan dilakukan di Rumah Potong Hewan disana, untuk kemudian didistribusikan menggunakan truk container ke beberapa daerah.

Seperti yang sudah kita ketahui sendiri, saat ini masyarakat Afrika sedang mengalami krisis kemanusiaan, akibat sanitasi yang kurang memadai hingga berimbas kepada kekurangan pangan. Tentu saja hadirnya program qurban Yatim Mandiri disana terlebih didistribusikan untuk keluarga yatim dan dhuafa sangat disambut hangat dan bermanfaat.

Warga Afrika mengambil daging qurban dengan tertib.

Saat mengambil daging qurban warga antri dengan tertib. Hewan Qurban di Afrika dibagikan dalam potongan besar, satu domba akan dicacah menjadi lima bagian saja, dan satu orang mendapatkan satu bagian besar tersebut. Menurut informasi daging qurban itu akan dikeringkan untuk stock bahan pangan mereka dalam beberapa hari ke depan.

“Alhamdulillah tahun ini Yatim Mandiri bisa mengirimkan 8 sapi dan 144 domba untuk saudara muslim di Afrika, tahun ini pertama, semoga tahun-tahun berikutnya program ini bisa kami laksanakan lagi,” tutur H. Mutrofin, SE., Direktur Utama Yatim Mandiri.

Warga Afrika menenteng daging qurban untuk dibawa kerumahnya.

Alhamdulillah setelah mendapatkan daging warga terlihat bahagia sambil menenteng daging qurban mereka. Anak-anak pun tak luput senangnya, mereka semangat membantu orang tuanya membawa daging qurban untuk diolah di rumah mereka masing-masing.

“Terima kasih untuk para para muqorib (pequrban), terima kasih juga untuk Majelis Taklim Arafah Sidoarjo sebagai mitra yang telah berkolaborasi dan Al-Khoir Fondation sebagai mitra penyalur dan pendistribusian qurban. Semoga Allah Ta’ala limbahkan kebaikan dan keberkahan,” kata H. Mutrofin, SE., Direktur Utama Yatim Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *