Kisah Sukses

Dzikrie Bertekad Teruskan Usaha Keluarga yang Sempat Mati

Dekat dengan dunia desain, percetakan, dan advertising sejak kecil, membuat Rachmad Zikrie tak ragu untuk melanjutkan usaha yang pernah dirintis oleh ayahnya rahimahullah. 

Elzha Advertising merupakan sebuah usaha digital printing yang pernah dirintis ayah Zikrie pada 2008 silam. Namun usaha ini sempat mati saat sang ayah meninggal.

Meski usaha ini merupakan warisan dari sang ayah, bukan berarti Zikrie bisa langsung menikmati hasilnya. Selama lebih setengah tahun ini, Zikrie masih terus berjuang untuk membangun kembali usaha keluarga yang sempat mati ini. 

Tentu tak mudah. Zikrie harus memperbaiki banyak mesin yang telah rusak dimakan waktu. “Alhamdulillah saya mendapat bantuan dari Gen Mandiri. Dari situ bisa untuk memperbaiki mesin yang rusak,” jelas pria kelahiran 2000 ini.

Dengan mesin-mesin tersebut, Zikrie berusaha semaksimal mungkin menjalankan Elzha Advertising. “Banyak pelanggan yang datang dari kelas UMKM untuk pesan banner, stiker, atau papan nama. Mereka juga banyak yang merupakan pelanggan lama ayah. Jadi saya harus bisa menjaga kualitas yang pernah ayah saya tawarkan dulu,” jelas Zikrie.

Bagi Zikrie, sekecil apapun usaha yang ia jalankan, masih lebih baik daripada kerja sebagai bawahan. “Kalau kerja dengan orang, rasanya tidak bisa menikmati jerih payah dengan sungguh-sungguh. Kalau usaha sendiri, jadi tahu betapa susahnya cari uang,” ujar pria asli Padang ini. 

Dari hasil usahanya ini, Zikrie manfaatkan untuk kebutuhan keluarga dan biaya sekolah adiknya. Selain itu, Zikrie juga melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1. “Saya ambil jurusan manajemen di Universitas Ibnu Sina Batam,” tambahnya.

Zikrie merupakan lulusan desain grafis MEC angkatan XV. Baginya, MEC banyak mengajarkan hal baik. Terutama dalam hal kemandirian. “Pikiran saya dibuka, saya bagaikan “dicuci” saat menempuh pendidikan di MEC. Karena itu saya berani untuk membuka usaha sendiri karena jiwa entrepreneur saya sudah dibangun saat di MEC,” pungkasnya.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *