Berita

Inilah Alasan Penyebab Gempa Bumi Bisa Terjadi

Nasional, YM News – Penyebab gempa bumi dapat berasal dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada umumnya pergeseran lempeng bumi alias kerak bumi menjadi salah satu penyebab gempa bumi.

Lantas, apa saja faktor yang menjadi penyebab gempa bumi bisa terjadi? Yuk simak informasi selengkapnya!

 

Baca juga:   6 Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi

Pengertian dan Penyebab Gempa Bumi

Dikutip dari situs BPBD Banda Aceh, gempa bumi diartikan getaran atau guncangan pada permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara mendadak yang menciptakan gelombang seismik.

Penyebab gempa bumi berasal dari berbagai faktor diantara lain:

  1. Aktivitas sesar yang terjadi di permukaan kulit bumi (kerak)
  2. Proses tektonik atau pergerakan lempeng atau kulit bumi.
  3. Runtuhan tanah atau pergerakan geomorfologi lokal.
  4. Meletus gunung berapi atau vulkanik.
  5. Ledakan Nuklir yang besar.

Penyebab Gempa Bumi Akibat Pergerakan Kulit Bumi (Kerak)

Salah satu penyebab gempa bumi adalah pergerakan atau pergeseran lempengan kulit bumi (kerak). Melansir dari website BMKG, pergerakan lempengan kerak bumi dibagi menjadi dua faktor, yaitu gerakan saling mendekat dan menjauh.

  • Gerakan Saling Mendekat

Gerakan lempengan bumi yang saling mendekat juga bisa menimbulkan gempa bumi. Pergerakan dua lempeng bumi yang saling mendekat juga berdampak pada terbentuknya gunung berapi, contohnya Gunung Semeru.

Gunung berapi tersebut terus tumbuh tinggi akibat gerakan lempengan di bawahnya yang semakin mendekat dan saling bertumpukan.

  • Gerakan Saling Menjauh

Perlu diketahui, terbentuknya lempeng baru di antara kedua lempeng yang berjauhan. Lempeng baru memiliki massa jenis jauh lebih kecil dari massa jenis lempeng yang lama.

Lempeng baru terbentuk akan mendapat tekanan yang jauh besar dari dua lempeng lama, sehingga ini akan menimbulkan gerakan ke bawah dan mengakibatkan pelepasan energi yang sangat besar.

Yuk bantu saudara sesama Muslim kita di turkiye dan Syuriah yang tengah tertimpa musibah gempa dengan sedekah terbaik kita: Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *