Qurban

Penyaluran Qurban Afrika Majelis Taklim Arafah dan Yatim Mandiri

Sidoarjo, YM News – Majelis Taklim Arafah Sidoarjo berkolaborasi dengan yayasan Yatim Mandiri, menyalurkan hewan kurban ke Somalia, Afrika (6/7/2022).

Sebanyak 7 Sapi dan 6 Domba senilai 94 juta lebih, diserahkan secara simbolis oleh Majelis Taklim Arafah kepada Yayasan Yatim Mandiri di rumah Majelis, Perumahan Pondok Jati, Sidoarjo.

Penyaluran hewan kurban bertajuk “Muslim itu bersaudara di manapun berada” ini bukan pertama kali dilakukan oleh MT Arafah. Tahun lalu MT Arafah juga menyalurkan hewan kurban di daerah konflik, Gaza, Palestina.

Ketua Majelis Taklim Arafah, Elva Tazar mengatakan penyaluran hewan qurban ke Somalia, Afrika ini sebagai bukti bahwa persaudaraan antar muslim tak terbatas antar negara.

“Muslim itu bagaikan satu tubuh, jika satu tubuh sakit yang lain juga ikut merasakan,” kata Elva Tazar bernada sedih.

Ia juga menuturkan, Somalia, Afrika sebagai negara tujuan penyaluran kurban dikarenakan jutaan warga di sana alami kelaparan dan banyak anak-anak yang menderita busung lapar.

“Menurut data ada jutaan warga Afrika alami kelaparan dan busung lapar. Semoga penyaluran kurban ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di sana,” harap Ketua Majelis.

Dalam penyaluran hewan kurban secara simbolis ini Ketua Majelis Taklim Arafah, Elva Tazar juga menunjukkan pembukuan oleh bendahara majelis terkait keuangan dan anggaran yang masuk baik dari anggota majelis maupun donatur luar.

“3 dari 7 sapi yang akan disalurkan merupakan bantuan dari luar anggota majelis. Penyampaian pembukaan seperti ini kita sampaikan untuk mempertegas bahwa MT Arafah tidak pernah memotong ataupun mengambil keuntungan apapun dari anggaran yang masuk dari umat,” tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari pengurus Yatim Mandiri, Andriyas Eko mengatakan tahun ini pihaknya kembali diberikan amanah penyaluran hewan qurban untuk dikirim ke Afrika oleh Majelis Taklim Arafah.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali diberikan amanah lagi untuk menyalurkan hewan kurban dari MT Arafah untuk saudara kita di Afrika. Sebelumnya tahun lalu kita juga menyalurkan kurban dari MT Arafah ke Gaza, Palestina,” ungkap Eko.

Dikatakan Eko, pengiriman hewan kurban akan dilakukan pada tanggal 8 Juli yang dikirim langsung oleh relawan Yatim Mandiri.

“Tahun ini yang menyalurkan adalah tim dari Yatim Mandiri di Indonesia langsung. Insyaallah tanggal 8 akan dikirim dan dalam penyaluran nya kita juga lakukan live report sebagai bukti bahwa amanah yang dititipkan pada kita benar-benar tersalurkan,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *