KemanusiaanTanya Jawab Umat

Makna Semangka, Simbol Perlawanan Rakyat Palestina

Sampai hari ini perang yang terjadi di Palestina masih berlangsung, bahkan sampai artikel ini diterbitkan, setidaknya lebih dari 9.000 orang syahid termasuk perempuan dan anak-anak, serta lebih dari 30.000 warga sipil terluka.

Dengan adanya peristiwa tersebut, banyak dukungan yang datang di berbagai platform sosial media dengan simbol buah semangka.

Lalu sebenarnya apa hubungannya emoji buah semangka dengan Palestina?

Makna Semangka dan Kenapa Identik dengan Palestina

Tangkapan Layar 2023 11 03 Pukul 15.07.04

Semangka merupakan sebuah simbol perlawanan. Mempunyai warna yang menyerupai bendera Palest!na, buah ini bisa dilihat dari dinding batu Gaza hingga galeri Ramallah, mengisyaratkan sejarah politik.

Setelah perang enam hari pada tahun 1967, pihak Zionis melarang segala bentuk pengibaran bendera Palestina beserta dengan warnanya di depan umum. 

Segala hal pengibaran bendera, mulai dari publikasi, iklan, bahkan foto-foto lama, dapat mengakibatkan hukuman penjara bahkan lebih buruk lagi bagi siapa saja yang melanggar.

Warna semangka yang senada dengan bendera Palestina yakni warna merah, hijau, hitam, dan putihnya menjadi karya seni dengan cara halus saudara Muslim di Palestina untuk menunjukkan semangat kebangsaan nasional hingga saat ini.

Baca Juga

Bantuan Kebaikan Darimu, Telah Tersampaikan untuk Warga Gaza
Lewat Kedubes Palestina, Yatim Mandiri Serahkan Donasi Kemanusiaan

Dukungan Yatim Mandiri untuk Palestina

Yatim Mandiri dengan berbagai organisasi kemanusiaan lainnya mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan dalam memberikan bantuan kepada warga Palestina yang terluka dan terkena dampak konflik.

Konflik di Gaza, Palestina, telah berkecamuk selama beberapa waktu, dan dampaknya telah dirasakan oleh ribuan warga sipil. 

Situasi semakin memburuk dengan terus berlanjutnya serangan bom dan pertempuran yang melibatkan pihak-pihak yang terlibat dalam konflik tersebut. Gedung-gedung hancur, dan kabar tentang warga yang tewas atau terluka terus berdatangan setiap harinya.

Menyikapi hal tersebut, Yatim Mandiri telah mendistribusikan kurang lebih 105 makanan siap saji untuk warga gaza yang ada di pengungsian mulai dari anak-anak, lansia dan dhuafa lainnya.

Hal ini menjadi komitmen Yatim Mandiri sebagai salah satu lembaga filantropi Islam untuk senantiasa turut serta menjaga perdamaian dunia dan membantu sesama yang membutuhkan, terlebih bagi saudara Muslim di tanah para Nabi tersebut. 

Bagi kita, irisan buah semangka bukanlah tentang buah biasa. Akan tetapi tentang kepedulian dan keberpihakan untuk membela saudara Muslim kita di Palestina untuk meraih mimpi dan menjadi bangsa yang merdeka.  

2 komentar pada “Makna Semangka, Simbol Perlawanan Rakyat Palestina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *