Pemberdayaan

Peresmian Kelompok Wanita Tani Kopi Kampung Mandiri Ponorogo

Ponorogo, YM News – Kopi merupakan salah satu komoditas yang banyak digemari oleh masyarakat dan produk unggulan yang mendatangkan cuan.

Desa Banaran adalah salah wilayah di Kabupaten Ponorogo yang mempunyai banyak potensi, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, salah satu penghasil kopi terbaik.

Melihat potensi besar tersebut, Yatim Mandiri Ponorogo membentuk Kampung Mandiri untuk mengakomodir warga Desa Banaran, memaksimalkan potensi sumber daya alam agar dimanfaatkan seluas-luasnya.

Kampung Mandiri merupakan pemberdayaan dalam wilayah desa dengan tujuan melakukan optimalisasi terhadap potensi agro di desa melalui intervensi pembentukan kelompok usaha bersama.

Alhamdulilah menindaklanjuti program Kampung Mandiri, pada Kamis lalu (2/2/2023), Yatim Mandiri Ponorogo meresmikan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Diskusi perencanaan dan sambutan oleh PPL Desa Banaran.

Kegiatan peresmian kelompok wanita tani tersebut turut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian subag Perkebunan, Kepala Desa Banaran, Kepala PPAI Pulung, dan PPL Desa Banaran.

David selaku Staf Program Pendistribusian dan Pemberdayaan Yatim Mandiri Ponorogo menuturkan, pihaknya selama ini berupaya memberikan pelayanan maksimal dalam mendampingi anggota Kampung Mandiri.

“Kampung Mandiri Banaran ini salah satu bentuk kepedulian dan langkah kami, berdayakan bunda yatim serta warga dhuafa disini dengan beri bantuan modal usaha dan dampingi kelompok dengan penguatan ruhiyahnya.” ujarnya.

Dirinya melanjutkan, Kampung Mandiri Banaran memiliki beberapa produk unggulan seperti kopi robusta dengan branding Kopi Go-Sari dan Keripik Bothe (Kribo).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Desa Banaran dan Ibu Kampung Mandiri atas kekompakannya selama ini dan tidak lupa kepada fasilitator Kampung Mandiri Go-Sari Banaran.” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *