Pemberdayaan

Dongkrak Pariwisata Lokal, Yatim Mandiri Yogyakarta Adakan Workshop

Kulonprogo, YM News – Yatim Mandiri Yogyakarta telah sukses menggelar Workshop Pariwisata pada Sabtu lalu (24/2/2024) di Omah Kopi Menoreh. Acara ini menghadirkan tokoh-tokoh berpengalaman dalam pengelolaan desa wisata, seperti Galih Alif Fahmi Rizki, pengelola Desa Wisata (Dewi) Tinalah, dan Hannif Andy Al Anshori, Founder Desa Wisata Institute dan Insan Wisata.

Workshop ini menjadi langkah awal komitmen Yatim Mandiri Yogyakarta untuk menggali potensi alam dan mengembangkannya menjadi wisata desa yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas, serta upaya untuk program pemberdayaan masyarakat lokal. 

Setelah berhasil mendampingi pemberdayaan sektor ekonomi dengan produk unggulan Kopi dan Kripik Talas brand “Yo Tumbas” selama 2 tahun, Yatim Mandiri Yogyakarta kini memperluas fokusnya ke sektor pariwisata di Kalurahan Sidoharjo, Kabupaten Kulonprogo.

Roji, Ketua Desa Wisata Sidoharjo, memaparkan potensi alam dan capaian selama ini. Galuh, pengelola Dewi Tinalah, menekankan pentingnya komitmen pelaku wisata dalam mengembangkan potensi alam menjadi destinasi wisata. 

Hannif, Founder Desa Wisata Institute dan Insan Wisata, menyoroti keberhasilan desa wisata yang menggandeng PENTAHELIX, kolaborasi lima pilar yakni Akademisi, Pemerintah, Media, Pelaku Usaha/Swasta, dan Masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya menjaga keaslian dan kearifan lokal desa dalam paket wisata.

Turut hadir dalam workshop ini Sari Wulandari, Kabid Pemberdayaan Dinas Pariwisata Kulonprogo, yang menyampaikan bahwa Desa Sidoharjo merupakan desa wisata senior yang masih eksis hingga kini. Ia mengingatkan tentang kebutuhan sinyal di objek wisata dan mendorong kerjasama untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Workshop diakhiri dengan pemaparan Hermanto, Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, yang menyoroti pentingnya penggunaan media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata kepada generasi muda. 

Workshop Pariwisata ini diharapkan menjadi landasan bagi Yatim Mandiri Yogyakarta dalam mempersiapkan SDM sebagai pelaku kunci pembangunan Desa Wisata Sidoharjo. Pada bulan Mei mendatang, Yatim Mandiri Yogyakarta akan menggelar Gebyar Milad ke-30 Tahun Yatim Mandiri yang akan menampilkan kearifan lokal, budaya, dan soft launching Desa Wisata.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *