Bencana

6 Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi

Nasional, YM News – Banyaknya musibah gempa yang terjadi belakangan ini, membuat diri kita harus senantiasa waspada dan antisipasi. Lalu bagaimana cara menyelamatkan diri saat gempa bumi?

1. Lindungi Kepala dengan Alat Pelindung

Saat terjadi gempa, jangan lupa untuk melindungi bagian kepala dengan beberapa alat seperti bantal, helm, papan atau kedua tangan dengan posisi telungkup. Hal tersebut salah satu cara menyelamatkan diri saat gempa dengan aman dan selamat.

2. Bersembunyi di Bawah Meja

sumber foto: freepik

Agar tubuh terhindar dari terkena benda-benda yang berjatuhan akibat gempa, sebaiknya berlindung di bawah meja dalam ruangan, kantor maupun rumah.

Baca juga:    Inilah Alasan Penyebab Gempa Bumi Bisa Terjadi

3. Hindari Naik Lift 

Apabila ada gempa, jangan atau hindari naik lift. Sangat dianjurkan untuk menggunakan tangga darurat saat turun dan jangan panik. Selanjutnya cari tempat aman di tempat terbuka dan harus tenang saat gempa berlangsung.

4. Jauhi Tiang Listrik atau Gedung

sumber foto: freepik.com

Cara menyelamatkan diri saat gempa selanjutnya adalah jauhi area tiang listrik atau gedung tinggi. Berlarilah atau cari daerah aman di lapangan terbuka sembari tenang.

5. Pergi Daerah Tinggi dan Jauhi Laut

Gempa yang terjadi di dasar laut, seringkali dibarengi dengan naiknya air laut atau lebih dikenal dengan tsunami. Maka dari itu, carilah tempat atau dataran tinggi untuk menyelamatkan diri.

6. Hentikan Kendaraan Segera

  1. sumber foto: freepik

Jika sedang dalam keadaan berkendara, hentikan terlebih dahulu kendaraan agar tidak berhenti secara mendadak. Kemudian keluar dari kendaraan dan berlari ke tempat terbuka agar selamat dari gempa bumi.

Yuk bantu saudara sesama Muslim kita di turkiye dan Syuriah yang tengah tertimpa musibah gempa dengan sedekah terbaik kita: Klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *