30+ Daftar Nama Anak Laki-laki Islami, Penuh Makna

Nama anak laki-laki Islami bisa menjadi inspirasi yang tepat untuk memberi nama buah hati. Arti dari nama anak juga bisa mengandung doa dan harapan.


Memberikan nama kepada anak laki-laki yang baru lahir merupakan moment penting dan berharga bagi kedua orang tuanya. Oleh karena itu, sebaiknya memilih nama anak laki-laki Islami dengan arti yang baik.

Ingat, nama bagi seorang anak laki-laki juga bisa menjadi harapan dan doa dari orang tuanya. Tidak usah bingung memilih nama untuk bayi laki-laki karena artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi nama yang bisa menjadi inspirasi.

Nama Anak laki-laki Islami 2 kata

Nama anak bayi laki-laki bisa terdiri dari dua kata agar terkesan sederhana dan singkat. Meskipun demikian, nama bayi laki-laki tetap bisa memiliki makna yang mendalam. Seperti apa contohnya? Berikut ini beberapa inspirasi nama untuk bayi laki-laki dengan dua kata, yaitu:

1. Azzam Baasyir

Bayi yang diberi nama Azzam Bassyir diharapkan bisa tumbuh dan menjadi laki-laki dengan kemauan kuat untuk mencapai tujuannya. Tujuannya tersebut nantinya pun akan berhasil tercapai, sehingga memberikan kabar gembira bagi banyak orang.

Azzam: Bulat tekad, yakin; Baasyir: Pemberi kabar gembira

2. Azka Ildam

Nama ini memiliki makna bahwa nantinya ketika sudah dewasa, anak laki-laki bisa menjadi sosok yang terus semangat maju untuk memperjuangkan keadlilan.

Azka: Bersih, maju; Idlam: Keadilan

3. Ammar Haidar

Arti nama anak yang satu ini adalah anak laki-laki yang memiliki iman kuat. Ia juga diharapkan tumbuh menjadi anak laki-laki yang selalu berani membela agamanya.

Ammar: Kuat iman; Haidar: Pemberani

4. Arshaka Gibran

Apa arti nama Arshaka dalam Islam? Nama Arshaka juga terkesan Islami karena dalam bahasa Arab nama ini memiliki arti mensykuri kebahagiaan. Oleh karena itu, Arshaka Gibran memiki arti anak laki-laki yang pandai dan selalu pandai bersyukur atas nikmat pemberian Allah.

Arshaka: Bersyukur; Gibran: Terpandai

5. Ehsan Saskara

Anak yang memiliki nama ini diharapkan bisa tumbuh dan berkembang dalam lindungan serta kasih sayang Allah SWT. Nama ini juga mengandung harapan agar Ehsan Saskara selalu menjunjung tinggi dan berjalan atas dasar kebenaran serta kebaikan.

Ehsan: Dalam Kasih Allah; Saskara: Kebenaran

6. Ghazi Bilfaqih

Nama untuk anak laki-laki yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi karena penuh makna. Harapannya, ia akan tumbuh menjadi orang yang gigih berjuang dengan landasan ilmu, termasuk ilmu fiqih yang dimilikinya.

Ghazi: Pejuang, prajurit; Bilfaqih: Mengerti ilmu fiqih

7. Razan Qabus 

Nama anak laki-laki Islami lainnya yang juga memiliki arti baik adalah Razan Qobus. Orang tua yang memberikan nama ini kepada anaknya berharap kelak ia bisa menjadi laki-laki yang tampan dan berwibawa, sehingga memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitarnya.

Razan: Berwibawa; Qobus: Menawan, tampan

8. Dzaki Badar

Dzaki Badar cocok diberikan kepada anak laki-laki yang lahir di malam hari. Nama ini mengandung harapan agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang pintar untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

Dzaki: Pintar, cerdas; Badar: Bulan purnama

9. Kaysan Nayaka

Kaysan Nayaka merupakan nama yang mengandung doa agar anak laki-laki kelak bisa menjadi seorang pemimpin bijaksana. Kebijaksanaan yang dimilikinya pun bisa digunakan untuk kebaikan bagi banyak orang.

Kaysan: Bijaksana, Nayaka: Pemimpin

10. Kareem Lubawi

Inspirasi nama untuk anak laki-laki lainnya adalah Kareem Lubawi. Artinya, anak diharapkan tumbuh menjadi seorang laki-laki dengan akal yang pintar dan sifat pemurah serta baik kepada orang-orang di sekitarnya.

Kareem: Pemurah, Lubawi: Pintar

11. Khafi Hisyam

Apa nama bayi laki-laki dalam Al Quran? Salah satu contoh nama bayi dalam Al Quran adalah Khafi yang bisa diberikan kepada anak laki-laki. Anak dengan nama Khafi Hisyam diharapkan bisa menjadi seorang pemenang, tetapi tetap murah hati dan bersikap baik untuk sesamanya.

Khafi: Seorang pemenang; Hisyam: Kemurahan hati

12. Jabbar Ariqin

Rekomenadasi nama untuk anak laki-laki yang satu ini memiliki arti seorang anak yang perkasa dan memiliki sikap serta akhlak mulia. 

Jabbar: Perkasa; Ariqin: Berakhlak mulia

13. Hakim Nasir

Nama untuk bayi laki-laki yang satu ini memiliki arti sebagai orang bijaksana. Kebijaksanaan yang dimilikinya nantinya akan digunakan untuk menolong orang-orang di sekitarnya.

Hakim: Bijaksana; Nasir: Penolong

14. Nizam Eshan

Nizam Eshan juga dapat digunakan sebagai nama anak laki-laki Islami yang penuh makna. Anak ini diharapkan bisa selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah. Doa yang ada dalam nama ini adalah ia bisa menjadi pemimpin yang cerdas, gagah, dan memberi kebaikan.

Nizam: Cerdas, gagah, pemimpin; Ehsan: Dalam kasih Allah

15. Nur Rasyad

Kehadiran Nur Rasyad seperti cahaya sejuk bagi keluarganya. Ia diharapkan bisa tumbuh menjadi sosok pemimpin yang bisa memberikan petunjuk kebenaran dan kebaikan bagi banyak orang.

Nur: Cahaya; Rasyad: Petunjuk

Nama Anak laki-laki Islami 3 kata

Selain diberi nama dengan dua kata, tidak ada salahnya juga untuk memberi nama anak agak panjang dengan 3 susunan kata. Berikut ini beberapa contoh nama anak laki-laki dengan 3 kata yang memiliki makna mendalam secara Islam, yaitu:

1. Bilal Rafid Firmansyah

Anak yang diberi nama ini lahir sebagai karunia Allah yang disyukuri kedua orang tuanya. Orang tuanya berharap Bilal bisa tumbuh menjadi seseorang yang bijaksana dan mampu melindungi orang-orang disekitarnya.

Bilal: Bijaksana, Rafid: Pelindung; Firmansyah: Karunia Allah

2. Hayyan Wasif Qalbi

Nama anak yang bagus ini diharapkan bisa menjadi doa agar anak laki-laki tumbuh menjadi sosok teman baik bagi sesamanya dan bisa memberikan manfaat kebaikan. Selain itu, ia juga bisa memiliki hati yang lembut dan diliputi oleh kebenaran.

Hayyan: Teman baik; Wasif: Bermanfaat; Qalbi: Benar hatinya

3. Qaisar Fathurra Mustafa

Apa arti nama Qaisar? Nama Qaisar berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti kaisar atau pemimpin. Anak yang diberi nama Qaisar Fathurra Mustafa diharapkan bisa tumbuh menjadi seorang pemimpin yang dipilih oleh banyak orang karena wawasannya luas.

Qaisar: Pemimpin; Fathurra: Berwawasan Luas; Mustafa: Yang dipilih

4. Osman Hafiz Naufal 

Anak laki-laki yang memiliki nama Osman Hafiz Naufal diharapkan dapat menjadi sosok penghafal Al-Quran yang pandai bersukur. Selain itu, nama Naufal diharapkan menjadi doa agar ia tumbuh menjadi laki-laki rupawan.

Osman: Yang Bersyukur; Hafiz: Penghafal Al-Quran; Naufal: Tampan 

5. Uwais Yasar Mufid

Inspirasi nama anak laki-laki Islami lainnya adalah Uwais Yasar Mufid. Anak ini hadir di dunia sebagai penghibur bagi penantian kedua orang tua dan keluarganya. Selain itu, nama ini juga mengandung harapan agar anak tumbuh diberkati Allah dan bermanfaat bagi sesamanya.

Uwais: Diberkati; Yasar: Penghibur; Mufid: Bermanfaat

6. Rauf Atha Aabdar

Anak laki-laki yang diberi nama Rauf diharapkan bisa tumbuh menjadi pribadi penyayang yang menebarkan kebaikan terhadap orang-orang sekitarnya. Nama ini juga cocok diberikan kepada anak laki-laki yang lahir pada malam hari. 

Rauf: Penyayang; Atha: Kebaikan; Aabdar: Bulan purnama

7. Busyra Fadhil 

Busyra: Kabar gembira; Fadhil: Murah hati; Hanan: Penyayang

8. Ghaffar Hisayam Nadim

Salah satu contoh nama anak laki-laki Islami lainnya adalah Ghaffar Hisyam Nadim yang memiliki makna baik. Anak ini diharapkan bisa tumbuh menjadi sosok sahabat yang baik dan murah hati bagi teman-temannya. Selain itu, Ghaffar juga baik hati sehingga tidak mudah menyimpan dendam.

Ghaffar: Pengampunan; Hisyam: Kemurahan; Nadim: Sahabat

9. Nashif Qabus Sarfaraz

Makna indah dari nama anak laki-laki yang satu ini adalah seorang pemimpin yang bisa bertindak adil dan bijaksana. Selain itu, ia juga akan menjadi sosok pemimpin yang tampan dan berwibawa.

Nashif: Bijaksana, adil; Qabus: Tampan; Sarfaraz

10. Jibran Hasan Mansyur

Makna nama anak yang satu ini adalah seorang laki-laki yang dikenal karena kepandaiannya. Selain itu, ia juga akan dikenal banyak orang karena kebaikan hati dan sikapnya kepada orang-orang disekitarnya.

Jibran: Pandai; Hasan: Baik; Mansyur: Orang yang dikenal

11. Ma’ruf Nasir Qadri

Orang tua yang memberi nama anak laki-laki mereka dengan nama ini berharap ia akan tumbuh menjadi laki-laki baik hati. Kebaikan yang dimilikinya kelak dapat menjadi penolong bagi banyak orang, sehingga ia mendapat kemuliaan.

Ma’ruf: Berbuat kebaikan; Nasir: Penolong; Qadri: Kemuliaan

12. Sulthan Yusra

Arti nama ini adalah sosok yang memiliki hidup makmur dan kekuasaannya. Anak laki-laki ini juga akan tumbuh menjadi anak yang dermawan atau mudah memberi demi menolong orang yang membutuhkan.

Sulhan: Memiliki kekuasaan, kuat: Yusra: Makmur, kaya; Wahab: Pemberi

13. Rafka Ihsan Fauzan

Rafka diharapkan bisa tumbuh menjadi sosok yang selalu berserah diri dan berdoa kepada Allah, sehingga kehidupannya diliputi dengan kebaikan. Anak laki-laki ini juga bisa diharapkan mencapai kemenangan atau kebahagiaan dalam hidupnya di dunia maupun akhirat.

Rafka: Lelaki yang selalu berdoa kepada Allah; Ihsan: Kebaikan; Fauzan: Pemenang

14. Huda Khair Nizam

Contoh nama anak yang memiliki makna Islami dari Alquran adalah Huda. Nama ini memiliki makna dan doa agar ia bisa menjadi sosok pemimpin yang berani memberikan petunjuk untuk mengarahkan ke kebaikan.

Huda: Petunjuk; Khair: Kebaikan; Nizam: Pemimpin yang berani

15. Nur Zabran Rafid

Sosok laki-laki yang memiliki kekuatan untuk memberi cahaya kebaikan kepada orang kesusahan. Artinya, ia bisa tumbuh menjadi orang yang suka membantu orang lain untuk bangkit dari kesalahan.

Nur: Cahaya; Zabran: Kuat, mampu; Rafid: Pemberi

Nama Anak laki-laki Islami dan Artinya

Nama yang terkesan Islami dan modern kini juga cocok diberikan kepada anak laki-laki. Berikut ini beberapa rekomendasi nama modern yang bisa diberikan kepada bayi laki-laki, yaitu:

1. Dhiau Chairi

Orang tua juga bisa memberikan nama Dhiau Chairi untuk anak laki-lakinya. Nama yang modern dan tetap Islami ini memiliki makna yang sangat baik. Anak yang memiliki nama ini diharapkan bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan menebarkan kebaikan seperti sinar yang bercahaya.

Dhiau: Pancaran cahaya; Chairi: Kebaikan

2. Daiyan Faiq

Anak dengan nama Daiyan Faiq diharapkan bisa menjadi pelindung bagi orang yang disayanginya maupun orang yang membutuhkan pertolongannya. Anak laki-laki ini juga diharapkan bisa menjadi pemimpin terdepan yang melindungi orang sekitarnya.

Daiyan: Pelindung; Faiq: Terdepan, Unggul

3. Akram Nahdan Latif

Nama anak laki-laki Islami ini mengandung harapan agar sang anak bisa mendapat kemuliaan dan selalu bangkit dari setiap permasalahan. Ia juga akan tumbuh menjadi anak yang memiliki hati lembut.

Akram: Sangat Mulia, Nahdan: Bangkit; Latif: Lembut hati

4. Fadil Azzamy

Nama untuk bayi laki-laki ini memiliki arti bahwa ia akan tumbuh menjadi sosok dengan banyak ilmu atau cerdas. Ia juga memiliki semangat dan tekad kuat untuk mencapai tujuannya.

Fadil: Berilmu; Azzamy: Tekad yang kuat

5. Arkana Hafuza

Apa arti nama Arkana dalam Islam? Nama Arkana memiliki arti sebagai sosok pemimpin yang terhormat. Anak yang memiliki nama Arkana Hafuza diharapkan bisa menjadi pemimpin terhormat yang mampu memberi semangat bagi banyak orang.

Arkana: Pemimpin, terhormat; Hafuza: Pemberi semangat

6. Rafka Zahir

Artinya, anak laki-laki yang hadir seperti cahaya penerang bagi orang sekitarnya. Nama ini mengandung harapan agar ia menjadi sosok yang selalu bergantung pada Allah melalui doa-doa yang dipanjatkannya.

Rafka: Selalu berdoa; Zahir: Cahaya

7. Hanan Aydan

Aydan merupakan nama yang cocok untuk anak laki-laki dengan kesan kekinian, tetapi tetap mengandung makna yang baik. Hanan Aydan memiliki arti seorang laki-laki yang selalu bersemangat menjalani hidup dan penyayang.

Hanan: Penyayang; Aydan: Pemuda yang bersemangat 

8. Kaysan Razan Saddam

Nama penuh makna ini cocok diberikan kepada bayi laki-laki. Harapannya, ia akan tumbuh menjadi sosok penguasa atau pemimpin yang memiliki kekuatan dan wibawa. Kekuatan atau kekuasaan yang dimilikinya akan digunakan dengan bijaksan untuk membantu orang yang membutuhkan.

Kaysan: Bijaksana; Razan: Berwibawa; Saddam: Penguasa Perkasa 

9. Sakha Saskara

Sakha merupakan nama anak laki-laki kekinian yang banyak dipilih karena memiliki makna yang baik. Sakha Saskara artinya seroang anak laki-laki dermawan yang baik hati dan selalu menjunjung tinggi kebenaran.

Sakha: Dermawan; Saskara: Kebenaran

10. Zayyan Najmi

Nama anak laki-laki sederhana yang satu ini memiliki makna baik, seperti bintang-bintang bercahaya. Ia diharapkan bisa menjadi sosok rupawan dan memancarkan cahaya kebaikan seperti bintang di langit malam.

Zayyan: Rupawan; Najmi: Bintang-bintang

11. Dhanie Farhains

Kelahiran anak laki-laki ini memberikan kebahagiaan yang tidak terkira bagi kedua orang tuannya. Orang tuanya memberikan nama ini sebagai ungkapan syukur dan berharap anaknya bisa tumbuh dekat dengan Allah dan memiliki iman yang kuat.

Dhanie: Dekat dengan Allah; Farhains: Kegembiraan

12. Zaids Ammar Rahman

Arti nama untuk anak yang satu ini adalah memiliki banyak kebaikan dan kasih saying untuk diberikan kepada orang sekitarnya. Ia juga akan tumbuh menjadi anak laki-laki panjang umur untuk selalu berbuat baik.

Zaida: Pertambahan kebaikan; Ammar: Panjang Umur; Rahman: Maha pengasih

13. Aqil Azka

Artinya, sosok laki-laki cerdas dan mampu bersikap bijaksana. Ia merupakan pribadi yang suci, beriman, dan selalu berjalan demi kebenaran.

Aqil: Cerdas, bijaksana; Azka: Suci, murni

14. Ziyaed

Makna nama ini adalah sosok laki-laki yang cerdas dan memiliki banyak ilmu untuk digunakan demi kebaikan orang-orang sekitarnya. Ia juga merupakan sosok yang pantang menyerah dan terus maju untuk mencapai impian dan cita-citanya dalam hidup.

Ziyaed: Laki-laki yang bertambah maju; Alied: Cerdas; Ihsan: Berbuat kebaikan

15. Nuha Izzan Haidar

Anak laki-laki yang patuh kepada kedua orang tuannya dan memiliki sikap pemberani. Harapannya Nuha Izzan Haidar akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat bagi banyak orang.

Nuha: Kemampuan berpikir, cerdas; Izzan: Kapatuhan; Haidar: Pemberani

Nama anak laki-laki Islami penuh makna dapat diberikan kepada bayi yang baru lahir agar menjadi doa dan harapan baik. Kira-kira, siapa nama paling bagus menurut Anda?

 

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.