9 Manfaat Berbagi Rezeki untuk Bantu Ringankan Beban Sesama

Kegiatan berbagi akan memberikan banyak manfaat. Apa manfaat berbagi rezeki tersebut dan apa dalilnya? Berikut adalah penjelasannya.

Dalam agama Islam, setiap harta ataupun rezeki yang diberi oleh Allah SWT terdapat hak orang lain di dalamnya. Untuk itu, kelebihan harta yang dimiliki hendaklah digunakan untuk berbagi rezeki baik dalam bentuk infak, zakat, ataupun sedekah.

Kegiatan berbagi tersebut merupakan wujud sikap peduli terhadap sesama sekaligus sebagai momen untuk membersihkan harta. Selain itu, saling berbagi rezeki juga akan memperlancar rezeki yang akan datang selanjutnya.

Hadist dan Ayat Tentang Berbagi Rezeki

Hadist dan Ayat Tentang Berbagi Rezeki

1. Hadist Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang kemuliaan berbagi dalam hadist berikut ini.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya:

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)”. (HR. Bukhari – No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

Berdasarkan hadist tersebut, apabila seorang hamba atau manusia menyisihkan hartanya untuk saling berbagi, maka senantiasa akan didoakan oleh para malaikat agar Allah membalas kebaikannya.

Sedangkan bagi orang yang menahan hartanya, maka malaikat memohon kepada Allah agar orang tersebut mengalami kehancuran.

Kemudian, perilaku berbagi rezeki juga menjadi penolak bala dan dapat memanjangkan umur bagi orang yang menunaikannya, seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut ini.

وقال صلى الله عليه وسلم: الصَّدَقَةُ تَرُدُّ البَلاَء وَتُطَوِّلُ العُمْرَ

Artinya:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala (bahaya) dan dapat memanjangkan umur”.

2. Ayat Al-Quran

Selain hadist di atas, anjuran untuk saling berbagi juga terdapat dalam Al-Quran. Allah begitu jelas menyebutkan bahwa seseorang yang memberikan sebagian harta untuk orang lain akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah yang berlipat ganda.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ  

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya), baik laki-laki atau perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (balasan) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al-Hadid: 18).

Kemudian pada ayat lain, Allah juga menjelaskan tentang kemuliaan dari saling berbagi bisa menghapus dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat.

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ نَفَقَةٍ أَوْ نَذَرْتُمْ مِنْ نَذْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ. إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya:

Apa saja yang kalian nafkahkan (sedekahkan) ataupun yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pun pelindung baginya. Apabila kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian; dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Baqarah: 270-271).

Manfaat Berbagi Rezeki

manfaat berbagi rezeki

Setelah meninjau dari hadist dan ayat Al-Quran di atas, sangat banyak manfaat kebaikan dari kegiatan saling berbagi. Apa manfaat berbagi rezeki? Berikut ini ulasannya.

1. Pahala Berlipat Ganda

Sesuai dengan ayat yang tercantum dalam Al-Quran Surah Al-Hadid ayat 18 di atas, kegiatan berbagi atau sedekah bisa menghasilkan pahala yang berlipat ganda.

Sehingga apabila sering bersedekah dan menyisihkan harta untuk orang yang membutuhkan, maka pahala yang terkumpul akan semakin banyak.

Hal ini dikarenakan, setiap rezeki yang disedekahkan akan bermanfaat bagi orang lain.

Kemudian jika rezeki tersebut menghasilkan pahala untuk orang yang kita berikan rezeki, maka pahala tersebut juga akan mengalir untuk kita secara terus menerus atau disebut pahala sedekah jariyah.

2. Menghapus Dosa-Dosa

Selain pahala berlipat ganda, sedekah sebagai wujud berbagi juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.

Ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk jalan bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT agar diampuni segala dosa-dosa.

Kebaikan yang diperoleh dari sedekah dan berbagi akan menambah pahala sehingga dosa-dosa yang pernah dibuat akan berkurang dengan adanya pahala tersebut.

Semakin banyak pahala berbagi, maka akan semakin banyak pula dosa yang dihapuskan.

3. Memperoleh Syafaat

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ada 7 golongan manusia yang mendapatkan syafaat di akhirat kelak.

Itulah orang-orang yang mau bersedekah menggunakan tangan kanannya dan amalnya tersebut ia sembunyikan dari tangan kirinya.

Syafaat tersebut akan diperoleh di hari akhir nanti.

Rasulullah akan memberikan pertolongan kepada umatnya yang gemar berbagi atau menyisihkan hartanya untuk sesama sebagai bentuk hasil investasi pahala dan kebaikan yang dibuat selama di dunia.

4. Menjaga Keberkahan Harta

Harta yang disisihkan untuk digunakan sebagai wujud berbagi rezeki akan menambah keberkahan bagi rezeki-rezeki yang diperoleh.

Meskipun secara nyata harta akan berkurang karena disisihkan, namun kekurangan tersebut akan ditutupi oleh Allah dengan keberkahan.

Sebagian harta yang diberikan untuk orang-orang yang membutuhkan akan menjadi berkah untuk orang tersebut, begitu juga bagi pemberi harta.

Harta tersebut akan ditambah oleh Allah keberkahannya yang ditandai dengan rasa syukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT.

5. Terhindar dari Bahaya

Manfaat sedekah selanjutnya adalah menghindari diri dari bahaya yang mengancam. Ini juga meningkatkan perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW menjelaskan dalam salah satu hadistnya bahwa musibah dan bencana tidak dapat mendahului sedekah.

6. Memudahkan Jalan Menuju Surga

Hal ini juga dijelaskan oleh Rasulullah SAW di dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Bahwa surga terdapat kamar-kamar yang diperuntukkan oleh orang-orang yang memberi makan sesamanya, orang yang berpuasa, dan orang yang shalat pada malam hari.

Tentu saja hal ini akan mempermudah jalan menuju surga karena pahala yang didapatkan berlipat ganda.

Semakin banyak pahala, maka akan semakin mudah meraih surga Allah SWT.

7. Mendapat Keridhoan dari Allah SWT

Selanjutnya, orang yang gemar memberikan rezekinya untuk sesama akan mendapat keridhoan dari Allah sehingga segala urusan kebaikan yang ia lakukan senantiasa diridhoi oleh Allah SWT.

Tentunya hal ini juga akan membantu untuk melancarkan urusan dunia dan akhirat yang sedang dilalui.

8. Mengabulkan Doa

Sedekah yang dilakukan bisa diiringi oleh hajat yang ingin dicapai.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa malaikat akan ikut mendoakan orang yang bersedekah agar dilancarkan segala urusan dan mendapat keberkahan.

Bagi yang menginginkan sesuatu atau ingin memperoleh sesuatu, maka bersedekahlah sambil mengucapkan hajat yang ingin dicapai.

Selain itu, orang-orang yang mendapatkan sedikit rezeki juga akan turut mendoakan kebaikan-kebaikan dan juga mendoakan agar selalu diberi kemudahan dalam kehidupan.

9. Memanjangkan Umur

Maksudnya di sini adalah meningkatkan kualitas hidup karena hati akan terasa tenang dan bahagia saat menyaksikan orang yang kita bantu merasa senang dengan pertolongan yang kita berikan.

Ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadistnya yang menerangkan bahwa sedekah dapat menambah umur, mencegah kematian yang buruk, menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan bangga pada diri sendiri.

Banyak Berbagi Banyak Rezeki

sedekah di tanam berkah
Sedekah di Tanam Berkah platform galang dana online dari Yatim Mandiri

Melanjutkan manfaat di atas, berbagi rezeki akan memperbanyak rezeki yang didapatkan. Sedekah menjadi salah satu amal mulia yang bisa dilakukan. Bahkan dalam keadaan sulit, sangat dianjurkan untuk sering-sering bersedekah.

Meskipun harta menjadi berkurang, akan tetapi Allah akan menambah harta tersebut lagi dan lagi.

Semakin banyak mengucap syukur atas apa yang diperoleh akan membuat hati merasa cukup atas apa yang didapatkan, begitu juga dalam hal harta.

Pada prinsipnya, setelah berbagi dengan sesama, di situlah letak harta yang sebenarnya.

Untuk itu semakin banyak mengeluarkan harta untuk berbagi, maka semakin banyak harta yang akan dimiliki. Selain itu, juga akan semakin merasakan keutamaan dari bersedekah.

Karena apapun yang diberikan di jalan Allah, akan diganti oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda.

Dalam konteksnya, harta tidak akan berkurang jika disedekahkan bahkan akan semakin bertambah nantinya.

Selain itu, berbagi dengan sesama akan membersihkan harta, membawa keberkahan dan masih banyak lagi.

Perwujudannya tidak hanya dari segi ekonomi, tapi juga bisa dengan saling tolong menolong dengan kemampuan yang dimiliki sebagai bukti rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Setelah menyimak ulasan di atas, semoga kesempatan berbagi rezeki selalu datang dan bisa diterapkan setiap hari.

Untuk memudahkan dalam menyalurkan dana sedekah atau zakat, bisa melalui Yayasan Yatim Mandiri sebagai platform sedekah secara online.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban