Muslim Wajib Tahu! 4 Pahala Mengkhatamkan Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim dan akan mendapatkan pahala.

Pada waktu tertentu seperti bulan Ramadhan, pahala mengkhatamkan Al-Quran akan jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Maka tidak heran jika umat muslim akan berlomba-lomba untuk membaca Al-Quran di bulan istimewa tersebut.

Meskipun demikian, perintah untuk membaca Al-Quran dan pahalanya pada bulan lain akan tetap ada. Selain itu, juga dapat mendekatkan diri seorang hamba kepada penciptanya, yaitu Allah swt.

Umat muslim biasanya membaca Al-Quran setelah selesai menunaikan sholat fardhu dengan jumlah bacaan sesuai kemampuan. Tidak ada aturan terkait banyaknya ayat-ayat suci Al-Quran yang dibaca setiap waktunya.

Baca juga:   Ini 10 Cara Mengkhatamkan Quran Selama Bulan Ramadhan

4 Pahala Mengkhatamkan Al-Quran

Pada dasarnya, Allah swt. menurunkan Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk umat muslim hingga akhir zaman.

Setiap manusia yang membaca dan mengamalkan isinya senantiasa akan berada dalam lindungan-Nya. Adapun pahala yang didapatkan jika mengkhatamkan Al-Quran adalah sebagai berikut.

1. Malaikat Akan Memohonkan Ampun Kepada Allah swt.

Setiap orang yang bacaan Al-Quran hingga selesai atau yaitu sebanyak 30 juz, maka para malaikat akan turut memohonkan ampun kepada Allah swt. Sekitar 60 ribu malaikat yang akan ikut mendoakan agar dosa atau kesalahan orang tersebut akan diampuni.

Bahkan, jika umat muslim membaca seratus ayat dalam satu malam, maka kebaikan dan ketaatannya akan dicatat pada malam itu.

Jadi, meluangkan waktu atau mengisi waktu luang dengan mengaji adalah hal yang tidak pernah akan sia-sia dan justru harus dibiasakan.

Artikel lainnya:   7 Keistimewaan Al Quran Firman Allah Sebagai Petunjuk Manusia

2. Mendapatkan Syafaat Pada Hari Kiamat

Mengkhatamkan Al-Quran dapat membuat orang tersebut mendapatkan syafaat pada hari kiamat.

Umat muslim yang senantiasa menyibukkan dirinya untuk membaca ayat-ayat suci Al-Quran selama hidupnya niscaya akan mendapatkan balasan yang baik nantinya.

Allah swt telah berjanji akan hal tersebut. Jika ada yang dengan sengaja dan sepenuh hati untuk membaca Al-Quran hingga lupa berdzikir atau meminta kepada-Nya, maka akan Allah swt akan memberikan balasan sesuai dengan permintaan hambanya.

Keutamaan dari ayat-ayat Al-Quran merupakan keutamaan Allah swt. atas makhluk-makhluk-Nya. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya sebagai pedoman dan petunjuk umat Islam dalam menjalani hidupnya hingga hari kiamat tiba.

3. Mendapatkan Ketenangan

Umat muslim yang senantiasa membaca Al-Quran hingga khatam akan selalu mendapatkan ketenangan dalam kondisi apapun. Seseorang yang melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dan mengamalkan, maka hatinya akan terasa tenang.

Para malaikat akan turut melingkari dan memohon ampun untuknya. Selain itu, Allah swt. juga akan memuji atau menyebut mereka di hadapan makhluk ciptaan yang ada di dekat-Nya.

Jadi, manfaat yang diperoleh saat menghatamkan Al-Quran akan kembali ke orang tersebut.

Kita pasti sudah tahu bahwa selama hidup di dunia, masalah pasti akan selalu datang. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pikiran yang positif atau kesiapan diri yang lebih untuk menghadapinya.

Salah satu cara untuk menciptakan ketenangan diri yaitu dengan membaca Al-Quran dan memahami makna yang terkandung didalamnya.

Artikel pilihan:   10 Adab Membaca Al-Quran yang Wajib Dipraktekan

4. Amalan yang Paling Dicintai Oleh Allah SWT

Seseorang pernah bertanya kepada nabi Muhammad SAW tentang amalan apa yang paling dicintai Allah swt. Beliau pun kemudian menjawab bahwa mengkhatamkan Al-Quran.

Makna khatam Al-Quran yaitu membacanya dari awal hingga akhir dan setelah selesai akan mengulanginya kembali.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa amalan yang paling dicintai Allah swt adalah mengkhatamkan Al-Quran.

Jadi, umat muslim dapat yang ingin dicintai oleh pencipta-Nya, harus senantiasa melaksanakan hal tersebut dengan sepenuh hati.

Al-Quran diturunkan kepada umat muslim sebagai pedoman untuk menjalani hidupnya hingga hari kiamat.

Pahala mengkhatamkan Al-Quran ada banyak, diantaranya malaikat memohonkan ampun kepadanya, mendapatkan ketenangan, mendapatkan syafaat, dan amalan paling dicintai Allah swt.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban