Bacaan Ayat Kursi Lengkap dan Keutamaan Membacanya

Jika diamalkan secara rutin setelah shalat, bacaan ayat kursi bisa memberikan hikmah yang luar biasa bagi umat muslim.


Bacaan ayat kursi ini terdapat pada potongan surat Al Baqarah ayat ke 255. Dalam praktiknya, ayat ini dipercaya memiliki banyak keutamaan, sehingga perlu dihafalkan.

Diketahui, ayat kursi disebut-sebut sebagai salah satu ayat Al-Quran yang paling agung. Sebab, di dalamnya terdapat penyebutan nama-nama Allah yang Agung. Nama tersebut adalah Al Hayyu (Maha Hidup) dan Al Qayyum (Maha Berdiri Sendiri).

Kebesaran ayat kursi ini diakui langsung oleh Rasulullah SAW. Dalam sabdanya, beliau menyebut bahwa ayat kursi adalah kepala dari semua ayat Al-Quran.

Saat ayat kursi dibacakan, maka setan di dalam rumah akan keluar. Sabda ini yang menjadi cikal bakal kepercayaan ayat kursi sebagai pengusir setan.

Artikel lainnya:   Bacaan Ayat Seribu Dinar, Ini 4 Keutamaan Membacanya!

Bacaan Ayat Kursi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ayat kursi terdapat dalam Al-Quran surah Al Baqarah ayat ke 255. Adapun bunyi ayat kursi dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ 

Sementara itu, ayat kursi latin dan artinya tertulis:

Allaahulaailaaha illa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhu sinatuwwalaa nauum. Lahuumaa fissamaawaati wamaa filardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydihiim wamaa kholfahum walaa yukhiituuna bisyayin min ‘ilmihiiillaa bimaasyaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim“. 

Dari potongan ayat tersebut, bisa dilihat bahwa, ayat kursi memiliki banyak ungkapan agung untuk Allah SWT. 

Ungkapan inilah yang membuat ayat kursi memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh hamba yang mengamalkannya. Jika dirangkum, berikut ini adalah makna dari ayat kursi:

  1. Tiada Tuhan yang berhak dan bisa disembah, selain daripada Allah SWT
  2. Allah selalu mengurus hamba-hambanya
  3. Pemilik langit dan bumi adalah Allah SWT
  4. Seisi langit dan bumi selalu bersyafa’at kepada Allah SWT
  5. Langit dan bumi adalah kursi Allah SWT
  6. Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Hidup (Al Hayyu)
  7. Sifat Allah adalah Maha Tinggi, Maha Besar, Maha Mengetahui, Kekal, Tidak Mengantuk, dan Tidak Tidur

Keutamaan Membaca Ayat Kursi 

Bacaan ayat kursi yang dibaca dengan rutin akan memberikan banyak keutamaan dalam hidup. Dengan keutamaan ini, langkah hidup seorang muslim akan jadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya, seperti: 

1.   Dibukakan Pintu Rezeki

Salah satu keutamaan membaca ayat kursi bagi seorang muslim adalah dibukanya pintu rezeki. Mengapa bisa? 

Dalam ayat kursi, terdapat doa tentang keselamatan agar seseorang terhindar dari gangguan saat mencari rezeki. Saat gangguan ini hilang, tentu saja pintu rezeki akan terbuka lebar.

Semakin sering mengamalkan ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari, semakin dekat seorang muslim dengan hal-hal yang baik. 

Allah SWT menjamin rezeki bagi semua hambanya yang membaca bacaan ayat kursi, setidaknya 18 kali setiap harinya.

Selain rezeki, Allah SWT juga menjamin untuk menaikkan derajat seorang hamba yang mengamalkan ayat kursi. 

Dengan demikian, hidupnya akan damai dengan rezeki yang berlimpah, dan terhindar dari hal-hal yang buruk karena Allah SWT akan selalu menjaganya.

Baca juga :   7 Keistimewaan Al Quran Pedoman Hidup bagi Manusia

2.   Mempermudah Segala Urusan

Allah SWT memberikan jaminan perlindungan kepada seluruh umat-Nya yang membaca ayat kursi dengan suka rela secara rutin. 

Namun, tidak hanya sekedar membaca, ayat kursi juga harus diamalkan agar syafa’at yang diberikan Allah jadi lebih besar.

Bacaan ayat kursi sendiri mengandung izmu azham yang berarti nama-nama Agung dari Allah SWT. Jadi, dengan mengamalkannya secara rutin dan sepenuh hati, Allah SWT tidak akan segan mengabulkan semua doa yang diminta, termasuk mempermudah segala urusan baik di dunia maupun di akhirat.

3.   Memudahkan Sakaratul Maut

Umat muslim pasti tahu jika waktu sakaratul maut memiliki rasa sakit yang sampai menjalar hingga ke seluruh bagian jiwa. 

Namun, rasa sakit dan jalan menuju maut ini akan menjadi lebih mudah saat seorang muslim dengan rajin membaca dan mengamalkan ayat kursi.

Sesuai dengan janji Allah SWT, seorang hamba yang mengamalkan ayat kursi dengan sepenuh hati diberikan hadiah berupa kemudahan saat menghadapi sakaratul maut. 

Bahkan, Rasulullah SAW juga bersabda, bahwa ada jaminan surga bagi setiap muslim yang membaca ayat kursi setiap usai salat.

4.   Memberikan Pertolongan Bagi Umat Muslim

Bacaan ayat kursi juga memiliki keutamaan dalam memberikan pertolongan bagi umat muslim. Saat kesulitan, jangan ragu untuk melantunkan bacaan ayat kursi setiap selesai shalat, baik shalat wajib maupun sunnah. Dengan demikian, niscaya Allah SWT akan senantiasa memberikan pertolongan.

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda bahwa jika seseorang membaca ayat kursi setiap sebelum tidur, maka Allah SWT akan selalu senantiasa menjaga, sehingga tidak akan ada setan yang mendekati hingga pagi datang. Hasilnya, pagi akan jadi lebih cerah dan pintu-pintu kemudahan terbuka lebar.

Sebagai tambahan, pertolongan Allah SWT ini tidak terbatas! Jika belum memiliki jodoh, maka amalan ayat kursi dengan rutin juga dapat memudahkan perkara jodoh. Jodoh yang didapatkan pun tentu saja baik dan shaleh/shalehah karena merupakan hasil pertolongan dari amalan bacaan ayat kursi.

5.    Mendapat Pahala Mati Syahid

Meninggal dalam keadaan syahid merupakan impian para umat Islam. Dikatakan syahid adalah saat seseorang meninggal dunia dalam keadaan sedang di jalan Allah SWT. Misalnya, perang, melahirkan (bagi wanita), saat bekerja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, apakah bisa seseorang yang tidak mengalami 3 hal di atas dikatakan syahid saat meninggal? Tentu saja bisa, muslim akan dikatakan syahid apabila rajin beribadah, dan membaca serta mengamalkan ayat kursi setiap selesai shalat fardhu.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, bacaan ayat kursi memiliki banyak keutamaan. Namun, keutamaan ini hanya bisa didapatkan oleh seorang muslim yang membaca dan mengamalkannya secara rutin, setidaknya setelah selesai shalat wajib maupun sunnah.

Sebagai catatan, untuk mendapatkan ridho Allah SWT imbangi amalan membaca ayat kursi dengan berbagai amalan baik lainnya.

Untuk mengetahui berbagai amalan baik yang bisa sahabat lakukan, silakan kunjungi blog Yatim Mandiri.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.