Tips Tradisi Mudik Agar Terasa Lebih Aman dan Tentram 

tradisi mudik

Tradisi mudik saat lebaran idul fitri memang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan umat Islam, selain untuk bersilaturahmi juga bisa untuk melepaskan penat di hari yang suci. 

Saat hari raya Idul Fitri bagi umat Islam adalah waktu yang sangat berharga. Bersilaturahmi dan bermaaf-maafan adalah hal yang lumrah dilakukan untuk mensucikan diri. Karena hal itu, tradisi mudik selalu dilakukan bagi orang yang jauh dari rumah. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa tradisi ini akan membuat jalanan macet karena orang banyak yang melakukan perjalanan.

Dari kota A ke kota B bahkan sampai dengan kota lainnya pastinya jalanan sangat macet dan penuh sesak. Tips mudik bisa dilakukan agar perjalanan terasa menyenangkan. 

Tips Mudik Tenang Saat Tradisi Mudik Dilakukan

Agar pada saat mudik hari raya tenang dan menyenangkan maka bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Membersihkan Rumah

Sebelum mudik, yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumah yang meskipun dianggap sepele namun akan membawa dampak yang cukup besar.

Sangat penting untuk membersihkan rumah karena akan membuat perasaan senang saat semuanya sudah bersih saat ditinggalkan. 

Lakukan tahapan dasar dalam bersih-bersih rumah seperti membersihkan debu pada kursi, meja, langit-langit rumah.

Setelah itu, jangan lupa untuk membuang sampah, menyapu, dan mengepel. Pastikan untuk setiap baju dan piring-piring kotor sudah dicuci terlebih dahulu. 

Bukan hanya untuk membuat hati tenang, namun dengan membersihkan rumah maka debu dalam rumah tidak akan menumpuk terlalu banyak saat sudah dibersihkan.

Bahkan saat kembali dari mudik nantinya tidak akan merasa stress dan capek karena rumah berantakan. 

Baca Juga : Inspirasi Kata-Kata Mudik di Instagram, WA, dan Lainnya

2. Menyiapkan Tiket Jauh-Jauh Hari

Apabila tradisi mudik yang dilakukan adalah dengan menaiki kendaraan umum seperti kereta api, bus, atau pesawat terbang. Ada baiknya untuk membeli tiket jauh-jauh hari, Hal ini dimaksudkan agar tidak tergesa-gesa pada saat akan berangkat. 

Bisa saja hal tidak diinginkan terjadi seperti tiket habis atau rute perjalanan ke daerah mudik dihentikan, dan lainnya. Memastikan kendaraan umum yang akan dinaiki adalah hal yang sangat penting. 

3. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi yang memungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi, ini sangat disarankan. Dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil maka akan membuat perjalanan lebih menyenangkan dan tidak merasa berdesak-desakan dengan orang lain. 

Akan tetapi, perlu diperhatikan pada saat memilih menggunakan kendaraan pribadi maka harus memeriksa kendaraan terlebih dahulu. Bisa dilakukan pemeriksaan fisik sehingga bisa diketahui bahwa kendaraan tersebut bisa digunakan untuk perjalanan jauh dan aman. 

Baca Juga : Pengertian dan Tata Cara Sholat Jamak Qasar Saat Perjalanan Mudik

4. Memilih Waktu yang Pas

Pilihlah waktu mudik lebaran yang pas seperti saat hari kerja atau jauh-jauh hari dari hari raya. Sebagian orang memang tidak bisa namun demi menghindari kemacetan parah maka waktu yang baik untuk merencanakan mudik ini adalah pada saat hari kerja. 

Dan juga, jika tidak memilih hari kerja ada baiknya tetap memilih jam-jam yang tidak padat. Seperti berangkat pada saat pagi hari sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak waktu di perjalanan sehingga menghindari waktu perjalanan malam hari.

5. Menyiapkan Barang Bawaan

Sangat penting untuk menyiapkan barang bawaan untuk mudik jauh-jauh hari. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk barang yang dibawa sebisa mungkin cukup dan tidak berlebihan.

Saat membawa barang secukupnya maka muatan pada saat perjalanan akan terasa lebih ringan. 

Salah satu yang paling penting untuk dibawa pada saat tradisi mudik adalah membawa parcel yang akan diberikan untuk keluarga.

Namun, jika memang tidak bisa membawa parcel terlalu banyak maka ada alternatif lain yaitu dengan memberikan uang cash yang diberikan di amplop. 

6. Membaca Doa Saat Keluar Rumah dan Selama Perjalanan

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah membaca doa pada saat keluar rumah dengan khusyu’. Selain itu, jangan putus berdoa pada saat di perjalanan.

Bisa membaca sholawat yang mudah atau membaca doa-doa selamat. Dengan begitu, hati akan lebih tentram dan fokus selama perjalanan. 

Doa yang disertai sedekah pastinya akan lebih mustajab dan bisa sampai dengan baik kepada Allah SWT. Perjalanan yang aman dan tentram memang tidak terlepas dari pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

Untuk bisa bersedekah dalam melaksanakan tradisi mudik dengan tepat dan simple maka bisa sedekah online melalui Yayasan Yatim Mandiri.

Sedekah yang diberikan akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan dan pastinya akan membuat segala hajat yang dilakukan menjadi lebih mudah. 

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.