Bacaan Ayat Seribu Dinar, Ini 4 Keutamaan Membacanya!

Ayat seribu dinar adalah sebutan lain yang digunakan untuk Surat At Talaq pada bagian ayat 2 dan 3 secara keseluruhan. Berikut ini bacaannya!


Banyak sekali ayat dalam Al Quran yang mempunyai hikmah begitu dahsyat, salah satunya yaitu ayat seribu dinar. Ayat ini merupakan penggalan dari surat At Talaq ayat 2 bagian akhir dan keseluruhan ayat 3.

Dilansir dari berbagai sumber, ayat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Di samping itu, ayat 1000 dinar juga diketahui dapat memudahkan datangnya rezeki dari segala arah yang tak disangka.

Rezeki yang disebutkan dalam ayat ini bukan hanya sekedar materi saja, tetapi sangat luas. Bahkan termasuk yang bersifat spiritual seperti kelapangan, ketenangan, kepuasan hati, dan lainnya. Simak artikel ini untuk mengetahui keutamaan dan bacaan ayay seribu dinar latin, arab, dan artinya.

Sejarah Kemunculan Ayat Seribu Dinar

Kisah Ayat Seribu Dinar

 Jika ditelusuri lebih jauh, ayat ini mempunyai latar belakang peristiwa yang menarik. Di mana kisah awalnya bermula ketika ada seorang pedagang yang didatangi oleh Nabi Khidir Alaihis Salam dalam mimpinya yang terasa begitu nyata.

Dalam mimpi tersebut, Nabi Khidir AS meminta si pedagang untuk menyedekahkan 1000 dinar emas. Pedagang akhirnya menyiapkan emas tersebut dan memberikannya untuk fakir miskin.

Setelah itu, Nabi Khidir AS ternyata hadir ke mimpinya lagi untuk tujuan yang berbeda. Beliau mengajarkan untuk mengamalkan sebuah surat yang ada dalam Al Qur’an, yaitu At Thalaq ayat 2 dan 3.

Pedagang pun langsung mengamalkannya secara istiqomah hingga akhirnya merasakan manfaatnya. Saat berlayar ke suatu pulau, tiba-tiba dalam perjalanan terjadi badai angin topan yang mengerikan.

Semua penumpang yang ada di perahu meninggal, hanya dia yang satu-satunya selamat dan terdampar di pesisir pantai. Selain nyawanya yang selamat, harta kekayaan yang telah dibawanya juga aman.

Dia pun melanjutkan hidupnya dengan tetap berdagang dan mengamalkan doa 1000 dinar. Sampai akhirnya pada suatu hari, dia akhirnya diangkat menjadi seorang raja di tempat baru tersebut.

Bacaan Ayat Seribu Dinar dan Artinya

Bacaan Ayat Seribu Dinar Arab dan Artinya

Ayat 1000 dinar merupakan ayat Al Qur’an yang mempunyai banyak sekali keistimewaan. Ayat yang sering dikaitkan dengan kerejekian ini bisa ditemukan pada Surat Ath Talaq pada ayat 2 dan 3.

Lafalnya tidak begitu panjang sehingga dapat dihafalkan secara mudah apabila bersungguh-sungguh. Jika sudah hafal maka bisa diamalkan setiap hari setelah sholat fardhu untuk merasakan manfaatnya. Adapun bacaan ayat 1000 dinar lengkap beserta latinnya adalah sebagai berikut:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Bacaan latin: wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya: “Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Talaq: 2-3). 

Artikel Lainya: Bacaan Doa Nabi Yunus dan Cara Mengamalkannya Sehari-hari

Keutamaan Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

 Seperti halnya ayat Al Qur’an lainnya, ayat 1000 dinar juga memiliki banyak keutamaan. Berikut ini keutamaan manfaat atau kebaikan yang bisa dirasakan oleh yang mengamalkannya secara istiqomah:

 1.   Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

 Bertakwa di sini berarti melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangannya. Namun, juga harus tetap dilandasi dengan hati yang sungguh-sungguh ikhlas dan sesuai dengan syariat.

Amalan sunnah termasuk membaca ayat seribu dinar juga termasuk bertakwa karena melakukan hal yang disukai Allah SWT. Sedangkan menjauhi larangannya berarti menjaga diri dari berbagai hal yang sudah dilarang seperti yang mendekati dosa.

2.   Mendapatkan Kemudahan dari Allah SWT

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membaca ayat 1000 dinar merupakan salah satu bentuk ketakwaan umat muslim kepada Allah SWT. Sebagai balasannya, Allah SWT akan memberikan kemudahan hidup. Inilah kenapa, ayat seribu dinar juga diyakini sebagai doa yang bisa memudahkan segala urusan.

Untuk mendapatkan hikmah yang mendalam dari ayat ini, sahabat bisa mengimbanginya dengan memperbanyak istigfar. Istighfar bisa mengurangi dosa dan menjadi cara terbaik untuk bertaubat.

 3.   Mendapatkan Rezeki yang Tak Disangka

Allah akan menuntaskan permasalahan rezeki orang-orang yang bertakwa. Allah juga akan memastikan kehidupan orang yang bertakwa akan selalu dalam kondisi cukup dan tidak kekurangan rezeki. Sehubungan dengan ini, ayat 1000 dinar dikenal sebagai ayat yang bisa mendatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan tak pernah terpikirkan sama sekali sebelumnya.

4.   Allah yang Sudah Menetapkan Segala Sesuatu

Seseorang tidak akan bisa mencelakakan seseorang yang bertakwa terkecuali sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Ini sudah menjadi bukti yang cukup bahwa Allah sudah memberikan ketetapan atas segala sesuatunya.

 Termasuk soal rezeki ataupun pertolongan yang diberikan untuk menghadapi permasalahan yang dimiliki. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW selalu berpesan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga ketakwaan dengan Allah.

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengamalkan Ayat Seribu Dinar?

Waktu Terbaik Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

 Ayat 1000 dinar termasuk sunah yang sudah pasti bisa diamalkan sewaktu-waktu. Namun jika ingin doa diijabah maka sebaiknya amalkan di waktu-waktu berikut:

1.   Sehabis Sholat Tahajud

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau waktu sepertiga malam sangat mustajab untuk digunakan berdoa. Hal ini karena kebanyakan orang-orang sedang tertidur sangat pulas, sehingga untuk mengamalkannya dibutuhkan perjuangan.

Berkaitan dengan hal ini, waktu mustajab untuk mengamalkan ayat 1000 dinar, yaitu sepertiga malam setelah salat tajahud. Akan lebih baik, jika bacaan ayat ini dibarengi dengan amalan pembuka rezeki lainnya sambil menunggu waktu subuh datang.

2.   Waktu Sahur

Ayat 1000 dinar juga bisa diamalkan ketika ingin makan sahur sebelum sahabat menjalani ibadah puasa. Sama seperti sebelumnya, pada saat inilah Allah SWT akan langsung mendengar doa hambanya dan mengabulkannya.

Apalagi jika waktu sahur tersebut masih berada dalam bulan Ramadhan. Selama ini banyak yang meyakini bahwa, mengamalkan ayat seribu dinar ketika bulan ramadhan membuat segala doa akan diijabah oleh Allah SWT.

3.   Seusai Sholat Subuh

Jika kesulitan bangun untuk sholat tahajud atau sahur, sahabat bisa membaca ayat seribu dinar setelah sholat subuh. Sholat subuh menjadi salah satu waktu mustajab untuk mengamalkan berbagai auat dan doa-doa.

Pasalnya, kondisi pikiran dan otak saat subuh masih segar, sehingga afirmasi positif yang ada pada lafal auat atau doa yang dipanjatkan bisa diserap dengan baik. Maka dari itu, jangan sampai lewatkan waktu terbaik ini untuk membacanya.

4.   Ketika Mengalami Masalah Keuangan

 Saat menjalani kehidupan, manusia memang sering dihadapkan dengan berbagai masalah termasuk finansial. Masalah finansial ini bisa jadi karena harus membayar hutang atau kebutuhan mendesak. Pastinya akan menjadi beban pikiran yang cukup berat dan terkadang bisa membuat frustasi.

 Jika sudah melakukan segala upaya untuk mengatasinya, mintalah permohonan bantuan kepada Allah SWT. Salah satunya yaitu membaca ayat 1000 dinar secara rutin. Pertanyaannya, ayat 1000 dinar dibaca berapa kali? Soal ini, sahabat bisa membaca ayat seribu dinar sebanyak 33 kali setiap hari.

Berbagai Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

Suatu penelitian yang dilakukan Aban Al Hadi dengan judul Living Qur’an menjelaskan berbagai cara mengamalkan ayat 1000 dinar, diantaranya:

  1. Dibaca pagi hari ketika ingin bekerja atau membuka tempat usaha agar semakin laris.
  2. Mengamalkan ayat 100 dinar sambil sholawat agar lebih afdol.
  3. Membaca di beberapa waktu khusus yang tentunya dapat ditentukan sendiri.
  4. Boleh diamalkan ketika memiliki waktu luang sehingga bisa khusyu.
  5. Mengamalkannya secara istiqomah setelah sholat fardhu, sholat sunnah fajr, sholat Jumat, dan sholat dhuha.

 Ayat seribu dinar menjadi salah satu ayat yang mempunyai keistimewaan dari Allah SWT. Ayat ini dipercaya bisa dijadikan perlindungan diri, membuka pintu rezeki, dan kemudahan dunia akhirat. Bacaannya sangat pendek, sehingga dapat diamalkan secara rutin setiap hari.

Nah, agar amalan membaca ayat seribu dinar lebih sempurna, sahabat bisa mengimbanginya dengan membaca doa pembuka rezeki lainnya dan melakukan berbagai perbuatan baik, seperti bersedekah, berinfaq, atau berdonasi. Sahabat bisa berdonasi melalui platform donasi online Yatim Mandiri. Yatim Mandiri adalah Lemabaga Amil Zakat Nasional (LAZ) yang sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama (Kemenag).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban