Bukti Bahwa Sedekah Tidak Membuat Miskin Orang

sumber gambar : istock

Sedekah tidak membuat miskin orang lain justru sedekah akan membuat orang tersebut menjadi orang yang dipenuhi keberkahan dari Allah SWT.


Sedekah merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pada dasarnya sedekah dilakukan dengan mengeluarkan sedikit harta yang kita miliki. Sedekah tidak membuat miskin seseorang yang melakukannya setiap hari.

Justru orang yang melakukan sedekah setiap hari akan mendapatkan berbagai kebaikan yang diberi oleh Allah SWT. Artikel ini akan membahas tentang sedekah mulai dari anjuran untuk melakukan sedekah hingga janji dari Allah untuk orang yang suka bersedekah.

Anjuran untuk Sedekah

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang termasuk dalam sunnah muakkad atau juga bisa dimaksud sebagai sunnah yang perlu dianjurkan untuk dilaksanakan, terutama pada orang-orang yang memiliki harta atau materi berlebih.

Ayat yang mengatur sedekah dapat membuat orang semakin rajin untuk melakukan sedekah bagi orang yang membutuhkan sedekah tersebut. Jika memiliki harta yang berlebih maka harta tersebut bisa disedekahkan agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan menjadi salah satu hal yang sangat disukai oleh Allah. Dalam surat Al-Baqarah ayat 245 pada Alquran menjelaskan bahwa sebagai umat muslim memiliki kewajiban untuk menyisihkan hartanya.

Terutama ketika sedang mendapatkan rezeki berlebih dari Allah SWT. Perbuatan sedekah tersebut nantinya akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda. Selain itu, sedekah tidak membuat miskin bagi orang yang melakukannya.

Anjuran untuk melakukan sedekah juga tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 261 pada Alquran. Ayat ini menjelaskan bahwa setiap umat muslim yang akan membagi kebaikan, kebaikan tersebut akan diganti berkali-kali lipat dari jumlah atau kebaikan yang dimiliki sebelumnya.

Janji Allah untuk Orang yang Bersedekah

Dalam menjalankan sedekah, seseorang harus ikhlas tanpa mengharapkan balasan apapun dari orang lain. Orang yang sering sedekah akan demo mendapat kemuliaan dari Allah SWT serta mendapat balasan baik dari Allah. Dan sedekah tidak membuat miskin orang yang melakukannya.

Berikut ini beberapa keutamaan dari sedekah yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT.

1. Mendapatkan Perlindungan pada Saat di Akhirat

Keutamaan sedekah yang pertama adalah seseorang yang sering bersedekah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT saat berada di akhirat nanti. Hanya Allah SWT saja yang bisa memberikan pertolongan di akhirat nanti.

2. Mendapatkan Berkah

Dengan melakukan sedekah setiap harinya akan membuat seseorang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Allah tidak segan-segan memberikan limpahan berkah seperti membuka pintu rezeki yang diberi Allah untuk orang yang sering berbagi sebagian hartanya untuk orang yang lebih membutuhkan.

Rezeki yang diterima dapat berupa kesehatan hingga kebahagiaan yang dirasakan seseorang, sehingga sedekah tidak membuat miskin orang.

3. Dapat Menghapus Dosa yang Telah Diperbuat

Keutamaan dari sedekah selanjutnya adalah seseorang yang selalu melakukan sedekah akan dihapuskan dosa dosanya seperti api yang dipadamkan oleh air. Dengan syarat melakukan sedekah tersebut hanya untuk beribadah kepada Allah SWT dan dilakukan dengan ikhlas tanpa ada paksaan.

4. Pahala yang Berlimpah

Salah satu janji Allah SWT kepada orang-orang yang sering melakukan ibadah sedekah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Sebab setiap orang yang melakukan sedekah akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan hingga menjadi 700 kali lipat.

5. Pembebasan dari Siksa Kubur

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa:

“Sedekah dapat memadamkan api siksa yang ada di dalam kubur” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At-Targhib, 873).

Hal ini berarti sedekah yang sudah dikeluarkan oleh seseorang akan menjadi sebuah hal yang dapat menghindarkan diri dari siksa api saat berada di alam kubur.

6. Memiliki Umur yang Panjang

Salah satu keuntungan lainnya yang bisa didapatkan ketika sering melakukan sedekah di kehidupan sehari-hari adalah diberikan umur yang panjang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu dengan bersedekah dapat mencegah seseorang untuk mengalami kematian yang tidak baik.

Hadist Tentang Allah Mengganti dan Melipatgandakan Harta Bagi Orang yang Gemar Sedekah

Selain keutamaan yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa hadis yang mengatakan bahwa Allah akan mengganti serta melipat gandakan seluruh harta yang disedekahkan. Orang orang yang dilipatgandakan hartanya merupakan seseorang yang suka bersedekah secara rutin.

Di dalam surat Al-Baqarah ayat 261 dan mengatakan bahwa sedekah yang dikeluarkan akan dilipatgandakan hingga 100 kali lipat. Hal ini berarti setiap sedekah yang kita keluarkan akan mendapatkan ganjaran baik dari Allah SWT.

Selain itu Allah SWT juga menjanjikan bahwa orang yang sering bersedekah tidak akan mengalami kesulitan hingga menjadi miskin. Karena Allah sudah membuka pintu rezeki dari seseorang yang sering melakukan sedekah.

Rezeki tersebut bukan hanya berupa materi saja, melainkan bisa berupa kesehatan yang cukup, rasa bersyukur terhadap apa yang dimiliki, dan kebaikan lainnya yang berasal dari Allah SWT.

Untuk itu sebagai umat muslim yang beriman wajib untuk bersedekah karena sedekah tidak membuat miskin, justru akan mendapatkan kebaikan jika melakukannya. Segera kunjungi website Yatim Mandiri www.yatimmandiri.org/donasi untuk membantu menyalurkan sedekah pada orang yang sedang kesulitan.

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.