Makna dan Keutamaan Sedekah Harus Dilakukan dengan Hati

sumber gambar: istock

Sebagai umat muslim harus memaknai dan melakukan Sedekah harus dilakukan dengan hati agar mendapatkan keutamaan dalam sedekah.


Sebagai umat muslim yang beriman, tentunya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sedekah. Sedekah harus dilakukan dengan hati agar mendapatkan segala karunia-Nya.

Beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan sedekah, terutama bersedekah dengan hati yang ikhlas dan dilakukan semata mata hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sedekah dan apa keutamaannya?

Makna Sedekah

Sedekah dalam bahasa Indonesia memiliki arti berupa memberikan suatu hal untuk fakir miskin atau pada orang orang yang berhak untuk menerima pemberian tersebut. Sedekah dapat dilaksanakan di luar dari kewajiban utama dalam Islam yaitu zakat.

Tidak ada batasan minimal dan maksimal dalam melakukan sedekah. Karena sedekah merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sedekah disampaikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 245:

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan” QS. Al-Baqarah: 245.

Nabi Muhammad SAW selalu mengingatkan umatnya untuk selalu bersedekah setiap harinya agar hidup lebih sejahtera. Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa setiap orang yang ingin bersedekah tidak harus memberikan beberapa hal yang berlebihan.

Melainkan sedekah harus dilakukan dengan hati dan sesuai dengan kapasitas masing-masing pribadi. Selain itu, bersedekah juga bukan hanya tentang materi saja, melainkan berbagai hal termasuk dalam bentuk perilaku yang dilakukan. Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa:

“Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu, merupakan sedekah. Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar merupakan sedekah. Menyingkirkan batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat, merupakan sedekah.

Menuntun orang buta menyeberang jalan, merupakan sedekah. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu, merupakan sedekah. Membantu orang-orang yang lemah dengan kekuatan dua betismu dan dua lenganmu, adalah sedekah. Bahkan senyumanmu ketika berhadapan dengan saudaramu, juga merupakan sedekah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Keistimewaan Sedekah di Waktu Sempit Sebagai Amal Ibadah

Jadi makna sedekah ini sangat beragam dan luas. Banyak hal bisa dilakukan untuk bersedekah. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan serta termasuk dalam kegiatan bersedekah seperti yang telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW.

  • Mengucapkan kalimat tasbih, tahlil serta kalimat pujian untuk Allah SWT dengan sungguh sungguh
  • Berbuat baik kepada orang serta mengajak seseorang untuk berbuat kebaikan
  • Membantu orang lain tanpa pamrih

Jadi sedekah tetap bisa dilakukan setiap hari dengan berbuat baik kepada orang lain. Jika memiliki materi yang cukup, maka dapat menyisihkan sebagian materi tersebut untuk orang orang yang sedang membutuhkannya.

Keutamaan Sedekah

Setiap umat muslim yang beriman serta memiliki tekad untuk selalu taat kepada Allah SWT akan berperilaku seperti yang telah dianjurkan oleh-Nya. Contohnya dengan selalu berbuat baik serta peduli kepada orang lain baik orang yang sudah dikenal maupun tidak dikenal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki sifat kepedulian serta senang menolong orang lain juga termasuk dalam hal bersedekah. Seseorang yang selalu melakukan sedekah akan memiliki kehidupan yang lebih bahagia baik dalam dunia maupun di dalam akhirat.

Karena sedekah merupakan salah satu perilaku yang memiliki keutamaan yang bertujuan untuk memberikan hal-hal yang baik bagi diri sendiri. Berikut ini beberapa keutamaan dari sedekah.

1. Bersedekah dapat Memberi Rezeki yang Lebih Baik

Keutamaan sedekah yang bisa didapatkan oleh masing-masing individu adalah rezeki yang lebih baik dari sebelumnya serta memiliki Ridho dari Allah SWT. Sedekah berupa materi memang pada dasarnya mengeluarkan beberapa harta yang dimiliki.

Akan tetapi jika sedekah berupa materi tersebut dilakukan semata mata hanya untuk Allah SWT, maka harta yang telah disedekahkan tersebut akan digantikan dengan pahala yang berlimpah serta rezeki sebaik baiknya dari Allah SWT. Seperti dalam surat Saba ayat 39 dalam Al-Qur’an, yang memiliki arti

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

2. Sedekah dapat Menghapus Dosa yang Dimiliki

Keutamaan sedekah yang bisa dimiliki selanjutnya adalah menghapuskan dosa yang dimiliki baik disengaja maupun tidak disengaja. Setiap Karena setiap manusia yang merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT tidak akan luput dari dosa.

Sedekah merupakan salah satu cara yang diridhoi oleh Allah SWT untuk dijadikan sebagai perilaku bertaubat ke jalan-Nya.

3. Sedekah dapat Menggandakan Pahala yang Dimiliki

Selanjutnya sedekah memiliki keutamaan berupa melipat gandakan pahala yang dimiliki sebelumnya. Allah SWT selalu memberikan pahala yang berlimpah untuk umatnya yang beribadah, terutama dengan niat yang tulus. Jadi, sedekah harus dilakukan dengan hati agar mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah SWT.

Baca Juga : Bolehkah Sedekah Untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia?

Pahala Sedekah

Orang yang bersedekah dengan sungguh sungguh tanpa niat lain akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Hal tersebut juga telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 18. Allah SWT berfirman:

Man dzalladzii yuqridhu llaha qardzan hasana fa yu dzaa ‘ifahu lahu adz ‘aafan katsirah

Artinya:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah, 245).

Setiap umat yang melakukan kebaikan akan mendapatkan pahala sesuai dengan kehendak-Nya. Janji pahala yang telah diberikan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW adalah satu kebaikan yang dilakukan seperti sedekah akan mendapatkan balasan sebanyak 10 kali lipat dari kebaikan tersebut.

Juga bisa digandakan sebanyak 700 kali lipat serta dengan kehendak Allah SWT bisa digandakan hingga tak terhingga. Hal tersebut telah tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 245, Allah SWT berfirman.

Sedekah harus dilakukan dengan hati dan tanpa pamrih. Jika ingin bersedekah dengan menyisihkan harta yang dimiliki, dapat mendonasikan pada www.yatimmandiri.org/donasi, nantinya donasi disalurkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.